10 Foto Rumah Apung Banyuwangi, Wisata Bangsring Underwater + Biaya Tiket Masuk Lokasi

Posted on
10 Foto Rumah Apung Banyuwangi, Wisata Bangsring Underwater + Biaya Tiket Masuk Lokasi
Rate this post
Rumah apung banyuwangi bangsring underwater wisata alamat makan desain bansring foto gambar pantai letak biaya lokasi ke terapung jalan menuju tiket masuk peta pondok rogojampi rute snorkeling kabupaten bunder jawa timur
Suasana di Rumah Apung. Foto: detik.com

Lokasi: Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi Regency, East Java
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Banyuwangi menjadi salah satu daerah di Jawa Timur dengan pesona serta keindahan alam yang kadang masih terlewatkan oleh para wisatawan. Berdekatan dengan Surabaya dan juga Bali, Banyuwangi memang kadang seperti dianak tirikan dimana para turis jarang mengunjungi kota di ujung timur dari pulau Jawa tersebut.

Ada banyak keindahan serta pesona yang ditawarkan oleh Banyuwangi kepada para wisatawan dimana memiliki keunikan tersendiri. Apalagi di sini sudah ada kawasan pantai serta tempat wisata terapung seperti pondok apung Rogojampi hingga pulau terapung di tengah laut. Salah satu lokasi wisata yg bisa dikunjungi ketika berada di Banyuwangi adalah Rumah Apung yang terletak di kabupaten Banyuwangi.

Berfoto bersama hiu. Foto: kompas.com

Letak dari Rumah Apung Banyuwangi ini berada di ditengah tengah laut yang memiliki nama yaitu Bunder Bansring atau Bangsring. Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut atau underwater nan eksotis dan menakjubkan. Menjadi salah satu kawasan wisata yg siap memanjakan para wisatawan dan turis baik mancanegara dan juga lokal.

Liburan ke Rumah Apung. Foto: banyuwangibagus.com

Menilik Rumah Apung Banyuwangi

Rumah Apung Banyuwangi ini adalah tempat liburan dengan mengedepankan keindahan alam bawah laut. Bukanlah sebuah rumah makan seperti yang ada dibenak para wisatawan pada umumnya. Alamat dari kawasan wisata ini berada di daerah Bangsring Wonorejo. Dan letaknya berada di tengat laut.

Lokasi wisata ini terdiri dari 3 gubuk dimana sudah dilengkapi dengan toilet. Di gubuk gubuk ini para wisatawan sudah bisa menikmati dan juga menyaksikan keindahan panorama taman serta ekosistem yang ada di bawah laut.

BacaJuga:  10 Gambar Bendungan Karangkates Malang + Sejarah Misteri Waduk Ir Sutami

Kawasan ini dikelola oleh “Bangsring Underwater” yang merupakan sebuah komunitas dengan anggota dari para nelayan tradisional  yang hidup dan biasa mencari ikan di sekitaran Banyuwangi. Para nelayan ini lalu membangun dan memperbaiki ekosistem serta menjaga lingkungan di sekitar Rumah Apung Banyuwangi tersebut.

Suasana eksotis di tengah laut. Foto: banyuwangibagus.com

Keindahan Rumah Apung Banyuwangi

Banyak yang menyebut bahwasanya lokasi wisata ini mempunyai pesona yg tidak kalah dibandingkan dengan Raja Ampat atau Wakatobi. Jadi para turis yg ingin menikmati keindahan serta pesona eksotis taman dan ekosistem laut tersebut tidak perlu repot-repot datang ke Raja Ampat atau ke Wakatobi. Cukup mengunjungi Rumah Apung Banyuwangi tersebut.

Ada banyak cara untuk menikmati pesona yang ditawarkan oleh kawasan tersebut. Para pelancong bisa snorkeling dan juga berenang bersama ikan hiu yang ada di sekitar area tersebut. Bahkan para turis juga bisa ikut memegang ikan hiu tersebut secara langsung. Tenang saja, ikan hiu yg ada di area tersebut memang tidak terlalu galak dan juga jinak. Sehingga para turis bisa bermain-main dengan ikan hiu tersebut dengan bebas.

Liburan di tengah laut. Foto: teluklove.com

Para turis juga bisa melihat berbagai macam spesies ikan hias lainnya di sini. Mulai dari ikan nemo hingga beberapa terumbu karang yg hidup di area bawah laut tersebut. Tentu saja hal ini bisa memberikan keasyikan tersendiri bagi para wisatawan yg ingin menikmati eksotisme dari taman rekreasi air tersebut.

Rumah Apung Banyuwangi ini memang masuk ke dalam lokasi liburan baru. Pasalnya peresmian dan pembukaannya sendiri baru digelar pada tahun 2014 yang lalu. Dibangun serta dibentuknya Rumah Apung Banyuwangi tersebut memang ditujukan untuk melakukan pelestarian terhadap Terumbu Karang yang sekarang ini sudah mulai punah.

Bermain dengan hiu. Foto: tabloidwisata.com

Dan langkah ini langsung mendapat dukungan penuh dari kalangan masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tersebut. Area yg digunakan untuk melakukan pemberdayaan terumbu karang ini mencapai sekitar 15 hektar. Tentu saja hal ini agar terumbu karang tidak mudah rusak serta bisa dilestarikan kembali.

BacaJuga:  Kebun Teh Wonosari Lawang Malang, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi Wisata

Hal ini bisa dilihat bahwa para turis yang memutuskan untuk berwisata atau berlibur ke pulau Tabuhan tersebut sudah pasti akan melewati area Rumah Apung ini. Dan sepanjang perjalanan dan menepuh rute tersebut, para turis bisa mampir sejenak ke kawasan wisata Rumah Apung tersebut guna melihat serta menyaksikan betapa kecantikan serta eksotisme terumbu karang memang sangat indah dan mempesona.

Berenang di tengah laut. Foto: tripadvisor.com

Harga tiket masuk ke Bangsring Underwater

Bagi para turis yg ingin mengunjungi ke kawasan wisata dengan desain unik dan menarik ini, tidak perlu membayar tiket masuk. Para wisatawan bisa mengunjunginya dengan bebas.

Meski begitu para turis harus membayar penyewaan perahu untuk menuju ke lokasi tersebut. Sekali menyewa perahu tersebut para wisatawan harus membayar harga sebesar 10 ribu per orang. Sementara untuk menyaksikan keindahan taman bawah laut ini harus membayar biaya sebesar 35 ribu.

Para turis bisa mengabadikan foto dan gambar ketika mengunjungi kawasan wisata tersebut. Dengan keindahan alam bawah laut tentu saja sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Bagi para turis yg ingin snorkeling bisa menghubungi pengelola untuk menyelam di sekitar kawasan tersebut. Akan tetapi harap diperhatikan dengan seksama untuk tidak menggangu atau membuat terumbu karang rusak. Harap diperhatikan ketika melakukan snorkeling

Berenang di tengah laut. Foto: tabloidwisata.com

Rute menuju ke Rumah Apung Banyuwangi

Letak dan juga lokasi wisata Rumah Apung ini berada di sekitar Selat Bali. Dan lokasinya juga tidak terlalu jauh jika dari pusat Kota Banyuwangi. Hanya berjarak kira-kira 20 km menuju ke arah pelabuhan.

Jika para wisatawan berangkat dari daerah Situbondo, letak dari rumah ini hanya berjarak sekitar 2 km saja dari bagian utara kawasan pantai Watu Dodol. Alamatnya sendiri berada di daerah Krajan, Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bisa juga menggunakan peta atau map untuk memudahkan untuk menuju ke kawasan wisata tersebut.

BacaJuga:  Alun Alun Ngawi, Central Parknya Jawa Timur
Perahu nelayan di Selat Bali. Foto: tabloidwisata.com

Tips berlibur ke Rumah Apung

Bagi para turis yang ingin berlibur ke Rumah Apung ini ada beberapa tips yg bisa dilakukan. Salah satunya adalah berangkat sejak pagi hari menuju ke kawasan wisata ini. Pasalnya jika berangkat pagi, para wisatawan bisa dengan bebas dan memiliki waktu yg cukup lama guna menikmati keindahan alam di sekitar rumah apung tersebut. Apalagi jika memiliki niat untuk menuju ke Pulau Tabuhan.

Berenang dan bermain sampan. Foto: tabloidwisata.com

Jangan lupa untuk membawa baju ganti. Apalagi jika berniat untuk snorkeling atau diving. Bagi para wisatawan yg ingin snorkeling, harap membawa peralatan sendiri. Di sini memang sudah ada beberapa peralatan. Akan tetapi akan lebih puas jika membawa peralatan sendiri sehingga bisa menggunakannya dengan bebas.

Jika berada di Rumah Apung tersebut, tidak ada salahnya untuk menuju ke Pulau Tabuhan. Bersantai dan menikmati suasana di sepanjang pantai di pulau tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Dan jangan lupa pula untuk menjaga kelestarian alam bawah laut. Terutama terumbu karang untuk tidak di sentuh serta jangan mengganggu ikan hias yang ada di sekitar kawasan Rumah Apung Banyuwangi tersebut. Begitu pula dengan ikan-ikan hiu di sekitar area tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.