Pantai Surumanis, Surga Tersembunyi di Kota Kebumen Jawa Tengah

Posted on
Pantai Surumanis, Surga Tersembunyi di Kota Kebumen Jawa Tengah
Rate this post

Lokasi: Dusun Pasir, Kec. Ayah, Kab Kebumen, 54473, Jawa Tengah, Indonesia
HTM: Rp 5.000 per orang
Buka/Tutup: 24 jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/putryanatha12/

Satu lagi objek wisata yang berupa pantai di Pulau Jawa, yakni Pantai Surumanis yang terletak di ujung selatan Kota Kebumen. Pantai tersembunyi ini masih sangat asri karena, selain lokasinya yang sangat tepencil juga karena jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Medan yang harus dilalui wisatawan untuk mencapai lokasi pantai ini pun terbilang sulit. Namun, tak perlu khawatir karena kelelahan Anda akan terbayar dengan pemandangan air biru kehijauan yang memesona.

Lokasi Pantai Surumanis

foto by instagram.com/supry_ono093/

Wisata ini terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, tepatnya berada di perbatasan Desa Pasir dan Desa Srati.

Pantai Surumansi merupakan salah satu pantai yang terletak di Kebumen dan cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata yang menarik dan tidak monoton,

karena lokasinya yang berdekatan dengan objek wisata pantai lainnya, seperti Pantai Menganti, pantai pecaron dan pantai karang pengantin.

Keindahan Wisata

foto by instagram.com/oes.jhun/

Pemandangan pantai sepanjang 600 meter ini memang tak perlu diragukan. Bahkan menurut pengunjung yang pernah datang ke lokasi ini, wisata ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pemandangan di Tanag Lot, Bali.

Pasalnya, pantai ini berada di perbukitan yang menampilkan pemandangan tebing-tebing hijau. Dengan suasana seperti ini, tentunya akan membuat perasaan Anda menjadi lebih rileks.

Tak hanya itu saja, di lokasi ini terdapat karang dan bebatuan yang banyak tersebar di hampir sepanjang garis pantai. Kurangnya wisatawan yang berkunjung membuat pantai ini masih terlihat alami sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan suasana liburan yang tenang dan damai.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Gombong Lepas Kunci Tarif Harga Murah
foto by instagram.com/habibullahalfaruq/

Untuk Anda yang hobi fotografer, tak perlu khawatir karena di pantai Surumansu ini terdapat banyak spot yang sangat fotogenik, jadi pastikan untuk ingat membawa perangkat fotografi Anda.

Hanya saja, untuk mencapai pantai ini dibutuhkan perjuangan karena Anda harus menuruni bukit yang ada di sekitar pantai ini. Oleh karena itu, gunakan alas kaki yang nyaman agar Anda bisa menuruni bukit dengan mudah.

Fasilitas Pantai Surumanis

foto by instagram.com/oes.jhun/

Meski baru dibuka pada akhir 2017 lalu, namun objek wisata Pantai Surumanis terbilang sukses menyedot perhatian pengunjung, meskipun tidak seperti Pantai Lampon yang sudah lebih dahulu dikenal.

Selain itu, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah wahana baru untuk menambah kenyamanan saat berkunjung, seperti rumah pohon, jembatan setengah lingkaran, wahana burung elang dan goa yang berhadapan langsung dengan laut.

foto by instagram.com/putryanatha12/

Selain panorama alam, di Pantai Surumanis pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas tradisinola Jawa Tengah, seperti lontong sayur, pecel, dan mendoan hangat serta minuman segar yang akan membuat liburan semakin sempurna.

Tak perlu khawatir dengan harga, karena makanan dan minuman yang disajikan para pedagang yang berada di pinggir pantai dibanderol dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp 2ribu hingga Rp 10 ribu saja.

Spot Terbaik Untuk Foto

Selain menawarkan pemandangan perbukitan yang hijau, di Pantai Surumanis juga terdapat objek foto yang sangat instagramabl, yakni spot rumah pohon. Dengan nuansa cat warna-warni, membuat rumah pohon ini sangat cocok dijadikan spot foto. Belum lagi latar belakang birunya laut membuat siapa saja tertarik mengabadikannya dalam kamera. Selain bisa dijadikan objek foto, rumah pohon ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Kebumen.

BacaJuga:  Mau Makan, Bermain Atau Berenang Dalam Satu Lokasi? Kunjungi Umbul Sidomukti Semarang
foto by instagram.com/nyingnying_31/

Tak cukup hanya satu post foto saja? Anda bisa mencoba spot lain yang tak kekiniannya, yakni gardu pandang berbentuk lambang love atau berfoto di atas batu karang sambil memandang pantai dari ketinggian.

Rute Menuju Pantai Surumanis

Untuk mencapai lokasi Pantai Surumanis, Anda bisa bertolak dari kota Gombong dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

foto by instagram.com/danang.setiadi/

Perjalanan akan memakan watu tempuh sekitar 45 menit. Jika Anda ingin menumpang angkutan umum, Anda harus membayar ongkos sebsar Rp 15 ribu dari jalan raya Gombong, kemudia lanjutkan perjalanan bisa dengan berjalan kaki dan bisa juga menggunakan ojek ongkos Rp 10 ribu untuk sampai di lokasi Pantai Surumanis.

Namun, jika Anda bertolak dari Kebumen, silahkan menuju ke Terminal Ayah untuk emcari angkutan umum yang bisa Anda tumpangi hingga ke lokasi Pantai Surumanis.

Namun, sebelumnya Anda harus menuju Pantai Pecaron terlebih dahulu. Dari sana Anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilomter untuk mencapai pantai Surumanis. Tak perlu khawatir, keindahan alam yang tersaji di depan mata akan menemani Anda di sepanjang jalan.

foto by instagram.com/cklgingsull__/

Untuk itu, jangan lupa persiapkan fisik dan gunakan pakaian yang tidak mempersulit pergerakan ketikan berjalan menuju ke pantai Surumanis.

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis

foto by instagram.com/wisatapantaisurumanis/

Untuk bisa menikmati keindahan alam tempat tersebut, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5 ribu per orang.

Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan adalah Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua. Tarif ini sudah termasuk terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang sulit ditemui di objek wisata lainnya.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  10 Gambar Candi Lumbung Klaten, Lokasi Alamat, Penginapan di Sekitar Area + Penemuan Pendiri Pembuat Prasasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.