10 Pantai di Wonogiri dan Sekitarnya Yang Indah dan Bagus

Diposting pada
Rate this post

Memiliki letak geografis mirip seperti kabupaten Gunung kidul Jogja dan bersebelahan dengan daerah Pacitan membuat Wonogiri kaya akan pesona pantai tersembunyi yang belum diketahui.

Dan meskipun sejumlah pantai di kawasan tersebut lokasinya tersembunyi serta belum didukung infrastruktur memadai namun sejumlah objek wisata bahari ini memiliki panorama menakjubkan.

Nah, bagi para pelancong yang ingin mengeksplor wisata bahari di sekitar daerah Wonogiri, berikut ada sederet pantai cantik nan indah dan sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Nampu

foto by brobali.com

Alamat: Ds.Dringo, Kel.Gunturharjo, Kec.Paranggupito, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Rp.2.000
No.Telp: 0856 4203 4565

Terletak di desa Dringo kelurahan Gunturharjo, pantai Nampu ini memiliki pemandangan yang cukup eksotis dengan hamparan pasir putih dan susunan batu karang nan indah.

Meskipun termasuk sebagai salah satu daftar wisata andalan di Wonogiri, namun sayangnya tempat yang termasuk deretan pantai selatan tersebut masih sangat sepi pengunjung.

Berjarak sekitaran 70 km dari pusat kota, kawasan wisata tersebut hanya didukung akses jalan yang cukup baik serta fasilitas tangga untuk menuju bibir pantai.

2. Sembukan

foto by pantainesia.com

Alamat: Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Rp.5.000

Walaupun terletak diantara bukit-bukit dan lokasinya cukup terpencil namun akses menuju Pantai yang berada di dusun Sembukan ini bisa dikatakan sangat mudah untuk diakses.

Untuk menuju destinasi ini kita harus menempuh rute yang cukup panjang yaitu di mulai dari stasiun Balapan Solo menuju Grogol-Wonogiri-Pracimantoro-Paranggupito-Pantai Sembukan.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Wonogiri Lepas Kunci Tarif Harga Murah

Menurut beberapa pengunjung, objek bahari Selatan ini dipercaya dapat mendatangkan rezeki, maka tak heran jika banyak pengunjung datang kesini hanya untuk sekedar melakukan ritual-ritual.

Selain menawarkan pemandangan yang cukup keren untuk dijadikan sebagai spot foto, destinasi ini juga menjadi area paling bagus menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam.

3. Banyutowo

foto by merahputih.com

Alamat: Ds.Gudangharjo, Kec.Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Rp.2.000

Destinasi wisata di desa Gudangharjo ini bisa dibilang sangat istimewa karena merupakan tempat bertemunya air sungai yang tawar dan air laut asin.

Nama Banyutowo sendiri berasal dari dua kata yakni Banyu artinya air dan towo adalah tawar. Jadi jika digabungkan berarti menjadi pantai berair tawar.

Selain menawarkan pemandangan alam menakjubkan, kawasan wisata tersebut juga telah didukung sederet fasilitas seperti area parkir, mushola, kamar mandi dan juga beraneka penginapan/hotel.

4. Klothok

foto by youtube.com

Alamat: Kec.Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jateng
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Sukarela

Dengan lokasi yang begitu terpencil dan sangat tersembunyi, Pantai Klothok di dekat Sembukan ini juga menawarkan panorama alam tak kalah menakjubkan.

Untuk menuju destinasi bahari tersebut, kita perlu menempuh waktu sekitar 2 jam lebih dari pusat kota Wonogiri dan mengenai fasilitasnya juga terbilang masih sangat minim.

5. Pringjono

foto by ringgarentcar.com

Alamat: Ds.Gunturharjo, Kel,Paranggupito, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Gratis

Destinasi berikutnya ini sebenarnya sudah terkenal lebih dulu dari Pantai Nampu namun karena lokasinya sangat terpencil dan tersembunyi membuat area tersebut belum diketahui banyak orang.

Selain itu, objek wisata Pringjono di desa Gunturharjo tersebut juga masih sangat minim fasilitas dan jalan untuk akses menuju kawasan ini belum ada jadi tak heran jika tempat tersebut tak selalu ramai.

BacaJuga:  Wisata Waduk Kedung Ombo, Letak di Purwodadi, Boyolali Atau Sragen?

6. Buyutan

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Widoro, Donorojo, Pacitan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Gratis
No.Telp: 0821 1330 6232

Pantai yang memiliki ciri khas beragam bentuk batu karang unik tersebut termasuk sebagai salah satu destinasi bahari terbaik dan terindah di daerah Pacitan.

Keindahan aneka bentuk batu karang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mencari spot kece untuk mendapatkan gambar atau foto keren.

Selain bersantai menikmati suasana yang indah, di kawasan Buyutan ini para wisatawan juga bisa berenang, camping, snorkeling dan aneka kegiatan lainnya.

Meskipun pantai Buyutan belum dikelola dengan cukup baik dan tidak didukung fasilitas memadai namun ada banyak sekali penginapan ataupun hotel bisa kita temukan di sekitarnya.

Selain itu, yang menarik dari kawasan tersebut ternyata tak hanya panoramanya saja namun disini kita juga dapat bertemu dengan kawanan monyet-monyet.

7. Banyu Tibo

foto by samitrawisata.com

Alamat: Ds.Widoro, Donorojo, Pacitan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Rp.3.000(Weekday), Rp.5.000(Weekend)

Tak hanya indah, objek wisata Banyu Tibo juga terkenal sangat unik karena adanya air terjun yang jatuh langsung ke pantai.

Dikenal sebagai kawasan wisata indah nan eksotis serta memiliki hamparan pasir putih dan dipadu birunya air laut membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di area tersebut.

Meskipun di kawasan tersebut pengunjung tidak di izinkan berenang namun masih ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti memancing, berjemur ataupun sekedar bermain air.

8. Dadapan

foto by bonvoyagejogja.com

Alamat: Pendowo, Jepitu, Gunung Kidul
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: Rp.5.000

Objek wisata yang dipenuhi pepohonan “dadap” ini juga termasuk sangat populer karena letaknya berada diantara Wonogiri dan Jogja serta menjadi perbatasan antara Jateng dengan Yogyakarta.

BacaJuga:  10 Travel Jurusan Dari Tegal Ke Bandung Via Tol Mulai Rp 50.000

Untuk masuk ke lokasi Dadapan tersebut sebenarnya tidak dipungut biaya namun karena letaknya dekat dengan Pantai Wediombo yang memungut kontribusi jadi kita harus bayar tiket masuk.

9. Kalimirah

foto by dilokasi.com

Alamat: Jln.Dawung, Ds.Gudangharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Gratis

Objek wisata bahari selanjutnya yang ada di daerah Wonogiri dan masih belum terjamah sama sekali adalah Pantai Kalimirah di desa Gudangharjo.

Meskipun akses sulit dan fasilitasnya belum cukup memadai namun pemandangannya yang eksotis mampu membuat pengunjung berdecak kagum ketika berkunjung kesini.

10. Klayar

foto by pantainesia.com

Alamat: Kendal, Sendang, Pacitan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam

Selain Bukit Gantole dan Kahyangan, Pantai Klayar di daerah Pacitan tersebut juga termasuk sebagai salah satu destinasi yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan Wonogiri.

Nah, selain sederet objek wisata bahari diatas, masih ada banyak lagi Pantai di sekitaran Wonogiri seperti Jojogan, Kapuk, Dam Cinta, Kijingan, Nglambor, Sundak, Sadeng, Sempu, Waru dan lainnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.