10 Gambar Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan + Harga Tiket Masuk Taman

Diposting pada
4.5
02
Penangkaran buaya asam kumbang harga tiket masuk taman medan alamat sunggal sejarah peta lokasi gambar latar belakang biaya kota sumatera utara lepas
Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan, foto: detik.com

Lokasi: Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20128
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 6000/ Orang
Buka/Tutup: 08.00–17.00
Telepon: 0852-7554-2287

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Untuk pecinta binatang khususnya binatang reptil buaya, datang saja ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan. Ini merupaka taman reptil terbesar tidak hanya se Medan namun se Indonesia.

Taman penangkaran ini cocok sekali sebagai wisata keluarga mengajak anak-anak turut serta. Terdapat ribuan buaya di taman ini. Alamat penangkaran buaya asam kumbang berada di Jl. Bunga Raya 2 No. 54 Sunggal, Kel. Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara sedangkan info peta silahkan klik ‘map’ diatas.

pertunjukan buaya, foto: 1001wisata.com

Disini dapat ditemui sekitar 3000an ekor buaya dari ukuran terkecil hingga terbesar. Taman penangkaran buaya ini menurut sejarah telah berdiri sejak tahun 1959 diatas tanah dengan luas hingga 2 Ha. Pendirinya adalah Lo Than Mok.

Di penangkaran buaya asam kumbang telah membuahkan ribuan ekor buaya siap bereproduksi. Makanan yang dihabiskan buaya-buaya disini mencapai 1 ton daging bahkan lebih setiap harinya.

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini juga menjadi salah satu ikon dari kota Medan. Untuk para wisatawan yang kebetulan sedang berada di Medan sangat disayangkan jika tidak berkunjung kesini karena tidak akan Anda temui ribuan buaya di satu lokasi di kota manapun di Indonesia. Jadi, sempatkanlah untuk menghabiskan liburan Anda disini.

proses pembersihan kolam buaya, foto: wisatatiga.com

Tidak hanya melihat ribuan buaya yang kebanyakan berasal dari jenis buaya muara namun pengunjung juga dapat menikmati kebun binatang mini. Kebun binatang mini didalam area taman penangkarang diisi oleh binatang-binatang seperti ular Phyton juga ada ular cobra, monyet, kura-kura, penyu.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Mangrove Medan Deli Serdang: Wisata Alam Sumatera Utara

Selain itu terdapat ratusan bangau putih yang terbang bebas diatas area kolam besar penangkaran. Meskipun telah ada pengamanan ketat dari pengelola penangkaran alangkah lebih baik jika para pengunjung juga selalu waspada.

Kelihatannya buaya-buaya tersebut tenang diam bahkan tidur tapi dapat sewaktu-waktu lepas mengamuk dan menerkam siapapun yang mengganggunya. Tempat ini berkembang lumayan cepat dari tahun 1960’n sehingga kemudian diputuskan menjadi objek wisata yang dibuka untuk umum.

bayi buaya yang baru menetas, foto: medantoday.com

Selain terpesona melihat  ribuan ekor buaya dari beragam jenis, umur dan ukuran yang terletak di penangkaran ini, Anda akan kagum dengan keindahan taman serta kebersihannya. Untuk menyusuri setiap spot di taman penangkaran buaya terbesar se Indonesia ini butuh waktu satu jam lebih sekitar 75 menit termasuk di kebun binatang mininya.

Ada buaya yang cukup jinak disini jadi saat beruntung dapat pula berpose dengannya dan tentu harus didampingi pawang. Monyet yang terdapat di kebun binatang ini area taman penangkaran sangat pintar dan jinak. Saran untuk Anda yang ingin kemari sebaiknya menggunakan topi atau payung saat musim panas karena sinar matahari cukup menyengat.

buaya-buaya yang ada di penangkaran, foto : astalavistainfo.blogspot.co.id

Selain itu bawa serta masker wajah untuk Anda yang sensitif terhadap bau, karena baunya cukup menyengat disini. Bagi yang tidak masalah dengan panas ataupun bau, cukup bawa uang dan kondisi tubuh yang fit agar tidak cepat capek saat berjalan-jalan mengeksplor Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Harga Tiket Masuk

penangkaran buaya muara, foto: winnyradc.files.wordpress.com

Harga tiket masuk taman penangkaran buaya asam kumbang Medan sebesar Rp. 6000 per orang. Biaya masuknya cukup murah, bukan? Tempat pembelian tiket ada di kedai kecil bukan seperti tempat loket karcis pembelian tiket masuk pada umumnya. Para penjaga taman penangkaran biasanya memberi makan ribuan buaya kelaparan ini jam 5 sore hari.

BacaJuga:  7 Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Medan

Ketika telah masuk lewat pintu samping, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan penampungan buaya dalam setiap bak. Ada sekitar 10 ekor buaya per bak. Penempatan ini berdasarkan dari usia tiap buaya. Jika dilihat secara sekilas kelihatannya mereka serupa patung tak bergerak. Mereka diam, tenang, mulut menganga bahkan matanya saja tak bergerak sedikitpun.

buaya sedang melahap ayam, foto: medantoday.com

Namun, ingat jangan coba-coba mendekatinya atau melemparkan apapun baik makanan atau lainnya. Mereka yang awalnya diam dapat saja tiba-tiba menjadi buas dan menyambar dengan seketika. Di taman penangkaran ini terdapat kamera CCTV di sudut-sudut taman.

Semua aktivitas tidak hanya buaya namun juga pengunjung berada dibawah pengawasan petugas. Dahulu terdapat buaya yang umurnya mencapai 78 tahun. Namun, sekarang rata-rata buaya yang ada di penangkaran asam kumbang mencapai 42 tahun.

proses pemeriksaan kesehatan buaya, foto: timesofoman.com

Di taman penangkaran ada sebuah lokasi favorit para pengunjung mengambil gambar dengan latar belakang buaya buntung. Buaya buntung ini adalah seekor buaya biasa namun tak berekor dan buaya ini juga melakukan atraksi. Untuk menikmati suguhan atraksinya, pengunjung harus membeli seekor ayam atau dapt juga menggunakan itik seharga  Rp. 35.000.

Oleh si petugas atau pawang buaya yang menjaga disini dilemparkan langsung ayam atau itik itu dengan hidup-hidup kedalam kolam rawa yang warnanya hijau berlumut. Seketika itu, sang buaya yang tak bergerak langsung beringas, berenang dengan super cepat menerkam mangsanya.

suasana pada saat pemberian makan buaya, foto: portalwisata.co.id

Jika di daratan buaya tidak bergitu cepat berjalan, namun beda halnya jika diair atau kolam mereka menjadi perenang hebat terutama untuk menerkam mangsa. Buaya memang tergolong predator buas yang tidak akan melepaskan mangsa incarannya dengan mudah.

Taman Penangkaran Buaya di Indonesia

Ternyata tidak hanya di Medan saja terdapat lokasi penangkaran buaya meskipun tidak sebesar dan seluas disana namun ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki taman serupa, diantaranya adalah Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Nias Harga Murah

Koleksi buauya yang ada di taman ini hingga 500 ekor buaya bahkan lebih. Ratusan buaya ini dari ukuran terkecil baru menetas sampai yang tertua usia sekitar 40 tahun-an. Kini sedikit sekili buaya yang usianya dapat mencapai 70 tahunan.

daya tarik penangkaran buaya asam kumbang, foto: ceritamedan.com

Ditaman ini, buaya-buaya jika sedang tidak berendam dalam kolam agar tubuhnya dingin, mereka berjemur ditepi kolam. Para pengunjung yang datang dapat mengamati ratusan ekor buaya di pinggiran kandnag tanpa khawatir kepanasan karena terdapat atap diatasnya.

Terdapat juga Penangkaran Buaya Teritip yang berada di Jalan Mulawarman No. 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Ini adalah taman penangkaran  buaya sekaligus tempat wisata yang luas lahannya mencapai 3 hektar. Jumlah koleksi buaya di tempat ini sekitar 1700 ekor.

Terdapat beberapa jenis buaya yang dikembangbiakkan di Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan yaitu jenis buaya rawa, tawar dan juga supit. Buaya Supit ini merupakan satwa yang dilindungi dikarenakan populasi buaya supit semakin menipis ditakutkan jika hal tersebut terus berlangsung keberadaannya akan punah.

Disini, buaya-buaya juga akan diproses. Maksudnya adalah proses pengambilan kulit atau pengolahan daging, lemak serta empedunya. Hampir seluruh bagian tubuh buaya akan diproses. Namun buaya yang diproses ini hanya buaya muara saja. Kulit-kulit buaya akan diolah menjadi produk fashion seperti dompet, tas, sepatu dll.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Gambar Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan + Harga Tiket Masuk Taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.