Inilah 9 Alasan Mengapa Pantai Sawarna Wajib Dikunjungi

Diposting pada
foto by instagram.com/chitraachiet

Provinsi Banten memang sudah terkenal sejak dahulu, namun untuk tempat wisata masih dinilai kalah dari Bandung dan Bogor. Padahal, Banten tepatnya di Kabupaten Lebak, memiliki potensi wisata alam yang sangat memukau, yaitu Pantai Sawarna.

Pantai Sawarna menjadi sangat istimewa. Karena tempat ini tidak hanya sebagai objek wisata menarik, melainkan sebagai pantai yang membentangkan wilayah pantai di Banten.

Sehingga, kawasan ini memiliki beberapa pantai menarik. Dan inilah 9 hal yang menjadi alasan objek wisata ini wajib dikunjungi.

foto by instagram.com/explore_sawarna

1. Pantai Tanjung Layar

Yang menjadi ikon di Pantai Tanjung Layar adalah keberadaan karang raksasa yang ada di tengah laut. Karang raksasa ini seolah menjadi magnet bagi pengunjung.

Dan benar saja, pengunjung yang datang selalu menyempatkan berfoto dengan latar belakang batu karang tersebut.

Selain indahnya pantai, karang ini menjadi pelengkap keindahan pesona alam Tanjung Layar. Ditambah lagi, ombak yang mengenai batu karang seolah sebagai penghalang datangnya ombak besar ke bibir pantai.

2. Ada Hubungan dengan Legenda Sangkuriang

Menurut legenda, ternyata dua batu karang raksasa tersebut ada hubungannya dengan legenda Sangkuriang. Kapal yang telah dibuat Sangkuriang untuk menikah dengan sang ibu, Dayang Sumbi, ternyata layarnya menjadi batu karang di Tanjung Layar.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Citra Raya World of Wonders Tangerang

Sang Hyang Widi murka karena tidak setuju denga pernikahan Sangkuriang. Konon, kapal yang telah dibuat tersebut ditendang ke sebelah utara menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Dan sisi satunya ditentang ke bagian selatan hingga menjadi karang di Pantai Tanjung Layar.

3. Pantai Karang Taraje Sawarna

Pantai Karang Taraje Sawarna memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Air laut dan pasir yang lembut seolah menjadi tanda bahwa pantai ini benar – benar indah dan layak dikunjungi.

Selain itu, di sini juga terdapat deretan batu karang yang bertingkat – tingkat. Bentuknya seperti tangga. Ketika ombak menghantam di satu sisi, maka kemudian air akan turun di sisi yang lainnya menuruni tangga seolah seperti air terjun.

4. Pantai Karang Seupang Sawarna

Di sini, pantainya begitu bersih dan indah. Tak sedikit wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini. Letaknya tidak jauh dari Desa Sawarna dan masih termasuk dalam kawasan Pantai Sawarna.

5. Pantai Teluk Legon Pari Sawarna

Jika Anda ingin menyaksikan indahnya matahari terbit, Anda dapat mengunjungi Pantai Teluk Legon Pari Sawarna. Tempat ini menjadi pilihan para wisatawan, karena lebih dekat dan kendaraan dapat menuju langsung ke objek wisata ini.

6. Pantai Karang Bokor Sawarna

Di sini tepat bagi Anda yang tidak ingin keramaian, karena di Pantai Karang Bogor Sawarna masih kurang populer. Pengunjungnya relatif sedikit, jadi Anda dapat bersantai dengan tenang. Meski begitu, keindahan alamnya tidak dapat diragukan.

7. Pantai Ciantir Sawarna

Pantai Ciantir Sawarna memiliki ombak yang tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk berselancar. Banyak wisatawan yang datang untuk berselancar atau belajar selancar.

Selain itu, Pantai Ciantir Sawarna lebih cocok dikunjungi saat sore hari. Hal ini dikarenakan, objek wisata ini memiliki spot melihat matahari terbenam yang sangat inda. Abadikan momen indahnya matahari terbenam ini dengan kamera.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Umang Resort Banten Ujung Kulon - Paket Tiket Masuk Wisata Murah Honeymoon

8. Lokasi Mudah Dicapai

Pantai Sawarna berada di Jalan Sawarna KM.12 No.1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Untuk menuju ke sini sangatlah mudah. Akses jalan juga sudah baik, jadi tidak perlu khawatir kenyamanan akan hilang di perjalanan.

9. Memiliki Banyak Gua

Selain memiliki banyak pantai, kawasan wisata Sawarna juga memiliki wisata gua. Diantaranya terdapat Gua Langir, Gua Seribu Candi, Gua Kanekes, Gua Harta Karun, serta Gua Lalay.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.