Apakah Benar Banyak “Kutang” di Pantai Ini? Simak Lebih Lanjut

Posted on
Apakah Benar Banyak “Kutang” di Pantai Ini? Simak Lebih Lanjut
5 (100%) 2 votes
Begitu Mempesona | Instagram @heru_satrio_p
Begitu Mempesona | Instagram @heru_satrio_p

Lokasi: Kentong, Labuhan, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62263
MAP: Klik Disini
HTM: Rp.2.000 (parkir)
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Siapa yang tak pernah sampai di Wisata Bahari Lamongan (WBL)? Tempat Wisata ini cukup terkenal di nusantara, tidak hanya wisatawan dari dalam Lamongan, wisatawan dari luar kota juga sudah banyak yang berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan (WBL), seperti dari sido mukti, Surabaya, Bandung dan masih banyak lainnya.

Profil Wisata Bahari Lamongan (WBL) terletak di daerah pantai utara Kabupaten Lamongan. Wisata ini mempunyai wahana lengkap dan juga spot foto memadai, cocok untuk liburan bersama keluarga dan kerabat. Namun siapa sangka bahwa disekitar Wisata Bahari Lamongan (WBL) terdapat pantai indah dan unik? Dia bernama Pantai Kutang. Penasaran? Yuk baca penjelasannya!

Sejarah Asal Usul

Jika pertama kali mendengar nama Pantai Kutang, pasti membuat Anda tertawa sendiri dan bertanya-tanya. Apa sebenarnya cerita dibalik nama yang aneh dan unik tersebut? Apakah ada mitos tersembunyi dibalik nama Kutang? Sebagaimana yang kita tahu, Kutang adalah pakaian dalam wanita, atau biasa disebut Bra atau Breast Holder.

Ayun-Ayun | Instagram @fadyaaulia_1
Ayun-Ayun | Instagram @fadyaaulia_1

Dulu sebelum terkenal, tempat ini sering dijadikan tempat dimana para muda mudi berkumpul. Dan ketika mereka sudah meniggalkan tempat, anehnya mereka sering meninggalkan pakaian dalam. Warga sekitar sering menemukan pakaian dalam tersebut tersangkut di pohon mangrove atau tergeletak disekitar pantai.

Oleh karena itu, pantai ini dinamai Pantai Kutang. Cukup aneh memang kedengarannya, tetapi jangan salah, nama tersebut membuat para wisatawan tertarik dan penasaran ingin mengunjunginya.

Alamat Lokasi

Pantai Kutang berlokasi di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kabupaten Lamongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara (kulonan), Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan, serta Kabupaten Bojonegoro di sebelah Barat.

BacaJuga:  Di Lumajang Ada Agrowisata Terbaik, Inilah Tempatnya!
Amat Menawan | Instagram @cewealpukat
Amat Menawan | Instagram @cewealpukat

Jika ingin berkunjung, Pantai Kutang tepatnya berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jatim. Dari pusat kota Lamongan, wisata ini bisa ditempuh sekitar 59 km atau sekitar 1 setengah jam perjalanan.

Keistimewaan

Selain dari segi nama yang aneh dan unik, Pantai Kupang mempunyai banyak keistimewaan regency 2017 diantaranya berbagai spot foto yang menarik. Tempat ini tidak seperti pantai di Malang yang mempunyai ombak besar, jadi wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain pasir dan menikmati air lautnya. Apalagi jika air laut surut, batu karang disekitar pantai serta air lautnya yang biru sangat memanjakan mata.

Selain pasir dan lautnya, pohon magrove juga tumbuh besar disekitar pantai. Objek pohon mangrove ini juga tak kalah dengan pantainya jika dijadikan spot foto oleh para wisatawan. Anda bisa berfoto dengan backround pohon mangrove yang lebat. Berikut salah satu gambar area pantai ini.

Sore Telah Tiba | Instagram @heru_satrio_p
Sore Telah Tiba | Instagram @heru_satrio_p

Jika ingin bersantai, Anda bisa menikmati ayunan disekitar pohon mangrove, atau bisa juga bersantai dengan tidur di pohon mangrove yang mempunyai batang besar. Tak lupa daun pohon mangrove yang lebat bisa melindungi Anda dari teriknya matahari sehingga waktu bersantai bisa lebih nikmat.

Selain view pantai dan pohon mangrove, terdapat jembatan panjang yang menjorok ke arah laut. Jembatan ini adalah salah satu spot foto paling favorite oleh para wisatawan. Dipadu dengan birunya langit dan laut, jembatan panjang berwarna-warni ini sangat cocok menjadi background untuk mengabadikan foto bersama keluarga dan sahabat.

Meraih Sang Surya | Instagram @ochied_junior
Meraih Sang Surya | Instagram @ochied_junior

Jika tidak ingin berpanas-panasan, para wisatawan biasanya datang saat sore hari, waktu sore dimanfaat kan untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Kutang. Meskipun tempatnya di pantai utara, namun sunsetnya tidak bisa diragukan. Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dengan langit berwarna oranye, serta warna air laut yang juga berubah menjadi kemerahan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, apalagi dinikmati dengan oarang tersayang.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk tidak dikenai biaya, tetapi Anda hanya membayar biaya parkir sebesar Rp.2000 setiap kendaraan.

