Ke Makassar, Jangan Lewatkan Untuk Berburu 12 Daftar Oleh-Oleh Ini Ya!

Diposting pada

Sebagai salah satu daerah tersibuk di wilayah bagian timur Indonesia, Makassar merupakan tempat yang kaya akan warisan budaya.

Dan sebagai daerah tujuan wisata, Makassar juga tentunya mempunyai segudang oleh-oleh yang bagus untuk dibawa pulang buat orang-orang terdekat.

Oleh-oleh khas Makassar ini pastinya bukan hanya makanan saja, tapi selain itu ada juga berupa barang, camilan, souvenir, cemilan ringan, jajanan tradisional hingga kue kekinian.

Nah, dari sekian banyaknya oleh-oleh khas Makassar, JejakPiknik punya 12 daftar paling rekomendasi yang wajib untuk dibeli dan dibawa pulang. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Baklave

Foto By makassarinside.com

Tak hanya di Jakarta, Surabaya dan Bandung saja, kota Makassar juga memiliki satu kue kekinian milik artis Irfan Hakim, namanya yaitu baklave.

Baklave adalah salah satu jenis makanan ringan asal Turki yang terbuat dari kacang walnut cincang, gula serta madu dan kemudian dibalut adonan roti tipis.

Untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, baklave khas Makassar tersebut kemudian dimodifikasi dan terbagi menjadi dua bagian.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mencicipinya, Sahabat JejakPiknik silahkan saja datang ke toko Baklave dengan alamat Jln.Sultan Hasanuddin No.31, Sawerigaing, Ujung Pandang, Makassar.

Baklave tersebut juga bisa dipesan secara online  dan untuk harganya dibanderol hanya kisaran Rp.35.000/kotak. Nah, murah kan?

2. Bosang

Foto By picgra.com

Selain Irfan Hakim, aktor tampan Ricky Harun juga turut memeriahkan deretan kue artis kekinian di kota Makassar yang dikenal dengan nama Bosang.

Bosang merupakan hasil kreasi dari kue bolu, cheese cake dan pastry. Perpaduan tersebut menghasilkan karakteristik unik, Sahabat JejakPiknik wajib untuk mencoba cemilan enak ini.

Bosang juga hadir dengan beragam varian rasa ada coklat, keju, green tea, durian, red velvet, lemon serta banana. Dengan penyajian fresh from the oven dan tanpa bahan pengawet, tak usah ragu untuk menjadikannya sebagai buah tangan.

BacaJuga:  Coffee Addict? 10 Tempat Ngopi Paling TOP di Makassar, Yuk Cobain!

Jika ingin membelinya, silahkan datang langsung ke jalan Ratulangi No.106, kota Makassar. Soal harga bosang sendiri biasanya dibanderol mulai 49-55 ribuan saja, tergantung varian rasanya.

3. Bannang-bannang

Foto By makassarguide.com

Meski awalnya hanya disajikan pada saat acara pernikahan saja, namun cemilan bernama bannang-bannang kini sudah masuk dalam daftar oleh-oleh khas di kota Makassar.

Dinamakan demikian karena bentuknya mirip dengan benang kusut yang melilit bertumpuk-tumpuk. Makanan tersebut terbuat dari tepung beras dan gula merah, sehingga tak heran jika rasanya pun cenderung manis.

Sahabat JejakPiknik bisa menemukan bannang-bannang dengan mudah di pusat oleh-oleh baik di sekitar Pantai Losari, jalan Somba Opu atau di daerah Sudiang Biring Kanaya kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Para penjual biasanya memanderol bannang-bannang hanya dengan seharga 30 ribuan saja per bungkusnya. Gimana, murah kan?

4. Baruasa

Foto By cantik.tempo.co

Buah tangan khas Makasar selanjutnya yang juga tidak boleh ketinggalan untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang namanya yaitu baruasa.

Barauasa merupakan salah satu jenis kue kering dengan ciri khas berwarna putih kecoklatan dan memiliki citarasa gurih. Penganan ini cukup terkenal di Makassar karena kerap ditemukan saat acara pernikahan.

Baruasa sendiri dijual hanya kisaran Rp.25.000-Rp.40.000 saja. Dan beberapa tempat yang paling mudah dikunjungi untuk mendapatkannya adalah daerah Sudiang Biringkanaya serta jalan Somba Opung.

5. Kerupuk Pisang Ijo

Foto By tokopedia.com

Selain dapat dinikmati dengan es, di kota Makassar pisang ijo juga dikreasikan menjadi satu cemilan enak berwujud kerupuk renyah nan gurih.

Kerupuk pisang ijo ini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana karena sudah dikemas rapi dan akan cocok bila dijadikan bingkisan buat orang di rumah.

Selain di daerah Sudiang atau Somba Opung, kerupuk pisang ijo juga bisa dengan mudah didapatkan di bandara. Satu bungkusnya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.15.000 saja.

6. Dangke’

Foto By merdeka.com

Makanan ringan bernama dangke ini memiliki citarasa serta keunikan yang sangat khas.  Makanya akan sangat cocok jika dijadikan buah tangan.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Makassar Murah Tanpa Supir atau Dengan Sopir

Kue nikmat ini bahan utamanya terbuat dari susu kerbau yang kemudian diberi getah pepaya guna untuk memisahkan antara air, susu serta lemak.

Uniknya lagi, dangke ini diolah dengan cara di fermentasi lalu setelah itu dimasukkan ke dalam tempurung kelapa dan selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mencicipinya Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jln.Racing center atau Somba Opu. Mengenai harga penjualan terbilang murah, karena hanya dibanderol sekitar Rp.20.000/biji.

7. Kerupuk Jintan

Foto By dapurummahat.blogspot.com

Buah tangan berikutnya ini dinamakan demikian karena cara pembuatannya diolah dengan cara digoreng. Jadi tak heran jika teksturnya menyerupai kue kering.

Kerupuk jintan sendiri sangat patut jika dijadikan buah tangan, karena daya tahan cemilan ini waktunya cukup lama, tak perlu khawatir akan basi.

Selain mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh di sepanjang jalan kota Makassar, cemilan ringan ini juga dibanderol sangat murah mulai dari 20 sampai 30 ribuan saja per bungkusnya.

8. Kacang Sembunyi

Foto By idntimes.com

Saat mendengar namanya, Sahabat JejakPiknik pasti penasaran kenapa makanan khas kota Makassar satu ini dinamakan demikian.

Kenapa diberi nama demikian karena makanan yang terbuat dari kacang ini dibalut adonan tepung terigu kemudian diolah dengan cara digoreng dan selanjutnya dilumuri cairan gula pasir. Sehingga rasanya pun manis bercampur gurih.

Kacang sembunyi juga banyak ditemui di pusat oleh-oleh dan satu bungkusnya biasanya dijual hanya kisaran 25 ribu saja.

9. Deppa Tori

Foto By kabarmakassar.com

Deppa tori ini bentuknya mirip dengan cucur, hanya saja cara pembuatannya dan bahannya sangat berbeda jauh.

Kue deppa tori ini  dibuat dengan tangan, tidak menggunakan cetakan seperti cucur dan selain itu teksturnya pun lebih sedikit keras.

Untuk menemukannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko makanan khas Toraja di jalan Dirgantara, Panakukang. Mengenai harganya, hanya berkisar 30 sampai 60 ribuan saja.

10. Otak-Otak Ikan Tenggiri

Foto By pesenmakan.id

Sesuai namanya, makanan khas Makassar yang dibungkus  menggunakan daun pisang ini bahan dasarnya memang terbuat dari daging ikan tenggiri dan sedikit campuran gandum.

BacaJuga:  10 Homestay Murah di Makassar Untuk Harian Atau Bulanan Mulai Dari 99 Ribu Saja

Otak-otak ikan tenggiri ini pun bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang sebagai buah tangan namun dengan syarat harus yang baru dibuat alias fresh from the oven.

Ada dua tempat terkenal untuk mendapatkan otak-otak yang enak diantaranya yaitu Ibu Elly dan Bu Sanny. Kelebihan kedua spot ini terletak pada sistem packaging-nya.

Untuk masing-masing tempat tersebut menawarkan harga cukup terjangkau mulai dari 4 ribu per biji dan Rp.35.000 buat sepaketnya.

11. Bolu Cukke

Foto By kabarmakassar.com

Meski ukurannya mini namun bolu cukke khas Makassar ini akan cukup menggoda jika dibawa pulang sebagai buah tangan.

Dan kendati terlihat sederhana, kue bolu cukke ini sudah diekspor loh sampai ke luar negeri. Jadi Sahabat JejakPiknik jangan sampai ketinggalan untuk tidak mencicipinya ya.

Persoalan harga, bolu cukke dibanderol dengan sangat terjangkau hanya sekitar 15-20 ribuan saja. Kue ini juga bisa didapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada di Makassar.

12. Baju Kaos

Foto By letterel.net

Sahabat JejakPiknik ingin buah tangan yang lebih tahan lama? Nah, beli aja baju khas kota Makassar.  Souvenir ini memang sangat lumrah, hanya saja gambar dan motifnya tidak sama.

Di Makassar, gambar yang digunakan untuk t-shirt khasnya ini biasanya adalah pemandangan indah pantai Losari, Sultan Hasanuddin, kapal Phinisi hingga aneka makanan setempat.

Satu tempat belanja paling pas buat mendapatkan kaos ini adalah kawasan pantai Losari. Dan untuk persoalan harga cukup bervariasi mulai dari 50 hingga 80 ribuan, tergantung ukuran.

Nah, itulah oleh-oleh khas Makassar rekomendasi dari JejakPiknik. Semoga bisa menjadi rujukan dan selamat berlibur!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.