Letak Pantai Kedung Celeng Malang Donomulyo Jawa Timur + 10 Foto-nya

Posted on
Letak donomulyo jawa timur indonesia 60253 65167 pantai kedung celeng malang pulodoro seling kates bantol licin rowo gebang pulodoro kedungsalam jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi akses peta google map foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Kedung Celeng, Foto: aroundguides.com

Alamat: Jalan Raya Banjarejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia 65167
Map: Klik disini
HTM: Rp5.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0813-3318-3380

Malang adalah sebuah daerah di Jawa Timur yang menyuguhkan ragam destinasi wisata lengkap untuk dijelajahi. Alam Malang merupakan pesona yang sangat menarik, dipadukan dengan udara sejuknya yang semakin membuat siapapun betah. Kabupaten ini memiliki banyak gunung dan bukit, puluhan air terjun, dan puluhan pantai yang indah dengan sejarah uniknya masing-masing. Di antara pantai-pantai indah tersebut, ada sejumlah pantai Laut Selatan yang tersembunyi dan tak banyak dikunjungi tetapi menawarkan pesona luar biasa. Salah satu pantai alternatif untuk tempat wisata bagi Anda yang sudah bosan dengan nama-nama tenar adalah Pantai Kedung Celeng.

Pantai dengan Panorama Indah di Malang, Foto: tribunnews.com

Dibandingkan dengan pantai-pantai tujuan wisata utama Malang, Pantai Kedung Celeng adalah sebuah nama yang masih asing, bahkan untuk orang Malang sendiri. Akan tetapi, popularitas pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo ini kini mulai menanjak berkat banyaknya pengunjung yang berfoto dan mengunggah hasil foto mereka ke platform Instagram. Ya, ini memang salah satu pantai yang Instagrammable banget di Malang, tak kalah dengan Pantai Seling Kates, Rowo Gebang, dan Licin.

Salah Satu Pengunjung Pantai, Foto: islahagus.blogspot.com

Keindahan Pantai Gunung Celeng

Lokasi Pantai Gunung Celeng sebenarnya diapit oleh dua pantai lain yang juga masih cukup sepi tetapi relatif lebih dikenal oleh para pecinta wisata pantai di Malang. Kedua pantai tersebut adalah pantai Bantol dan Pantai Pulodoro. Nama Pantai Gunung Celeng diambil dari nama wilayah administratif yang menaunginya, yaitu Dusun Sumber Celeng. Pantai Kedung Celeng sendiri merupakan sebuah tempat wisata indah yang seperti pantai-pantai di Malang lainnya, menawarkan keindahan pasir putih lembut kecokelatan yang menghampar apik memanjakan mata.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pangi di Blitar Jawa Timur + Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Namun, tak seperti pantai-pantai di Malang Selatan lainnya, ombak di Pantai Kecung Celeng tidak besar dan berbahaya. Karena itulah, pengunjung bisa bersantai dan berenang di dalam air tanpa harus merasa terlalu was-was. Bahkan, para wisatawan pantai ini biasanya menyempatkan melakukan snorkeling dan menjepret gambar underwater di perairan pantai ini.

Pesona pantai Kedung Celeng, Foto: newshub.id

Pantai Kedung Celeng paling pas dijadikan tempat untuk bersantai sembari berjemur di bawah matahari, merendamkan diri di dalam air, atau sekedar membaca buku di bawah pepohonan sembari makan cemilan yang dibawa dari rumah. Pantai Kedung Celeng memang memiliki suasana yang menenangkan. Perjalanan wisata Anda ke pantai ini tidak akan lengkap tanpa menghabiskan malam dengan camping di pantai ini dan menikmati langit yang dipenuhi bintang-bintang sembari bercengkerama di sekeliling api unggun dengan latar debur ombak menemani.

Bersantai, Foto: yukpiknik.com

Bukan hanya keindahan pasir, karang, warna laut, dan pemandangan sekitarnya saja yang merupakan daya tarik pantai ini, tetapi, Kedung Celeng juga memiliki panorama bawah laut yang tak boleh dilewatkan. Siapkanlah diri Anda untuk bersnokeling dan mengabadikan keindahannya karena pantai ini terkenal dengan warna-warni biota lautnya. Selain itu, karena pantai ini masih sepi dari pengunjung, kebersihannya masih terjaga. Anda tidak akan menemukan sampah di laut pantai ini. Hanya warga sekitar saja yang mencari ikan atau kerang laut yang rutin mengunjungi pantai ini sehingga sampah dan kotoran tidak banyak ditinggalkan.