BacaJuga:  10 Tempat Sewa Kamera dan Lensa Murah di Surabaya Mulai Rp.40.000

Rute

Jika Anda berangkat dari arah barat, atau dari Kabupaten Tuban, rute dimulai dari Alun-Alun Tuban menuju jalur pantura lalu menuju ke arah Ngaglik, Palang, dan sampai pada perbatasan Tuban-Lamongan.

Anda tetap melanjutkan perjalanan ke arah timur sampai menemui perempatan Cakaran, kemudian berbeloklah ke kiri lalu ikuti jalan sampai Anda menemukan Pantai Kutang yang termasuk Dukuh Kentong. Dari Alun-Alun Tuban menuju Pantai Kutang hanya menempuh jarak 18 km atau sekitar 31 menit perjalanan. Tidak jauh bukan?

Mencari Keong | Instagram @syaiful_r7
Mencari Keong | Instagram @syaiful_r7

Dan jika Anda berangkat dari arah timur, atau dari Lamongan, rute Anda dimulai dari pertigaan Paciran dan melewati jalur pantura. Kemudian menuju ke arah barat melewati Wisata Bahari Lamongan (WBL), kemudian melewati Pasar Blimbing, dan Sedayu Lawas.

Manis...Pemandangannya | Instagram @nishasnh
Manis…Pemandangannya | Instagram @nishasnh

Anda terus menyusuri jalan sampai menjumpai perempatan Cakaran lalu berbeloklah ke kanan. Setelah itu, ikuti petunjuk arah sampai masuk ke Dukuh Kentong, jika sudah memasuki Dukuh Kentong, Anda sudah dekat dengan Pantai Kutang.

Jika Anda kebingungan, Anda bisa menggunakan gps di handphone Anda untuk menunjukkan jalannya, karena denah peta yang ada di gps cukup jelas untuk menunjukkan jalan Anda sampai tujuan.

Akomodasi

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika Anda tidak punya kendaraan pribadi, jangan khawatir. Anda bisa menaiki kendaraan umum, karena tersedia mobil angkutan yang melayani rute Tuban-Paciran, dan kemudian Anda bisa menaiki delman menuju Pantai Kutang.

Ketika Senja Menyapa | Instagram @heru_satrio_p
Ketika Senja Menyapa | Instagram @heru_satrio_p

Tetapi alangkah lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi agar waktu yang digunakan lebih efektif. Akses menuju Pantai Kutang cukup mudah dijangkau, karena jalan sudah beraspal semua dan mampu dilewati oleh roda dua maupun roda empat.

Jam berkunjung

Para wisatawan biasanya berkunjung jam 6 pagi sampai setelah matahari terbenam yaitu jam 8 malam.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia belum sebagus dan selengkap pantai pada umunya, tapi fasilitas inti sudah tersedia yaitu salah satunya adanya lahan parkir. Lahan parkir yang tersedia tidak terlalu luas karena lahan yang digunakan belum menjadi lahan parkir yang permanen karena wisata ini belum banyak terjamah orang dan pengelolaannya juga belum banyak. Lahan parkir yang digunakan masih menggunakan lahan swadaya dari masyarakat yaitu lahan dari halaman rumah warga.

BacaJuga:  Ranu Bedali, Wisata Indah yang Belum Terkenal Milik Kota Lumajang
Dengan Bersepeda Jauh Lebih Seru | Instagram @onthel_mania_gesikharjo
Dengan Bersepeda Jauh Lebih Seru | Instagram @onthel_mania_gesikharjo

Selain itu tersedia toilet umum yang biasanya digunakan para wisatawan untuk mandi dan berganti pakaian setelah berenang di pantai. Dan tersedia juga warung-warung disepanjang pantai. Jadi jika Anda tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir perut Anda akan kelaparan, karena warung-warung tersebut menjual aneka makanan yang bisa mengenyangkan.

Fokus | Instagram @b.m.prayoga13
Fokus | Instagram @b.m.prayoga13

Untuk penginapan, memang belum ada yang menyediakan penginapan disekitar pantai ini, karena Pantai Kutang yang masih tergolong baru dan belum pernah dipoles oleh Pemerintah Desa setempat atau Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Tips

  • Jangan lupa membawa kamera dengan full batterykarena pemandangan di Pantai Kutang akan membuat Anda tak bosan untuk menghabiskan memory foto Anda.
  • Berkunjunglah saat sore hari, selain agar tidak terkena panas, Anda juga bisa menikmati sunset yang sangat menawan.
  • Bawalah baju ganti jika Anda niat ingin berenang di Pantai Kutang.
  • Para pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan. Jangan meninggalkan bungkus makanan atau minuman disekitar kawasan wisata.
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

3 thoughts on “Apakah Benar Banyak “Kutang” di Pantai Ini? Simak Lebih Lanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.