Catat! 12 Daftar Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Wajib Untuk Dibawa Pulang

Diposting pada

Jogja, siapa tak kenal dengan kota berjuta pesona satu ini. Banyak hal menarik yang bisa kita temukan saat berkunjung kesini mulai dari kesenian, kebudayaan, spot wisata mengagumkan hingga makanan khasnya yang enak-enak.

Dari semua kekayaan yang dimiliki diatas, tak ada alasan untuk tidak sesekali mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik berencana liburan ke Jogja, selain mengetahui dimana tempat wisatanya, kalian juga harus tau apa saja oleh-oleh khas dari Yogyakarta yang paling wajib untuk dibawa pulang buat dijadikan buah tangan.

Oleh-oleh khas Jogja bentuknya beraneka macam ada berupa makanan, minuman, aksesoris, pernak-pernik, barang, camilan ringan, baju dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan kota Jakarta, Bogor, Bandung, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Lampung atau Tangerang, di Jogjakarta juga kita bisa menemukan sederet toko yang menjual cinderamata baik berupa souvenir, makanan, atau pakaian.

Lalu, apa saja buah tangan yang wajib dibeli? Tenang, pada artikel berikut JejakPiknik telah rangkum 12 daftar nama oleh-oleh khas Jogja paling recommended lengkap beserta alamat toko dan juga harganya.

1. Bakpia

Foto By bakpiajogja.id

Nah, bila Sahabat JejakPiknik berkunjung ke Jogja, tak perlu bingung mencari oleh-oleh apa yang pas untuk dihadiahkan buat keluarga, pacar atau teman terdekat, beli saja bakpia.

Bakpia adalah salah satu jenis kue khas kota Jogja yang awet juga tahan lama dan teksturnya itu crispy diluar tapi begitu lembut di dalam.

Satu tempat paling terkenal untuk membelinya adalah toko oleh-oleh Bu Tini jln.Mataram No.194, Suryatmajan, Danurejan di dekat  Malioboro.

Di toko yang buka mulai dari jam 7 pagi hingga 10 malam ini bakpia dibanderol hanya kisaran Rp.30.000-Rp.40.000/kotaknya.

Dan bila ingin mencicipi inovasi varian barunya, Sahabat JejakPiknik bisa membeli bakpia kukus Tugu Jogja di jalan Mangkubumi No.53, Gowongan, Jetis.

BacaJuga:  Lekat Dengan Cerita Mistis, Inilah 10 Keindahan Pantai Parangtritis Jogja yang Legendaris

2. Gudeg Kering Yu Djum

Foto By paketwisatayogyakarta.com

Buah tangan khas Jogja selanjutnya yang juga cukup hits dan wajib untuk dibeli sebagai bingkisan buat orang di rumah ialah gudeg kering Yu Djum.

Gudeg kering Yu Djum ini adalah makanan yang terbuat dari cacahan nangka mentah dan biasanya disajikan tanpa diberi air agar tahan lama.

Untuk mendapatkannya,  silahkan datang ke jln.Wijilan No.167 Jogjakarta di sebelah timur Alun-alun Utara. Di tempat tersebut, tersedia gudeg kemasan kaleng dan hanya dibanderol sekitar Rp.150.000 hingga Rp.200.000.

3. Yangko

Foto By jogja.tribunnews.com

Bukan hanya bakpia atau gudeg kaleng, yangko juga menjadi salah satu oleh-oleh paling pas untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang sebagai buah tangan.

Cemilan ini tak hanya unik namun juga memiliki ciri mencolok karena warnanya bermacam-macam. meski begitu teksturnya sangat lembut dan citarasanya pun begitu manis.

Dan salah satu tempat terbaik untuk membeli yangko ini adalah toko Pak Prapto di Jalan Pramuka, kotagede No.82, Jogja. Disini cemilan tersebut  dijual hanya seharga Rp.8.000-Rp.10.000/kotak.

4. Geplak

Foto By fimela.com

Buah tangan selanjutnya yang juga wajib dibeli ialah geplak yakni sejenis cemilan tradisional berbahan dasar tepung beras, gula serta kelapa.

Kudapan ini sangat enak jika disantap dalam keadaan hangat sembari ditemani dengan secangkir kopi hangat.

Bila Sahabat JejakPiknik tertarik untuk membelinya sebagai buah tangan, bisa datang ke toko Geplak Jago di Jln.Wachid Hasyim No.28, Bantul. Soal harganya hanya dibanderol Rp.16.000/kg aja.

5. Brem

Foto By ngopibareng.id

Buah tangan berikutnya yang paling sering dibawa pulang oleh wisatawan ketika pulang dari Jogja adalah brem, yaitu sejenis makanan ringan berbahan dasar sari ketan hitam hasil fermentasi.

Brem sendiri sangat mudah ditemui baik di pusat oleh-oleh di jalan Mataram dan di beberapa toko online. Pada umumnya harganya dibanderol kisaran 21-24 ribuan saja sekotaknya.

6. Coklat Monggo

Foto By katalogkuliner.com

Selain bakpia, coklat monggo juga menjadi salah satu jajanan terbaru yang masuk dalam jajaran daftar oleh-oleh khas Jogja.

BacaJuga:  10 Foto Jogja Bay Waterpark Pirates, Harga Tiket Masuk Lokasi + Alamat Wisata Yogyakarta

Coklat monggo adalah salah satu cemilan kekinian yang diproduksi oleh seorang WN Belgia dan sudah lama tinggal di Yogyakarta.

Yang membuat cemilan ini beda dari coklat lain adalah rasanya bervariasi ada durian, jeruk, mangga, macademia juga cabe. Pokoknya unik-unik semua deh.

Jika ingin membelinya, silahkan datang ke Monggo Shop di Dalem KG III/978, Purbayan, Kotagede. Selain dapat melihat cara pembuatannya langsung, disini harga pun murah meriah hanya 29-100 ribuan per kemasan.

7. Kaos Dagadu

Foto By ksmtour.com

Kaos dagadu hampir mirip dengan Joger-nya Bali. Keduanya sama-sama menarik karena diberi  gambar, foto serta kata-kata unik. Souvenir ini juga tersedia untuk semua umur baik buat anak-anak cowok/cewek hingga orang dewasa.

Namun sayangnya, dagadu sudah semakin banyak dipalsukan. Jadi jika Sahabat JejakPiknik ingin menjadikannya sebagai souvenir, sebaiknya beli yang original ya.

Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkannya di Yogyatorium di Jln.Gendokuning atau di Pos Pelayanan Dagadu di LG Malioboro Mall maupun di Pojok Alun-Alun Utara.

Kalau berbicara soal harga, kaos dagadu ini dibanderol dengan sangat bervariasi tergantung tempat dan juga kualitasnya.

8. Baju Batik

Foto By anekawisata.com

Selain kaos, baju batik khas Yogya juga menjadi salah satu cinderamata yang wajib Sahabat JejakPiknik hadiahkan buat orang-orang tersayang.

Batik khas Yogya ini masing-masing motifnya memiliki makna berbeda-beda dan tersedia dalam dua model yakni ada lengan panjang juga pendek.

Baju batik tersebut bisa ditemukan dengan mudah baik di pasar Beringharjo, jalan Malioboro, Mirota atau desa Krebet. Soal harga tak perlu takut, karena cukup terjangkau kok.

9. Kerajinan Kulit

Foto By republika.co.id

Selain Bandung, Jogja juga punya beraneka macam kerajinan kulit yang cocok untuk dibawa pulang sebagai souvenir baik itu berupa sandal, tas wanita/laki-laki ataupun ikat pinggang.

Benda-benda kerajinan kulit tersebut dijual dengan harga sangat bersahabat dan cukup mudah untuk ditemukan di jalan DR.Wahidin Sudirohusodo, Bantul.

BacaJuga:  6 Daftar Travel Jogja - Blora Murah Mulai Rp.100.000

10. Cake Mamahke

Foto By makankeliling.com

Cake mamahke adalah salah satu kue  kekinian yang tengah hits di kalangan anak muda di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cake tersebut terdiri atas dua varian rasa yakni ada red velvet dan green tea. Kalau Sahabat JejakPiknik tertarik mau beli kue ini bisa datang ke gerainya langsung di kawasan Taman Sari, Jogja.

Soal harga murah kok, tak perlu khawatir kantong bocor karena harganya mulai dari 60-65 ribuan saja, tergantung rasanya.

11. Jogja Scrummy

Foto By jogjascrummy.com

Untuk memeriahkan daftar oleh-oleh khas Yogya, artis Dude Herlino juga turut menghadirkan satu cake enak yang siap untuk menggoyang lidah, namanya yaitu Jogja Scrummy.

Jogja Scrummy ini juga termasuk salah satu makanan terkini yang sangat hits di kalangan anak muda dan terdiri atas beberapa varian rasa ada coklat serta keju.

Di kota Yogyakarta sendiri cake artis ini bisa ditemukan dengan mudah karena gerainya telah menyebar di beberapa titik seperti di jln.Brigjend Katamso, Adisucipto atau Kaliurang.

Soal harga masih sangat terjangkau, kita hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp.42.000 hingga Rp.68.000 saja untuk membeli satu kotaknya.

12. Walang

Foto By kompaswisata.com12 Oleh Oleh Khas Jogja Bakpia Yangko Geplak Brem Kaos Baju Terkenal Dari Malioboro

Selain aneka aksesoris seperti gelang, blangkon atau lainnya, Walang asli Gunung Kidul ini juga termasuk salah satu oleh-oleh paling wajib untuk dibawa pulang.

Walang adalah belalang yang sudah diberi bumbu lalu diolah dengan cara digoreng dan selanjutnya dikemas untuk dijadikan buah tangan.

Satu toples walang ini biasanya dibanderol sekitar Rp.30.000 dan banyak dijual di pinggir jalan menuju pantai Gunung Kidul.

Nah, itulah 12 daftar oleh-oleh khas Jogja paling wajib dibeli. Gimana, Sahabat JejakPiknik sudah tau mau borong yang mana?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.