Suasana Terjaga Alami, Foto: whiempy.blogspot.co.id

Snorkeling di pantai ini bisa dilakukan hingga pada jarak 20 meter jauhnya dari tepi pantai. Jarak ini memiliki kedalaman antara satu hingga dua meter. Di sepanjang area snorkeling ini, Anda bisa menyaksikan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang masih hidup dan berwarna-warni indah.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Bandealit Jember, Peta Denah Wisata + Jalan Menuju Lokasi
Pantai Yang Masih Alami, Foto: panoramio.com

Di tengah laut, di hadapan mata Anda, akan terlihat sebuah pulau mini yang apik dan anggun berdiri di tengah samudera. Angin yang berhembus akan membuat aktivitas berjemur Anda menjadi sejuk. Airnya yang jernih mengundang untuk diselami. Ketika matahari barada di kepala, ombak akan mereda sehingga pantai menjadi tenang.

Rute Menuju Pantai Kedung Celeng Malang

Pantai ini terletak sekitar 75 kilometer jauhnya dari Malang kota. Unuk menuju Pantai Kedung Celeng, Akses pantai ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Jika Anda berangkat dari Malang kota, lajukan kendaraan Anda menuju arah Kepanjen. Gunakan denah atau peta peta atau lihatlah papan penunjuk arah menuju Kepanjen dan pantai Ngliyep. Lanjutkan terus perjalanan Anda mengikuti penunjuk arah hingga melewati Desa Pagak. Di sini, akan ada pertigaan yang menuju ke arah Pantai Ngliyep. Melajulah lurus mengambil jalur ke arah Desa Banjarejo.

Airnya Bersih, Foto: reresepan.com

Dari sini, perjalanan Anda yang sebelumnya relatif mulus kini akan mulai menemukan berbagai tantangan. Lewat Desa Banjarejo, Anda akan melaju pada jalanan berbatu yang belum diaspal hingga cukup jauh, yaitu hampir lima kilometer sampai pantai. Pantai yang akan Anda temui di ujung jalan berbatu ini adalah Pantai Mbantol. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke jalan setapak di sebelah barat Pantai Mbantol ke arah hutan. 10 menit perjalanan akan membawa Anda ke tujuan

Harga Tiket Masuk Pantai Kedung Celeng

Anda hanya perlu membayar Rp5.000 untuk sekali masuk di pantai ini. Sedangkan, kendaraan Anda akan dikenai ongkos parkir sebesar Rp5.000. Biaya ini tergolong sangat murah untuk keindahan yang akan Anda saksikan di pantai ini.

Berenang, Foto: pantaimalang.com

Memang, pantai ini dulunya bahkan sama sekali tidak terdengar gaungnya. Akan tetapi, beberapa traveler muda yang menemukan keindahan pantai ini membaginya dengan publik dengan mengunggah selfie mereka di Pantai Kedung Celeng ke sosial media. Sejak itulah, banyak orang yang penasaran dengan pantai ini. Kini, pantai ini memang sepi pada hari biasa, tapi jangan heran jika pada saat musim liburan telah tiba, beberapa rombongan akan terlihat di pantai ini, bahkan dari luar kota seperti Kediri dan Surabaya dengan kode pos 60253.

BacaJuga:  Alamat Delta Plaza Surabaya, Sejarah Angker Asal Usul Bekas Rumah Sakit, Hotel Dekat Matahari, Cinema 21 XXI Buka Jam Berapa?

Pantai ini juga baru-baru ini saja mengalami pengelolaan menjadi tempat wisata. Dibukanya pantai ini sebagai tempat wisata ditandai dengan diberlakukannya tiket masuk, akan tetapi fasilitas publiknya masih belum mulai dibangun sehingga para wisatawan sebaiknya membawa segala keperluan mereka sebelum memasuki area pantai.

Pasir Putih Yang Lembut, Foto: indonesia-tourism.com

Karena pantai ini terletak di antara hutan-hutan alamiah, menurut warga, masih akan sering dijumpai hewan liar berkeliaran. Di antara binatang-binatang yang mendiami hutan tersebut adalah babi hutan, monyet, dan ular. Begitu pula dengan adanya mitos-mitos penuh misteri yang meliputi pantai ini. Karena itu, disarankan untuk selalu menjaga kewaspadaan di area ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *