10 Foto Pantai Coro Tulungagung Jawa Timur + Letak Peta Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Gambar foto pantai coro tulungagung di t.Agung jawa timur letak peta jalan menuju lokasi besuki banyu mulok jatim trenggalek my trip my adventure kedung tumpang sine molang kabupaten 66281 rute harga tiket masuk alamat akses google map denah wisata sejarah misteri mitos
Keindahan Pantai Coro. Foto: aroundguides.com

Lokasi: Reco Sewu, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia 66281
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000 / orang
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: +62 355 5237600

Tulungagung menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Di kota ini terdapat aneka kawasan wisata yang siap memanjakan para wisatawan yang ingin berlibur di sini. Mulai dari kawasan wisata budaya dan juga alam yang memiliki karakteristik tersendiri. Untuk kawasan wisata alam, di Tulungagung sudah banyak tempat yang bisa dikunjungi. Mulai dari Kedung Tumpeng, Sine, Molang, Sanggar, hingga Brumbun yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu pantai yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur adalah pantai Coro.

Eksotisme Laut di Pantai Coro. Foto: aroundguides.com

Mengenal Pantai Coro

Coro meskipun dalam bahasa Jawa berarti kecoa, bukan berarti pantai ini penuh dengan kecoa. Pantai Coro ini menawarkan sesuatu yang menawan dan juga eksotis kepada para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di sini. Pantai yang berada di pesisir selatan dari kabupaten Tulungangung, Jawa Timur ini memang menjadi salah satu primadona. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari kawasan wisata pantai Recu Sewu Popoh. Pantai Coro ini berada di daerah Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Jangan tertipu namanya yaitu Coro yang berarti Kecoa. Pasalnya di sini sudah banyak keindahan yang ditawarkan. Pantai yang pernah dikunjungi oleh my trip my adventur ini menjadi salah satu destinasi wisata yang diincar oleh para wisatawan. Terutama para backpacker dan juga traveller yang ingin berpetualang. Ditambah lagi dinas pariwisata Tulungagung sudah memberikan fasilitas yang siap membuat pantai di t.Agung ini memanjakan para wisatawan.

Hamparan pasir Pantai Coro. Foto: sorotbalik.blogspot.com

Ada banyak cerita sejarah, mitos dan juga misteri mengapa Pantai Coro ini memiliki nama dari salah satu hewan yang dibenci manusia ini. Sayangnya tidak ada penjelasan yang benar-benar detail mengapa nama ini menjadi pilihan. Rata-rata hanya menjawab nama ini merupakan nama suka-suka yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Meski begitu, pantai ini tetap layak untuk dikunjungi.

BacaJuga:  Tiket Masuk Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) Surabaya + Sejarah-nya
Hutan lindung di Coro. Foto: destinasipada.blogspot.com

Akses dan Lokasi pantai Coro

Pantai Coro ini berada di daerah Reco Sewu, Besole, Besuki, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia 66281. Tentu saja jalur dan juga jalannya sendiri sangat mudah dan juga bisa diakses oleh aneka kendaraan. Hal ini disebabkan oleh perhatian pemerintah yang sudah memberikan fasilitas dan juga akses ke pantai ini. Jalur yang harus dilalui sendiri tidak terlalu ekstrim. Meski para wisatawan harus melalui perbukitan dan juga melewati beberapa tanjakan serta harus memasuki area perkebunan warga, akan tetapi jalurnya sudah sangat mulus dan juga mudah dilalui.

Jika bergerak dari pusat kota Tulungagung atau tepatnya di alun-alun Tulungagung, para turis bisa bergerak ke arah selatan. Jaraknya sendiri sekitar 35 km. Untuk menuju ke pantai ini para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Pasalnya tidak ada kendaraan umum yang menuju ke pantai Coro tersebut. Bisa dengan menyewa mobil atau motor jika ingin menuju ke salah satu pantai unggulan di Tulungagung tersebut.

Keindahan laut di pantai Coro. Foto: asliindonesia.com

Untuk tiba di Pantai Coro ini, para wisatawan harus menuju ke kawasan wisata Pantai Popoh terlebih dahulu. Dari pantai ini dilanjutkan menuju ke Reco Sewu. Setelah sampai di Reco Sewu ini, para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir ini. Biasanya harga tiket masuk sudah termasuk parkir. Jadi tiket masuk ke pantai ini bisa dibilang masih gratis. Dari area parkir, para wisatawan masih melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Coro. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik motor trail dari area parkir. Yang membawa motor bisa langsung menuju ke pantai. Sementara bagi yang mengendarai mobil harus menyewa motor trail. Bisa juga dengan melanjutkan perjalanan berjalan kaki. Akan tetapi perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit. Dan jaraknya sendiri sekitar 3 km.

Jaraknya cukup pendek sekitar 3 km. Akan tetapi medan dan kontur dari jalan yang membuat perjalanan cukup lama. Hal ini disebabkan akses lokasi dari Reco Sewu ke arah kawasan wisata Pantai Coro ini memiliki jalan yang naik turun dan juga berliku-liku. Sementara jika musim penghujan sudah tiba. Akses jalan akan terhalang oleh lumpur yang sangat licin. Oleh sebab itu hanya motor trail yang bisa naik ke sini. Pastikan sepatu dan juga pakaianĀ  yang digunakan tidak terlalu ribet alias yang santai dan casual saja.

BacaJuga:  55 Tempat Wisata di Malang Terbaru Murah Yang Jarang Dikunjungi Malam Hari : Batu Selecta Raya Selatan Jatim Dekat Stasiun 2017
Tebing dan hutan di Coro. Foto: wisataterbaru.com

Keunikan dari Pantai Coro

Meski akses ke pantai ini sedikit berkelok-kelok, pemandangan pantai Coro bisa memberikan kenyamanan dan juga keunikan tersendiri. Pantai Coro ini memiliki pemandangan laut yang indah dengan warna biru cerah yang mempesona. Ditambah lagi dengan adanya hamparan pasir putih yang membentang dari ujung ke ujung pantai. Sementara di sisi lainnya terdapat tebing-tebing yang membuat pantai seolah memiliki pembatas. Sangat pas bagi para pecinta alam dan pantai. Terutama bagi para penggemar dunia fotografi. Di pantai Coro ini para wisatawan bisa melihat keunikan dan sisi menarik dari pantai tersebut.

View Tebing dan Hutan Lindung di Coro. Foto: detik.com

Pantai Coro ini memang dibilang masih gadis dan perawan. Pasalnya pantai ini baru saja ditemukan dan dibangun oleh pemerintah. Sehingga masih sangat asri dan asli. Tidak heran jika kebersihan pantai ini terjaga dengan sangat baik sehingga tidak membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi terganggu. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Tentu saja para wisatawan harus memiliki kesadaran dan juga mau untuk tetap menjaga keasrian dan juga kebersihan pantai ini. Disarankan untuk membawa plastik untuk membuang sampah setelah memakainya.

Pesona Pantai Coro dari Tebing. Foto: esokharinanti.com

Kegiatan menarik di Pantai Coro

Para wisatawan bisa melakukan aneka kegiatan dan juga aktifitas yang cukup menarik di pantai ini. Dengan peran serta pemerintah, Pantai Coro ini sudah banyak para pedagang makanan dan juga minuman yang membuka lapak atau warung yang berbentuk tenda kecil-kecilan di pantai ini. Tentu saja akan memudahkan para wisatawan untuk membeli aneka minuman jika kehausan dan juga makanan jika lapar. Memudahkan para pengunjung dari pantai Coro ini.

Bagi yang menggemari dunia croser, Tentu saja akses atau jalur menuju ke Pantai Coro ini bisa menjadi cara untuk memuaskan hasratnya. Tidak jarang para wisatawan dan juga masyarakat sekitar mencoba dunia croser di pantai Coro ini. Bahkan di hari libur serta libur panjang serta akhir pekan, Pantai Coro ada banyak kegiatan. Dan tidak heran para wisatawan akan cukup banyak mengunjungi pantai ini.

BacaJuga:  10 Gambar Predator Fun Park Batu Malang + Harga Tiket Masuk Wahana Wisata
Hamparan pasir putih di Pantai Coro. Foto: kulinerwisata.com

Harga tiket masuk ke Pantai Coro

Seperti yang sudah disebutkan diawal, untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tiket untuk masuk ke Pantai Coro ini biasanya dijadikan satu dengan tiket masuk ke lokasi pantai lainnya. Pasalnya pantai ini berada di sebelah timur pantai Popoh dan juga Reco Sewu. Praktis para wisatawan akan terkena Rp. 5.000 per orang. Sementara jika ingin masuk ke Pantai Coro saja, tidak perlu membayar.

Dan biasanya pula tiket masuk sudah termasuk dengan biaya parkir. Di Pantai Coro ini tarif parkir sekitar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan juga Rp. 10.000 untuk mobil.

Keindahan Pantai Coro dari Tebing. Foto: annisaannur.blogspot.com

Fasilitas di Pantai Coro

Pantai Coro ini masih tergolong baru. Sehingga belum ditemukan fasilitas yang cukup lengkap dan juga komplit. Hanya fasilitas umum saja. Belum ada penginapan yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat. Di sini hanya terdapat kamar mandi atau WC yang hanya terbuat dari terpal. Sementara toilet untuk buang air kecil juga sudah tersedia di sini.

Tentu saja dengan aneka keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Coro ini praktis akan membuat pantai ini menjadi salah satu daftar destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *