Wisata PRPP Semarang, Tiket Masuk Gedung 2017 + Lokasi Alamat Peta

Posted on
Prpp semarang 2017 gedung tiket masuk wisata lokasi alamat info jadwal job fair kawasan tahun peta november juli adalah hari ini agustus jateng acara arah agenda convention centre dimana drag daerah bike foto festival google maps gambar giant hall htm hiburan hino indonesia iven isi juni jalan kota kepanjangan kasus kecelakaan komplek kantor karnaval lampion loker map mei marina maerokoco mangrove monata
Pintu Masuk ke PRPP. Foto: sitekno.com

Lokasi: Jalan Anjasmoro – Tawangsari, Semarang Barat, Kota, Jawa Tengah 50144, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 7.000 (Senin – Sabtu), 8.000 (Minggu dan Libur Nasional)
Buka/Tutup:
07.00 – 21.00 WIB
Telepon:
+62 24 7617433

Semarang memiliki banyak kawasan wisata yang siap memanjakan para turis yang memutuskan untuk berlibur ke ibukota Jawa Tengah atau Jateng ini. Mulai dari kawasan wisata alam hingga kawasan wisata sejarah bisa ditemukan di sini. Apalagi Semarang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Jogja dan juga beberapa kota lainnya di Jawa Tengah.

Selain kawasan wisata alam, di sini para wisatawan juga bisa menemukan kawasan wisata untuk keluarga berupa taman rekreasi. Tentu saja memberikan keasyikan tersendiri kepada para wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga di kota penuh sejarah ini. Salah satu kawasan wisata keluarga yang bisa dikunjungi adalah PRPP Semarang yang siap memanjakan para pengunjung.

Acara Jateng Fair di PRPP. Foto: solopos.com

Mengenal Sejarah PRPP

Kawasan wisata keluarga PRPP Semarang ini memiliki kepanjangan yaitu Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan Jawa Tengah. Sebelumnya kawasan wisata PRPP Semarang ini memiliki nama yaitu Pekan Raya Semarang atau PRS. Pekan Raya Semarang atau PRS ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kotamadya Tingkat II Semarang untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekitar.

Acara ini pertamakali diperkenalkan kepada masyarakat kota Semarang di tahun 1970. Kala itu digelar pada bulan Agustus guna menyambut perayaan HUT RI. Dan di tahun 1980 akhirnya nama dari Pekan Raya Semarang ini dirubah oleh pemerintah setempat menjadi Pekan Raya dan Promosi Pembangunan atau disebut pula dengan nama PRPP.

Setelah itu dibentuklah sebuah yayasan yang bertujuan guna mengelola PRPP tersebut. Dibentuknya Yayasan PRPP ini tentu saja membuat PRPP kembali berbenah. Salah satu hal yang dilakukan adalah memindahkan lokasi PRPP dari kawasan TBRS menuju ke Kawasan Tawang Mas Semarang.

Di tahun 1985 ini PRPP memiliki nilai dan juga potensi yang sangat besar guna sarana promosi dan juga pembangunan Jawa Tengah serta mempromosikan area perdagangan dan juga perindustrian serta kerajinan rakyat. Selain itu juga untuk mempromosikan dunia kepariwisataan kota Semarang kepada para wisatawan.

Ada banyak event yang digelar di sini setiap bulan seperti acara kemerdekaan di bulan Agustus. Lalu ada event menyambut Lebaran di tahun 2017 lalu di bulan Mei, Juni dan Juli serta acara akhir tahun di bulan November dan juga Desember. Setiap minggu bahkan ada pertunjukkan musik baik itu dangdut hingga musik lainnya. Untuk dangdung biasanya Orkes Monata yang kerap mengisi acara di sini.

PRPP ini juga menyediakan berbagai macam kebutuhan serta fasilitas yang bisa disewa untuk acara dan juga festival serta promo lainnya. Seperti festival lampion, karnaval, pameran kendaraan berat seperti hino hingga acara job fair di area gedung atau convention hall serta komplek kantor hingga giant hall.

