10 Gambar Pantai Blebak Jepara, Lokasi Alamat, Keindahan di Sekitar Area, Akses Jalan Menuju Wisata + Misteri Mitos

Diposting pada

Alamat: Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.
Peta Online: Klik DiSini
Harga Tiket Masuk:
Jam Buka: Setiap hari

foto by id.wikipedia.org

Sebagai suatu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga menyandang gelar sebagai wilayah dengan garis pantai terpanjang. Kondisi alam negara kita ini tentu menjadikan pariwisata air, terutama pantai, menjadi salah satu potensi besar bagi Indonesia.

Banyak turis dari mancanegara rela datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam. Didukung dengan letak geografisnya, yaitu di sekitar Garis Khatulistiwa, daya tarik wisata Indonesia tentu bertambah berkali lipat.

Pulau Bali, kawasan kepulauan Nusa Tenggara, serta daerah Indonesia Timur, sudah banyak dikenal karena keindahan pantai serta penampakan alamnya. Rupanya, kawasan Indonesia Barat, di Pulau dengan penduduk terpadat, Jawa, juga memiliki pesona pantai yang masih sangat jernih.

Lokasi

foto by tourkarimunjawa.net

Pantai yang jernih ini terletak di Desa Sekuro, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara. Salah satu dari jajaran pantai utara Pulau Jawa ini bernama Pantai Blebak. Jepara, sebagai salah satu wilayah di pesisir utara Jawa, tentu memiliki potensi wisata pantai yang tinggi.

Pantai Blebak ini juga adalah salah satu dari beberapa deretan pantai yang letaknya cukup dekat dengan Kecamatan Bondo, Kab. Jepara. Di jajaran wilayah ini, masih terdapat beberapa destinasi wisata lain seperti Pantai Pailus, Ombak Mati serta Empu Rancak.

foto by nasirullahsitam.com

Rute Perjalanan dan Jalur Akses

Pantai Blebak hanya berjarak sekitar 10 km sebelah utara pusat Pemerintahan Kabupaten Jepara. Kawasan Jepara sudah memiliki akses jalan beraspal dengan kondisi yang cukup baik sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati potensi alam daerah ini.

BacaJuga:  Wisata Religi di Rembang, Mengunjungi Makam R.A Kartini

Bila ingin mendatangi Pantai Blebak bisa menggunakan beragam sarana, baik menggunakan transportasi pribadi ataupun dengan memanfaatkan kendaraan umum. Sekalipun demikian, bila berkunjung dari Semarang, hanya terdapat beberapa akses bus kecil yang menuju Jepara.

Rekan-rekan, jika kalian sudah mencapai kawasan bergapura dengan tulisan ‘Pantai Blebak’, itu artinya perjalanan kalian hanya tinggal sedikit lagi. Jarak yang harus kalian tempuh hanya sekitar 3 km dari kawasan gapura wisata.

Daya Tarik Wisata

foto by instagram.com/suryaciplen/

Daerah Kabupaten Jepara terkenal memiliki wilayah perairan yang bersih dengan ombak yang tidak begitu besar. Hal ini juga yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Blebak di mata wisatawan, kawan.

Tempat ini memiliki keindahan alam yang dihiasi oleh pecahan karang halus dan kemudian bercampur dengan pasir putih kekuningan. Ketika kalian berkunjung ke Blebak, aroma ketenangan serta alunan melodi perairan pesisir utara akan kalian rasakan.

foto by instagram.com/brian.brays/

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa tumbuhan bakau yang tumbuh menaungi beberapa kapal nelayan. Bila kalian berkunjung pada sore hari, kalian akan menemukan beberapa kapal nelayan yang sedang bersiap untuk menjala ikan.

Biasanya pada malam hari, mereka sudah akan mendapatkan banyak tangkapan ikan. Pengunjung juga bisa dengan mudah membeli ikan-ikan segar dari perairan Jawa. Kalian bisa membelinya langsung dari nelayan ataupun dari pada pengepul ikan.

Blebak juga adalah pantai yang tidak terlalu luas dan cukup dangkal, sehingga kalian yang membawa balita atau anak-anak ke tempat ini tidak akan terlalu kerepotan. Dengan jarak sekitar 100 meter dari pantai, kedalaman air laut hanya sepinggang orang dewasa.

foto by instagram.com/john_dian/

Di hari-hari biasa (weekdays) pantai ini memang cukup sepi pengunjung. Namun mulai hari Jumat, weekend, serta hari libur, banyak pengunjung yang menikmati indahnya pesona alam Kecamatan Mlonggo.

BacaJuga:  10 Gambar Pasar Johar Semarang, Grosir Baru Online + Alamat Pindah Kemana

Bukan hanya itu saja, bila rekan-rekan datang dengan menggunakan transportasi pribadi, kalian akan menjumpai hamparan sawah, perkebunan serta hutan kecil di kanan kiri jalan. Pemandangan juga akan diwarnai dengan deretan bukit serta pegunungan.

foto by instagram.com/fiki_andika_kristianto/

Fasilitas Wisata

Bila datang dengan membawa anak-anak, kalian tidak perlu khawatir karena anak Anda juga akan bisa menikmati kesenangan bermain di pantai. Tersedia beberapa fasilitas wisata serta wahana permainan sederhana yang bisa dinikmati pengunjung.

Ketika datang hendak menikmati wahan permainan, kalian akan diminta untuk membayar tarif permainan. Namun tidak perlu khawatir, tarif yang diminta tidak terlalu mahal. Contohnya adalah permainan perahu bebek ayun dengan harga hanya Rp10.000 saja.

foto by aslamnotes.blogspot.co.id

Permainan ini biasanya dibuka untuk pengunjung mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Pihak pengelola wisata juga membangun beberapa fasilitas lain untuk menarik jumlah wisatawan seperti flying fox, dan culinary center.

Bagi rekan-rekan yang datang dari area luar Jepara, tidak perlu khawatir mencari lokasi penginapan. Di sekitar Pantai Blebak sudah tersedia beberapa cottage, hotel, ataupun losmen yang akan membuat kalian betah menikmati waktu di kawasan ini.

Bila rekan-rekan hendak datang dengan rombongan, juga tidak perlu khawatir karena lokasi wisata ini sangat bisa menampung rombongan kalian. Lahan parkirpun juga luas. Pantai ini penuh dengan sejarah kawan.

Para fotografer tentu banyak yang mengabadikan keindahan alam Pantai Blebak dalam suatu foto. Para seniman juga akan mendapatkan inspirasi untuk menuangkan panorama ini dalam bentuk gambar yang elok.

foto by instagram.com/ayangcita/

Silakan menjadwalkan untuk datang ke Pantai Blebak, kawan. Udaranya sangat bersih, segar, dan sejuk. Dilingkupi pula dengan masyarakat Jepara yang sangat ramah sehingga kalian akan merasa datang ke kampung sendiri.

BacaJuga:  13 Penginapan Murah Namun Berkelas di Ungaran Mulai Rp.30.000

Tunggu apa lagi kawan? Yuk, datang ke sini. Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan serta kebersihan kawasan wisata di Pantai Blebak ya kawan. Buanglah sampah pada tempatnya sekalipun tidak ada orang lain yang mengelihat.

Have a nice trip dan jangan lupa untuk membagikan momen serta foto indah kalian di social media untuk mendukung pariwisata Indonesia.

foto by instagram.com/pariwisatajepara/
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.