12 Daftar Oleh Oleh Khas Semarang Yang Paling Banyak Diburu

Diposting pada

Tak kalah populer dari Jakarta, Solo, Bekasi, Yogyakarta, Surabaya, Tangerang dan Bali, Semarang sejak dulu juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki segudang kuliner enak di Indonesia.

Sebab di kota ini kita bisa mencicipi berbagai macam citarasa hasil akulturasi dari berbagai kebudayaan antara Jawa, Tionghoa dan Eropa.

Selain itu, Semarang pun menyediakan segudang jenis oleh-oleh yang bagus untuk dibawa pulang, bukan hanya makanan tapi juga ada berupa cemilan ringan, baju, souvenir, barang-barang unik hingga kue artis kekinian.

Untuk memudahkan  memilihnya, berikut JejakPiknik berikan 12 daftar oleh-oleh khas kota Semarang paling terkenal di seluruh penjuru Nusantara yang paling wajib dibeli.

1. Bandeng Presto

Foto By travelingyuk.com

Nama bandeng presto memang selalu menduduki urutan pertama dalam jajaran daftar oleh-oleh khas kota Semarang sampai sekarang.

Makanan berbahan dasar ikan bandeng yang diolah dengan cara di presto ini termasuk salah satu buah tangan tahan lama, sehingga sangat cocok dijadikan bingkisan buat keluarga.

Tempat terbaik untuk membelinya adalah Toko Bandeng Presto Pandanaran atau Juwana Elrina. Di kedua spot ini Sahabat JejakPiknik bisa memilih beberapa varian kesukaanmu.

Untuk harganya, cukup bervariasi tergantung ukurannya dan pada umumnya dijual kisaran Rp.35.000 hingga Rp.95.000/ekornya.

2. Lumpia

Foto By travel.tribunnews.com

Berbicara tentang oleh-oleh Semarang selain bandeng presto tentu lumpia juga menjadi salah satu buah tangan yang paling tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Lumpia adalah makanan peranakan Asia yang berkembang lama di Semarang dan memiliki bentuk seperti roulade dengan berbagai macam isian campuran seperti udang, telur ayam serta rebung.

Beberapa merk terkenal yang paling wajib untuk Sahabat JejakPiknik cicipi ialah Lumpia gang Lombok, Loenpia Mbak Lien dan Loenpia Express.

Lumpia ini biasanya dijual sekitar Rp.15.000/buahnya. Termasuk salah satu contoh makanan lama, jadi sangat cocok untuk dibawa pulang ke daerah asal sebagai buah tangan buat orang-orang terdekat.

BacaJuga:  Ohana Cafe Semarang: Tempat Nongkrong Bergaya Industrialis, Intip Daftar Harga Menunya

3. Wingko Babat

Foto By idntimes.com

Selain lumpia, jajanan khas Semarang lainnya yang juga bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang buat orang di rumah namanya adalah wingko babat.

Kue berbahan dasar kelapa, tepung beras juga ketan ini memiliki bentuk pipih dan ciri paling khasnya ialah dibungkus dengan kertas.

Tidak perlu alamat khusus untuk menemukannya, karena wingko babat mudah ditemui di tempat-tempat umum seperti bandara, terminal, stasiun ataupun pusat oleh-oleh di kawasan Pandanaran.

Salah satu toko paling terkenal di Pandanaran ialah Pusat Oleh-oleh Lumba-Lumba. Soal harga, wingko babat sendiri biasanya dibanderol mulai dari Rp.46.000-Rp.62.000, tergantung varian rasanya.

4. Moaci Wijen

Foto By kumparan.com

Bila di Jogja dan Bandung terdapat camilan enak bernama mochi, maka di daerah Semarang kue ini dikenal dengan nama moaci wijen.

Sesuai  namanya, moaci yang diisi dengan kacang halus ini bagian luarnya diberi taburan wijen jadi jika dilihat lebih menyerupai kue onde-onde.

Moaci wijen sendiri menawarkan 2 varian rasa ada original dan durian. Pada umumnya, kue ini dibungkus dengan menggunakan kotak berbagai ukuran.

Dan merk paling wajib untuk Sahabat JejakPiknik buru adalah Moaci Wijen Gemini. Tak susah buat mendapatkannya, datang saja ke lokasi tokonya di Pandanaran.

Untuk membawa pulang sekotak moaci wijen Gemini ini, kita hanya perlu merogoh kocek mulai 20 hingga 30 ribuan saja.

5. Roti Brilliant

Foto By ksmtour.com

Roti brilliant adalah salah satu kue yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Jajanan ini rasanya sangat nikmat karena dibuat dengan menggunakan resep khusus dan bahan terbaik.

Roti tersebut bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di Istana Brilliant yang terletak di jalan Simpang Lima dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.100.000/kotak.

Tak perlu pikir panjang untuk membeli roti ini sebagai oleh-oleh karena jajanan kekinian tersebut bisa bertahan lebih dari 24 jam bahkan sampai 60 hari. Kenapa? Rahasianya ya karena diolah dengan cara di vakum.

Untuk pilihan rasanya sendiri cukup beragam bukan hanya original saja tapi juga ada keju, coklat, kismis, almond serta cappuccino.

BacaJuga:  10 Agen Travel Jurusan Kudus - Semarang Dengan Tarif Termurah

6. Tahu Bakso

Foto By travel.detik.com

Camilan enak yang merupakan campuran adonan tahu dan bakso tersebut juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang paling banyak dicari wisatawan.

Tahu bakso sudah dikenal sejak awal tahun 2000  dan perlahan-lahan semakin naik daun kemudian menjadi salah satu buah tangan favorit di kalangan wisatawan.

Dan salah satu merk paling terkenal adalah Tahu Baksio Bu Pudji di jln.Jenderal Sudirman No.156 Langensari, Ungaran.

Di tempat tersebut tahu baksonya dijual hanya kisaran Rp.20.000-Rp.22.000/kotak, dengan isi 10 potong. Nah, cukup murah meriah bukan?

7. Kaos Khas Semarang

Foto By kompaswisata.com

Selain makanan, oleh-oleh lainnya yang juga cukup oke untuk dihadiahkan buat keluarga ataupun teman terdekat adalah kaos Costa Brava Van Java.

Meskipun nama baju ini terdengar asing namun desain motifnya sangat unik sebab diberi gambar atau foto Costa Brava, yakni sebuah pantai cantik yang berada di negara Eropa.

Selain foto Costa Brava, kaos khas Semarang ini juga di desain dengan beberapa gambar lainnya seperti Simpang Lima serta Lawang Sewu.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jalan Tlogosari III No.32A, Tembalang atau dapat juga dipesan secara online. Soal harga, hanya kisaran 95-100 ribuan saja per pieces.

8. Roti Ganjel Rel

Foto By seputarsemarang.com

Meski terdengar aneh, namun jajanan bernama roti ganjel ini bukanlah oleh-oleh terbaru tapi sudah terkenal sejak dulu dan termasuk buah tangan favorit di kota Semarang.

Kudapan enak yang mirip dengan roti gambang tersebut teksturnya agak padat dan juga alot. Kenapa dinamakan demikian ya karena bentuknya sendiri persis  seperti bantalan rel kereta.

Tak perlu bingung mencari dimana tempat menjualnya, datang saja ke jalan Pandanaran. Di lokasi ini ada banyak toko oleh-oleh yang menyediakannya dan biasanya dibanderol kisaran Rp.20.000/kotak.

9. Torakur

Foto By food.detik.com

Torakur adalah salah satu manisan khas Bandungan yang bahan dasarnya terbuat dari tomat dan memiliki rasa manis legit seperti kurma.

Torakur juga bisa dijadikan sebagai buah tangan alternatif dan sangat aman untuk dikonsumsi karena dibuat menggunakan pemanis alami tanpa bahan pengawet.

BacaJuga:  Jangan Ngaku Anak Gaul Semarang Kalo Belom Pernah Nongkrong di Bowery Restaurant

Untuk mendapatkannya silahkan datang ke toko Torakur Bu Ngestiwati di Ampel, Bandungan. Di tempat ini harganya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.20.000 per bungkusnya.

10. Lontong Spekkoek Waiki

Foto By travelingyuk.com

Menurut para wisatawan, bertandang ke Semarang tak lengkap rasanya jika belum membawa pulang lontong spekkoek waiki sebagai buah tangan.

Makanan bernama aneh ini sebenarnya kue lapis legit yang kemudian dibungkus menyerupai lontong dan rasanya sangat enak lalu teksturnya pun begitu lembut.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Spekkoek Waiki di jalan Senjoyo 2 No.01, Semarang. Di tempat ini, lontong tersebut biasanya dijual Rp.18.000/biji.

11. Tumpi

Foto By mamikos.com

Bagi Sahabat JejakPiknik yang sedang mencari makanan kering untuk dijadikan buah tangan maka bisa mencoba tumpi.

Tumpi itu adalah sejenis peyek yang menggunakan kacang ijo sebagai topping. Rasanya tak hanya renyah tapi juga gurih.

Jika ingin membelinya, silahkan saja datang ke sentra industri tumpi di daerah Karangbolo, Lerep, Ungaran Barat. Untuk per bungkusnya biasanya dibanderol kisaran Rp.11.000 saja.

12. Brownies Opium

Foto By kumparan.com

Satu lagi buah tangan khas Semarang yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja adalah brownies opium.

Kata opium disini bukan berarti merujuk pada ganja ya tapi karena rasanya yang memberi kecanduan sehingga membuat siapa saja ketagihan ingin selalu menyantapnya.

Brownies ini bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di beberapa gerai di Semarang yakni di jln. Jati Raya No.F-12 dan di Jln.Erlangga barat 7 No.6. Harganya? Tenang saja, murah kok hanya kisaran 20-40 ribuan saja.

Itulah info menarik seputar 12 oleh-oleh khas Semarang yang wajib  dibeli dan bawa pulang. Semoga bisa menjadi rujukan dan selamat berburu ya Sahabat JejakPiknik!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.