10 Gambar Pantai Alam Indah Tegal, Lokasi Alamat Wisata, Jam Buka Tutup + Keindahan di Sekitar Area?

Diposting pada
Rate this post

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, 52117
Map: KlikDisini
HTM: Rp 2000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/rizki_purwanto_liem/

Indonesia yang memiliki julukan zamrud khatulistiwa, terbentang di atas samudera luas nan biru dengan garis pantai di bagian utara dan selatan. Tentu saja objek pariwisata yang paling ramai dan juga murah meriah adalah pantai.

Bila kita menyusuri sepanjang jalur pantai utara pun, sudah pasti banyak lokasi pantai menarik. Terdapat di berbagai daerah, salah satunya adalah kota Tegal. Berada di jalur pantura yang sangat terkenal, ternyata Tegal memiliki objek wisata pantai indah.

foto by instagram.com/kris_septian/

Tempat tersebut adalah Pantai Muarareja. Terletak di sebelah Barat PAI atau pantai alam indah. PAI sendiri dikelola secara langsung oleh pemerintah setempat. Sedangkan pantai muarareja masih dikelola oleh masyarakat sekitar.

Kendati demikian sudah banyak pengunjung yang mengunjungi pantai beralamatkan di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal tersebut. Iuran masuk pun hanya dikenakan sebesar dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Pengunjung yang semakin ramai, pun membuat warga sekitar mendirikan warung singgah dengan gazebo untuk istirahat dan makan-makan. Santai sambil memandang sunrise atau sunset tentu akan mendatangkan rasa tenang dan damai dalam diri.

foto by instagram.com/syifa_ziah17/

Di sini Anda juga dapat menemukan hamparan hutan bakau yang masih asri, dengan pohon besar memberikan rasa teduh tersendiri. Selain itu, pengunjung anak-anak juga dapat bermain pasir dengan leluasa.

Berenang di pinggir pantai muarareja juga cukup aman. Jadi, tak perlu ragu untuk bermain air di sini. Asalkan tetap perhatikan keamanan dan keselamatan. Sebaiknya tidak sampai ke tengah lautan.

BacaJuga:  10 Homestay Terbaik di Karimunjawa Mulai Dari Rp.60.000 Saja

Keindahan Alam dan Kehidupan Tradisional

foto by instagram.com/satriyo.io/

Sudah hal umum dan biasa, bahwa sebuah tempat wisata alami nan eksotis berada di sebuah daerah dengan kehidupan yang tradisional. Bukan menolak modernisasi, melainkan hanya mempertahankan sebuah tradisi atau menjaga keaslian alam dari suatu tempat.

Termasuk, pantai muarareja, warga di sekitarnya masihlah menjalankan tradisi. Untuk pekerjaan nelayan pun masih bersifat trafisional. Anda akan mendapati para nelayan tersebut mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berlayar, saat berjalan masuk menuju pantai.

foto by instagram.com/agoes_rifan/

Untuk menuju pesisir, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor, karena kendaraan umum belum ada yang mencapai lokasi tersebut. Bila ingin lebih merasakan suasana alaminya, bisa juga berjalan kaki sampai tujuan.

Paling penting adalah gunakan google maps atau peta online lainnya yang dapat membantu Anda untuk mencapai alamat yang tepat. Namun, kalaupun tidak menggunakannya, Anda juga dapat pada warga sekitar mengenai lokasi pantai. Mereka sangat ramah pada wisatawan.

foto by instagram.com/umiazizah17/

Satu hal unik yang terlihat di bagian pesisir adalah jajaran batu-batu disusun mengarah ke lautan. Hal seperti ini disebut dengan groin, tujuan dibuat seperti demikian, supaya mencegah terjadinya abrasi.

Selain untuk melindungi area pesisir, ternyata batu-batuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai. Duduk di atas batu menikmati indahnya sunset dan semilir angin laut. Ingin memancing juga bisa dilakukan dari sini, pasti akan memberikan sensasi relaxing.

foto by instagram.com/yoio.wangtoro/

Fasilitas yang tersedia di area pantai masih terbatas, karena pengelolaan masih dilakukan oleh penduduk sekitar. Kendati demikian, fasilitas seperti kamar mandi umum, dan area parkir tersedi di sini.

Adapun kelengkapan lain yang dapat dibawa selama di pantai, seperti baju ganti, makanan dan minuman, serta lotion sunscreen. Pasti sangat panas sekali, terutama saat cuaca cerah, sunscreen ini sangat bermanfaat sekali melindungi kulit dari sunburn.

BacaJuga:  Tiket Masuk Taman Sriwedari Solo, Buka Jam? + Sejarah Keistimewaan Asal Usul
foto by instagram.com/wkigraph/

Bila membawa bekal, selalu ingat untuk membuang sampah makanan atau minuman pada tempatnya. Kalaupun tidak ada tempat sampah, sebaiknya dibawa sendiri, kemudian dibuang pada tempat sampah tersedia.

Menjaga kebersihan, memelihara keindahan alam adalah sebuah bentuk usaha untuk mempertahankan keaslian dan keasrian, khususnya pada objek wisata. Bila tempatnya bersih dan indah pasti akan menarik banyak minat pengunjung.

foto by instagram.com/yoio.wangtoro/

Satu lagi, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen cantik selama berada di pantai muarareja. Di sini dapat kita bidik cantiknya pesisir pantai, aktivitas warga sekitar. Serta aktivitas Anda yang sedang bermain air atau pasir di pinggir laut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pantai muarareja, yang katanya akan sama terkenal dengan pantai alam indah Tegal. Di manapun tempatnya, selalu hormati penduduk serta tradisi lokal.

foto by instagram.com/dm_mahendra/
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.