Di Giant Hall serta Convention Center ini kerap dijadikan tempat untuk membuka lowongan kerja atau loker dari para perusahaan skala multi nasional yang mencari para pekerja. Tentu saja info agenda dan jadwal dari event tersebut bisa diketahui melalui situs dari PRPP atau menghubungi langsung.

Air mancur di PRPP. Foto: visitcentraljava.com

Wahana di Grand Maerokoco

Salah satu area yang bisa dikunjungi di PRPP ini adalah Grand Maerokoco. Untuk masuk ke area ini para wisatawan harus membayar tiket masuk ke PRPP seharga 7 ribu untuk hari biasa dan 8 ribu untuk hari Minggu. Sementara untuk masuk ke Grand Maerokoco ini para wisatawan harus membayar lagi tiket masuk dengan harga atau htm sebesar 10 ribu.

Di area Grand Maerokoco ini para wisatawan bisa menemukan aneka wahana yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung bersama keluarga. Salah satunya adalah Taman Mini Jawa Tengah. Di sini para pengunjung akan diajak untuk mengelilingi daerah Jawa Tengah dan juga kota-kota di sekitarnya dengan cukup cepat.

Di Taman Mini Jawa Tengah ini para pengunjung akan diajak untuk mendapatkan pengalaman dan juga wisata edukasi dengan berkunjung ke 35 anjungan rumah adat di sekitar Jawa Tengah. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi para wisatawan yang berkunjung bersama anak-anak. Di sini semua informasi dan edukasi mengenai budaya Indonesia bisa didapatkan dengan mudah.

Selain Taman Mini Jawa Tengah, para wisatawan juga bisa menikmati wisata perahu. Para pengunjung nantinya akan mengelilingi sebuah danau yang merupakan miniatur dari Laut Jawa. Para wisatawan akan menggunakan perahu dan akan diajak mengelilingi miniatur Laut Jawa ini bersama pemandangan tanaman mangrove yang indah dan juga trekking mangrove dengan adanya ikan bandeng loncat yang siap memanjakan para wisatawan.

Pintu Gerbang Utama PRPP. Foto: pusvitasari.com

Sementara wahana kereta mini di Grand Maerakaca ini juga sudah menyediakan wahana kereta mini yang bisa dipakai oleh para wisatawan guna berkeliling dan juga mengetahui anjungan serta rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Taman Mini Jawa Tengah ini memang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah.

Selain beberapa wahana tersebut, para wisatawan juga bisa mencoba Trekking Mangrove. Wahana ini tentu saja menjadi salah satu wahana yang sangat hits banget bagi para wisatawan terutama anak muda yang gemar berburu atau hunting foto dan juga gambar. Wahana Trekking Mangrove ini memang menjadi wahana paling favorite di area Grand Maerakaca. Area mangrove memiliki lahan yang cukup luas dengan menyajikan panorama serta pemandangan yang eksotis dan juga indah. Tentu saja memberikan tampilan untuk gambar dan juga foto yang sangat pas. Tidak heran banyak para wisatawan mengunjungi wahana Trekking Mangrove ini.

PRPP yang letaknya berdekatan dengan Pantai Marina Semarang ini memang mampu mengundang para wisatawan. Setelah Trekking Mangrove menjadi wahana yang difavoritkan para pengunjung, ada lagi area yang kerap menjadi incaran para wisatawan. Yaitu Café Jembatan Harapan dan Wall of Hope. Di sini menjadi tempat yang pas untuk kongkow atau nongkrong sembari selfie dan juga wefie guna mengabadikan momen liburan. Sementara di ujung dari Café Jembatan Harapan ini para pengunjung bisa menulis harapan mereka.

Di Grand Maerokoco ini para wisatawan juga bisa melihat gambar-gambar 3D. Di wahana Spectomata 3D ini para wisatawan bisa menemukan gambar-gambar latar belakang 3 dimensi yang sangat menarik. Tentu saja tagline dari Spectomata yang berbunyi Puaskan Narsismu ini di peruntukkan kepada para wisatawan yang ingin narsis dan berfoto selfie dan mengambil gambar liburan di sini. Ada banyak gambar background 3D yang unik dan juga menarik. Hal ini membuat para pengunjung semakin dimanjakan dengan keunikannya.

