12 Daftar Oleh-Oleh Khas Malang Yang Wajib Masuk Must Buy List

Diposting pada

Liburan ke Malang belum lengkap rasanya jika kita tidak membawa pulang oleh-oleh yang khas dari daerah di wilayah Jawa Timur tersebut.

Pasalnya, Malang punya segudang jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang loh untuk orang-orang tersayang baik itu buat keluarga, pacar maupun teman terdekat.

Buah tangan khas Malang bentuknya beraneka macam ada berupa makanan, barang, camilan, minuman, kaos, baju, kue artis yang lagi hits hingga gantungan kunci atau benda souvenir lainnya.

Sama seperti kota lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Bali, Jakarta, Bandung, Bekasi dan Jogja, di Malang juga kita bisa menemukan sejumlah toko yang menjual aneka oleh-oleh.

Lalu apa saja ya kira-kira oleh-oleh khas Malang yang paling wajib untuk diborong sebagai bingkisan buat orang-orang tersayang?

Nah, ini dia daftar nama oleh-olehnya lengkap beserta alamat tokonya dan juga harganya. Silahkan disimak baik-baik ya!

1. Apel Malang

Foto By tabloidsinartani.com

Kota Malang terkenal sebagai daerah penghasil apel terbesar di Jawa Timur. Maka tak heran lagi jika buah ini menjadi buah tangan primadona di sana.

Ada dua jenis yang terkenal yaitu apel manalagi dengan ciri berbentuk bulat hijau sementara apel ana, lonjong dan bewarna semburat merah.

Dijuluki kota Apel, karena buah tersebut sangat mudah ditemui di Malang, bukan hanya di pasar tapi juga di kawasan agrowisata, pinggir jalan ataupun pusat oleh-oleh. Untuk harga, cukup bervariasi, tergantung tempat kita membeli.

2. Keripik Tempe

Foto By bukalapak.com

Selain buah apel, Malang juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil tempe. Sahabat JejakPiknik bisa dengan mudah menemukannya di setiap sudut kota.

Dan bila Sahabat JejakPiknik ingin merasakan rasa tempe dengan sensasi berbeda, datang aja ke Kampung Sanan di kecamatan Belimbing.

Kampung Sanan terkenal sebagai sentra oleh-oleh khas kota Malang khususnya keripik tempe Salah satu tempat paling pas untuk membelinya adalah Pabrik Bu Noer di jln.Ciliwung II No.02, Purwantoro, Blimbing.

BacaJuga:  Berlibur di Wisata Tertua Kota Malang, Taman Rekreasi Tlogomas

emilan enak ini harganya cukup murah dan sangat cocok dibeli untuk dijadikan bingkisan buat orang-orang dirumah.

3. Malang Strudel

Foto By fokusjabar.co.id

Strudel ialah sejenis kue berlapis yang terbuat dari pastry dan didalamnya diisi dengan aneka macam buah-buahan. Kudapan ini termasuk jajaran oleh-oleh terbaru di kota Apel.

Kue enak milik Teuku Wisnu varian rasanya bermacam-macam bukan hanya apel tapi juga ada pisang, nanas, stroberi atau mix fruit.

Penasaran seperti apa rasanya? Langsung aja datang ke lokasi tokonya di jalan Ardimulyo No.14, Singosari atau di cabangnya di Soekarno Hatta, Mojolangu.

Atau bisa juga dipesan secara online dari website-nya. Untuk harganya relatif terjangkau kok mulai 53-65 ribuan saja, tergantung varian rasanya.

4. Asix Cake

Foto By malang.merdeka.com

Saat ini bisnis kuliner kue artis sedang menjamur di Infonesia,  tak terkecuali dengan kota Malang. Setelah strudel Tengku Wisnu, kini hadir Asix cake dari keluarga Anang Ashanty.

Dari tampilannya, Asix cake yang terdiri dari beberapa varian rasa ini terlihat seperti bolu lapis dengan taburan aneka topping diatasnya.

Harga kue kekinian ini dibanderol mulai dari 57-75 ribuan. Untuk alamat tokonya sendiri ada di jalan Guntur No.08, Malang City, East Java dan biasanya buka mulai jam 8 pagi hingga 10 malam.

5. Makobu Cake

Foto By planktontour.com

Tak mau kalah dari Anang, artis cantik Krisdayanti juga ikut meramaikan daftar buah tangan di kota Malang dengan turut menghadirkan toko kue Makobu cake.

Makobu cake terdiri dari beberapa varian rasa yang mana sekotaknya dijual hanya seharga 59-69 ribuan saja. Kue ini juga tahan lama jadi akan sangat cocok jika dijadikan bingkisan buat orang di rumah.

Jika Sahabat JejakPiknik tertarik beli Makobu cake, silahkan langsung datang ke tokonya di jln.Ijen No.82, Klojen, kota Malang.

6. Queen Apple

Foto By ranselperi.com

Tak hanya penyanyi, koki cantik Farah Quinn juga ikut memeriahkan bisnis kue kekinian di Malang. Jenis rotinya ada dua yakni strudel dan bolu.

BacaJuga:  6 Daftar Travel Malang Tulungagung Termurah Mulai Rp.55.000

Untuk varian rasanya juga cukup beragam ada almond, cheese, jack fruit, vla, pineapple, cinnamon, mango, durian hingga choco banana.

Harga Queen Apple ini dibanderol kisaran 60-70 ribuan saja dan bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan dengan mudah dibeberapa outlet baik di jln.Kawi atas No.23, di Sultan Agung 30 Batu, atau Randu Agung nomor 11 Singosari kota Malang.

7. Bak Pao Telo

Foto By malang.merdeka.com

Puas dengan  kue artis kekinian, aneka kuliner berbahan telo atau ubi rambat juga ikut hadir memeriahkan daftar oleh-oleh di kota Apel.

Beberapa produk olahan dari telo tersebut diantaranya ada berupa bak pao, es krim, keripik, pizza dan juga nugget.

Selain di jln.Raya Purwodadi No.01 Lawang, Sahabat JejakPiknik juga bisa membeli aneka olahan telo ini di toko Anugrah di jln.Trunojoyo No.81, Klojen, Malang.

Berbicara soal harga, aneka olahan telo ini dibanderol dengan sangat bervariasi tergantung jenisnya dan bisa dibilang semuanya masih relatif terjangkau.

8. Keripik Ceker

Foto By koserba.com

Selain apel dan tempe, kota Malang juga ternyata punya satu lagi cemilan ringan yang enak namanya yaitu keripik ceker.

Tak hanya menawarkan rasa garing, renyah dan gurih nikmat, keripik ceker tersebut juga dipercaya mengandung banyak kebaikan buat kesehatan tubuh.

Keripik yang dikemas dalam berbagai ukuran ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh, salah satunya di toko Brawijaya Istana di daerah Batu dengan harga sangat terjangkau.

9. Keripik Kentang

Foto By tokopedia.com

Bukan hanya buah apel, tempe dan ceker, di Malang kita juga bisa temukan yang namanya keripik kentang. Cemilan ini pun sangat cocok bila dijadikan bingkisan buat orang di rumah ataupun teman terdekat.

Keripik ini juga mudah ditemukan di grosir maupun pusat oleh-oleh di dekat stasiun, daerah Kepanjen, Singosari ataupun di Klojen. Untuk harganya tak perlu khawatir masih bersahabat kok tapi tergantung berat kemasannya ya.

10. Jenang Apel

Foto By makananoleholeh.com

Tak hanya dijadikan keripik dan sari buah, di kota Malang apel juga dibuat sebagai bahan untuk pembuatan dodol atau jenang.

BacaJuga:  5 Daftar Travel Malang Gresik Dengan Harga Termurah Rp.80.000

Meski cara pembuatannya sama seperti dodol pada umumnya, tapi jenang apel ini rasanya cukup unik. Sahabat JejakPiknik wajib membelinya sebagai cinderamata untuk orang-orang tersayang.

Untuk mendapatkannya tidak sulit, karena banyak pusat oleh-oleh menjualnya. Salah satunya yaitu toko Goedang di jln.Simpang Tenaga II. Soal harga murah kok, hanya dijual sekitar 13 ribuan saja.

11. Keripik Buah

Foto By piknikdong.com

Bukan hanya apel saja, tapi aneka buah lainnya seperti nangka, salak, klengkeng, rambutan dan semangka juga diolah menjadi keripik oleh masyarakat Malang.

Karena dibutuhkan proses yang cukup panjang dalam pembuatannya tak heran jika rasanya pun bisa jadi begitu garing dan juga renyah.

Aneka keripik buah ini bisa ditemukan dengan mudah di pusat oleh-oleh baik di toko Lancar Jaya, Nature di Besuki Sukun, Karang Kurnia, Sensa Singosari, kawasan Selecta ataupun di Wicaksono Blimbing.

Dan soal harga tak perlu khawatir karena aneka keripik buah ini dibanderol kisaran belasan hingga puluhan ribu saja, tergantung jenisnya.

12. Keramik Dinoyo

Foto By kutublain.blogspot.com

Mencari buah tangan yang awet dan tahan lama di Malang tidak hanya keripik saja tapi benda unik berupa kerajinan keramik juga mantap dijadikan cinderamata.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jln.MT.Haryono XI. Di sana terdapat sederet toko yang menjual kerajinan keramik dengan beragam motif dan gambar unik baik itu berupa vas, pot bunga atau guci.

Kalau berbicara tentang harga, keramik ini dibanderol dengan sangat bervariasi tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan.

Ternyata ada banyak ya oleh-oleh khas Malang yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Jadi tak perlu bingung lagi kan? Tunggu apa lagi, langsung aja siapin must buy list-mu Sahabat JejakPiknik!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.