Wisata Pantai Pancur Banyuwangi, Keindahan Tersembunyi Taman Nasional Alas Purwo

Posted on

Lokasi: Jl. Brawijaya no. 20, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 68484
Map: KlikDisini
HTM: Rp 20000
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

foto by instagram.com/imafadilah/

Indonesia memang tak ada habisnya mengenai lokasi wisata, bahkan setiap pergi ke suatu daerah pasti ada saja banyak tempat wisata yang belum terjamah dan masih asli alami.

Paling utama adalah tempat wisata alam, walau tergolong wisata alam, ragam yang ditunjukkan terdapat berbagai macam.

Tempat-tempat tersebut antara lain air terjun, gunung, pantai, danau, hingga padang sabana seperti di Afrika pun ada di negeri zamrud khatulistiwa ini.

Namun, tempat paling sering dikunjungi adalah objek wisata seperti pantai. Mungkin karena kita berada di negara tropis, rasanya akan sangat menyegarkan bila bermain air, dan berenang di dalam air dingin. Kota Banyuwangi, Jawa timur, juga terkenal akan keindahan pantainya.

G-land adalah salah satu objek wisata Banyuwangi, telah terkenal hingga ke mancanegara. Ternyata ada pantai lainnya di Banyuwangi serta tak kalah cantik dan keren, yaitu pantai pancur.

foto by travelingdulu.com

Untuk Anda yang penasaran dengan pantainya, alamat lengkapnya terletak di jalan Brawijaya no. 20, Kalipait, Tegaldlimo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masih dalam satu kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Tepatnya lima kilometer dari pos Rawabendo, dan merupakan pintu masuk dari taman nasional. Bila Anda sudah tiba di resort pancur, cukup berjalan kaki dengan menuruni tangga menuju pantai pancur. Mudah sekali, bukan.

Tempat wisata ini sudah tertata rapi, serta pengelolaannya teratur. Tak hanya oleh pihak taman nasional, melainkan juga kerja sama gotong royong dengan masyarakat setempat, untuk mendatangkan para wisatawan supaya lebih nyaman.

Fasilitas penunjang pun sudah tersedia, yaitu lahan parkir, kamar mandi, mushola, hingga kantin ada sebagai pelengkap kebutuhan pengunjung yang berlibur di sini.

Alasan pemberian nama pantai pancur adalah karena dekat lokasi terdapat sungai kecil yang mengalir dan bermuara layaknya air terjun mini, sehingga terlihat seperti pancuran. Aliran sungai air tawar ini akan terbentuk di pasir dan menuju air laut.

BacaJuga:  Jalan Menuju Rumah Pohon Hutan Pinus Songgon Banyuwangi + Rute Alamat Wisata
foto by rentalmobilbwi.blogspot.co.id

Inilah asal usul dinamakan pantai pancur, kemudian menjadi daya tarik wisata dengan keunikan dan keistimewaannya.

Bila Anda ingin menyusuri laut dapat menyewa kapal dari nelayan setempat. Menikmati semilir angin, sembari mengagumi keindahan pemandangan di sekitarnya. Di atas kapal pun Anda dapat berfoto-foto.

foto by tripadvisor.co.id

Mengabadikan setiap momen berharga adalah hal yang patut disyukuri, karena kita akan mengingat selalu setiap kejadian yang membuat perasaan membuncah.

Selain menampilkan keindahan unik tiada tara, berjalan-jalan sekitar pantai pasti akan membuat badan lelah, belum lagi bila melakukan aktivitas dalam laut seperti snorkeling atau berenang-renang dekat pantai.

Pengunjung tak perlu khawatir tidak ada tempat istirahat, karena banyak terdapat tempat penginapan di sekitar pantai pancur.

Sebagai salah satu pantai tujuan wisata populer, pastinya segalanya telah dipersiapkan dengan lebih baik. Mulai dari fasilitas, sampai akses menuju lokasi.

Lokasinya pun menyatu dengan taman nasional Alas Purwo, jadi Anda dapat langsung mengarahkan kendaraan dengan tujuan taman nasional tersebut.

foto by instagram.com/idoel_tralala/

Pastinya perjalanan Anda akan lebih baik bila menggunakan peta atau google maps menuju lokasi yang telah ditentukan.

Tahukah hal menarik lainnya yang dapat para pengunjung temukan adalah, pengunjung dapat menyaksikan langsung habitat penyu. Tak hanya itu saja, bila beruntung Anda dapat melihat langsung penyu-penyu tersebut bertelur dan berjalan-jalan sekitar pantai.

Seru pasti, sekaligus takjub. Jangan lupa, tempat ini berada dalam kawasan taman nasional yang sangat dilindungi, mohon kebijaksanaan dari para pengunjung untuk menjaga kebersihan tempat serta kelestarian alam dan segala yang berada di dalamnya.

Anda pasti sudah tak sabar untuk menuju pantai tersembunyi ini, bukan. Paling menarik lagi adalah, pantai pancur ternyata tak hanya terdapat di Banyuwangi. Nama pantai pancur dapat kita temukan juga di daerah lain hingga ke negara tetangga.

Walaupun demikian pantai pancur banyuwangi juga unik dan cantik, memberikan keistimewaan tersendiri.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Hijau Slg Kediri, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju Wisata + Jam Buka
foto by instagram.com/rikzahakin/

Jam kunjungan atau waktu buka adalah mulai jam delapan pagi hingga jam lima sore. Harga tiket masuk per orang adalah sebesar Rp 20000, dibayarkan saat tiba di pos Rawabendo.

Tentunya harga ini masih cukup terjangkau, karena Anda akan mendapatkan hal lebih indah dan hebat berada di alam yang cantik.

Menilik Pancuran Alami

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daerah lainnya di indonesia juga terdapat pantai pancur, bahkan tampaknya asal usul penamaan demikian pun sama, yaitu adanya tempat sekitar pantai yang berbentuk pancuran. Mari kita lihat satu per satu.

Pertama adalah pancuran karimunjawa, sekarang dikenal dengan pancuran beach. Masyarakat setempat menamainya dengan pancuran mburi, yang berarti air yang mengalir dari belakang dalam bahasa jawa.

foto by instagram.com/bef_2018/

Berlokasi di kawasan wisata laut terkenal pulau Jawa, yaitu karimunjawa. Tempat ini juga merupakan area taman nasional yang merupakan gugusan kepulauan dengan luas 111.625 hektar dan terdapat 22 pulau yang dapat dijadikan tujuan wisata.

Kembali ke pancuran beach, selama berjalan menuju lokasi, akan melalui jalanan yang agak berbatu, berpasir, bahkan masih berupa tanah liat merah.

Sepanjang perjalanan nanti akan menemukan sumber mata air dari pantai pancuran, dan sebab masyarakat setempat menamainya dengan pancuran mburi.

Sebelum tiba di pantai, ada sebuah pancuran kecil dengan asal aliran air yang berasal dari atas, air tawar.

Aliran air ini juga sangat tergantung pada musim. Saat musim hujan, tentunya aliran air akan deras, berbeda saat musim kemarau. Jadi inilah sumber mata air dari pancuran beach karimunjawa.

Beralih ke lokasi lainnya, sekarang ke Lampung, nama tempatnya adalah Pantai Pancur Permai. Tepatnya di Desa Sukarame, Pundu Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Area Pesawaran memang terkenal oleh para wisatawan akan keindahan alamnya.

Kawasan Pancur Permai pun sudah cukup terkenal juga. Tempatnya nyaman, semilir angin pantai dan ombak yang tidak terlalu tinggi. Cukup aman untuk berenang di sini, namun tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan.

BacaJuga:  Harga Menu Pondok Indah Banyuwangi, Lokasi Resto Cafe di Persawahan
foto by instagram.com/anika_putri95/

Daerah lainnya memiliki nama yang sama, namun berbeda konsep. Bila yang telah disebutkan sebelumnya adalah asli objek wisata alam yaitu pantai.

Berbeda dengan yang ada di sumatera utara, tepatnya di jalan wisata alam, desa Sukarende, kecamatan Kutalimbaru, Pancur batu, Salam Tani, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tempat ini merupakan kompleks wisata alam yang menyediakan berbagai macam wahana yang dapat dilakukan berkelompok. Nama tempatnya adalah Armaya Wisata Alam.

foto by armayawisata.blogspot.co.id

Kompleks wisata alam tersebut ramai akan kunjungan terutama saat musim liburan dan hari libur. Di sini ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan seperti memancing hingga bermain bersama kuda-kuda di areal peternakan kuda.

Mulai buka dari jam delapan pagi sampai jam lima sore. Itu semua adalah ‘pancuran’ yang berada di wilayah Indonesia, masih ada pancuran lainnya, sekarang berada di negara tetangga.

Pantai Pancur Hitam, Pulau Labuan Malaysia, bagian pesisir utara, tepatnya wilayah Kampung Pohon Batu, Labuan, Malaysia.

foto by labuan.attractionsinmalaysia.com

Pantai yang pernah mendapat penghargaan clean beach dari United Nation COBSEA tahun 2008 ini adalah surga bagi para wisatawan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Tak hanya itu saja, pantai pancur hitam sampai mendapat julukan House of Millions Peace, alasannya adalah banyak jutawan yang membangun rumah mewah mereka di tepi pantai.

Banyak pilihan untuk menuju pancuran segar. Semuanya memiliki karakteristik masing-masing hingga mampu menarik minat wisatawan. Tinggal luangkan waktu untuk berlibur sejenak dari rutinitas harian Anda. Dijamin seru dan akan ketagihan untuk datang ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.