Permainan lampu di PRPP. Foto: tribunnews.com

Bagi yang ingin menikmati wisata edukasi, bisa menuju ke gedung Jateng Science Center. Di sini para wisatawan akan mendapatkan informasi dan juga edukasi di sektor science atau ilmu pengetahuan. Tentu saja belajar mengenai science hari ini tidak lagi membosankan dimana para wisatawan bisa melakukan berbagai macam eksperimen dengan alat peraga yang sudah disediakan di Jateng Science Center ini. Para pengunjung anak-anak bisa mendapatkan ilmu dan edukasi dengan mudah

Sementara area outbound untuk anak-anak juga terdapat di daerah wisata ini. Wahana Outbound ini masih berada di area Jateng Science Center. Yang membuat wahana ini cukup menarik adalah banyaknya permainan petualangan yang bisa dimainkan oleh anak – anak. Di sini para pengunjung anak-anak bisa berpetualang dengan bermain di wahana seperti jaring laba – laba dan juga menyebrangi jembatan gantung.

Selain itu para anak-anak akan diajak untuk masuk ke dalam terowongan gantung yang menyenangkan. Tentu saja ada banyak keseruan yang bisa dirasakan oleh para pengunjung. Area outbound untuk anak – anak ini siap untuk melatih anak-anak guna bermain tantangan dan juga melatih motorik serta merangsang kreatifitas pada diri anak.

Eksotisme air mancur di PRPP. Foto: panoramio.com

Mencoba Wisata Aktifitas dan Kreatifitas

Selain petualangan, para pengunjung juga bisa mengajak putra dan putri mereka untuk menikmati wisata aktifitas. Di wisata aktivitas ini para pengunjung bisa mengajak putra dan putri mereka untuk berkebun dan juga menangkap ikan. Di kegiatan berkebun ini para pengunjung anak-anak akan diajak mengenai cara bercocok tanam dan juga mengenal jenis-jenis sayuran. Sementara di wahana menangkap ikan tersebut para pengunjung anak-anak bisa mendapatkan informasi mengenai jenis-jenis ikan yang ada di sini.

Setelah puas berpetualang dan belajar di wisata aktifitas, para pengunjung bisa mengajak kembali putra dan putri mereka untuk mencoba wisata kreatifitas. Isi dari wisata kreatifitas ini adalah para pengunjung anak-anak akan diajak untuk menghias kue yang bisa dikreasikan sesuai imajinasi dari anak-anak tersebut.

Sementara kegiatan lain yang juga bisa dilakukan oleh anak-anak adalah dengan membuat roket air. Di sini para wisatawan akan diajak untuk berkerasi dan juga melatih kejelian serta ketelitian dan juga ketekunan guna memperkenalkan ilmu pengetahuan lebih dini. Tentu saja menjadi hiburan tersendiri untuk anak-anak.

Selain wahana aktifitas dan juga wahana kreatifitas, di sini para wisatawan juga bisa mengajak anak-anak mereka untuk mengikuti lomba. Hal ini tentu saja guna menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga percaya diri serta jiwa yang berkreasi dan berprestasi kepada anak-anak. Tentu saja hal ini bisa memberikan kemampuan orang tua guna mengukur kadar kemampuan anak dalam hal berprestasi serta kepercayaan diri mereka.

Permainan lampu dan air mancur di Jateng Fair. Foto: tribunnews.com

Melalui wahana aktifitas dan kreatifitas serta perlombaan yang ada di sini tentu saja sudah siap guna mengajarkan para pengunjung anak-anak untuk berlaku sportif dan juga fair dalam berlomba. Satu hal lagi yang tentu berguna bagi anak-anak adalah dengan menerima kekalahan ketika lomba.

Dengan melakukan perlombaan dan juga kompetisi, tentu saja bisa membangun semangat dan juga memberikan peluang kepada anak-anak untuk berjuang dan juga melatih mental mereka sedari dini. Ada berbagai macam perlombaan seperti lomba bakiak, mengisi air ke dalam pralon dan juga memindahkan bola. Para orang tua dilarang untuk ikut berpartisipasi atau membantu. Cukup memberikan semangat kepada anak-anak untuk mendapatkan hasil yang terbaik selama perlombaan tersebut berlangsung di kawasan wisata ini.

Air mancur Jateng Fair PRPP. Foto: tribunnews.com

Malam Mingguan di M2M

Salah satu wahana yang juga diincar oleh anak muda dan juga beberapa komunitas di Semarang adalah M2M yang letaknya berada di Grand Maerakaca. Di sini para pengunjung bisa menemukan berbagai komunitas dan juga anak-anak muda yang ingin mengembangkan bakat mereka. Di sini ada banyak komunitas seperti komunitas art, heritage hingga sport dan juga fashion serta kuliner ikut serta dalam komunitas di M2M ini.

Tentu saja hal ini untuk memberikan gairah malam minggu yang positif kepada generasi muda di kawasan Grand Maerokoco atau PRPP ini. Sebuah langkah yang cukup cerdas dilakukan oleh PRPP untuk menggandeng berbagai macam komunitas anak-anak muda dari berbagai belahan kota Semarang untuk mendukung industri pariwisata kota Semarang terutama di PRPP serta Grand Maerokoco tersebut.

Gapura di pintu masuk PRPP. Foto: panoramio.com

Sirkuit di PRPP

Kawasan wisata PRPP ini juga menyewakan area indoor dan juga outdoor. Biasanya area indoor dikhususkan untuk acara pernikahan dan juga annual meeting sebuah perusahaan. Ada banyak pilihan gedung di area indoor seperti Balai Merapi dan juga Balai Merbabu serta Balai Sindoro. Sementara untuk area outdoor sendiri lebih dikhususkan untuk kegiatan balap motor atau drag bike.

Meski kerap terjadi kecelakaan di arena balap motor dan drag bike tersebut, tidak menyurutkan panitia dan juga anak muda kota Semarang dan Indonesia untuk terus berpacu dengan motor-motor mereka. Kasus kecelakaan memang kerap terjadi di ajang drag bike tersebut. Oleh sebab itu pengelola dari PRPP ini mempersilahkan area outdoor digunakan untuk menggelar acara balap motor drag bike tersebut selama tingkat keamanan diperhatikan lebih baik. Hal ini tentu saja untuk mengembangkan bakat-bakat anak-anak muda Semarang.

Para wisatawan juga bisa ikut menonton acara balap motor tersebut. Untuk mendapatkan informasi dan juga agenda mengenai acara balap tersebut para wisatawan bisa menghubungi langsung pengelola dari PRPP tersebut.

Panorama cantik di PRPP. Foto: tukanginfo.me

Akses menuju ke PRPP

Kawasan wisata PRPP ini letak dan lokasi serta alamatnya berada di jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari. Tentu saja letaknya sangat mudah untuk dijangkau. Ada banyak kendaraan umum yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menuju ke kawasan wisata ini. Sementara bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan aplikasi Google Map yang siap memberikan informasi berupa denah, map dan juga peta dari kota Semarang tersebut.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum seperti bis, bisa mencari informasi lebih detail mengenai jalur-jalur bis di kota Semarang. Bagi para wisatawan yang berangkat dari arah Soto Ayam Mbak Lin, bisa menggunakan bus koridor 1 yang akan bergerak ke arah Terminal Mangkang yang akan melewati kawasan wisata PRPP tersebut. Sementara bagi yang berangkat dari Arjuna Lounge, bisa menggunakan bis Koridor 4 yang akan melewati Terminal Mangkang. Bis jalur ini juga akan melewati kawasan wisata PRPP.

Para wisatawan yang berangkat dari Gumaya Tower Hotel ini bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jalur C9 dan dilanjutkan dengan bus Koridor 1 yang akan menuju ke kawasan wisata PRPP. Bis ini nantinya akan singgah terlebih dahulu di Terminal Mangkang. Sama halnya jika berangkat dari Larissa Aesthetic Center. Gunakan bus jalur C9 dan dilanjutkan bis Koridor 1 yang akan membawa para wisatawan menuju ke Terminal Mangkang serta PRPP.

Bagi para wisatawan yang berangkat dari Kota Tua atau tepatnya di Gereja Blenduk Immanuel, gunakan bus jalur Koridor 4 yang akan membawa para wisatawan menuju ke Terminal Mangkang dan berhenti di PRPP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *