Rekreasi Ke Kota Hujan Bogor, Jangan Lupa Beli Souvenir Khas Ini

Posted on
Rekreasi Ke Kota Hujan Bogor, Jangan Lupa Beli Souvenir Khas Ini
5 (100%) 1 vote

Bogor adalah sebuah Kabupaten dan Kota di Prov Jawa Barat, letaknya sekitar 59 km dari Jakarta. Bogor sering dijuluki sebagai Kota Hujan karena mempunyai curah hujan paling tinggi dibandingkan dengan kota lainnya.

Sudah sejak lama Bogor dikenal sebagai pusat penelitian pertanian nasional dan pendidikan. Kota Bogor juga memiliki banyak wisata yang iconic, salah satunya adalah Kebun Raya Bogor dan Puncak. Bukan hanya wisatanya ajanih, kulinernya juga enak-enak lho.

Kamu berencana wisata atau sedang jalan-jalan di Bogor? Sudah tau belom kalo Bogor selain wisata dan kulinernya, juga punya beberapa souvenir keren, dan wajib kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Nah kalo belom tau, wajib banget nih simak artikel ini sampai habis ! pengen tau? Lets check this out!

1. Wayang Golek

foto by enterbogor.blogspot.com

Daerah Sunda memang terkenal dengan pagelaran wayangnya. Dan tiap wilayah memiliki ciri khas wayang tersendiri, tak terkecuali Bogor. Wayang golek adalah ciri khas nya kota hujan ini. Banyak wisatawan ingin membeli wayang golek saat berkunjung ke Bogor.

Dan siapa sangka barang unik ini sudah terkenal ke seluruh dunia lho. Kalo kamu tertarik membeli wayang golek untuk dijadikan oleh-oleh, pergi saja ke Sanggar Tumaritis di Lebak Kantin. Kamu bisa sekaligus melihat proses pembuatannya lho. Harganya bervariasi sekitar ratusan ribu.

2. Wayang Bambu

foto by republika.co.id

Selain wayang golek, Bogor juga punya satu lagi souvenir khas, yaitu wayang bambu. Secara umum, wayang bambu merupakan pengembangan dari wayang golek. Jika wayang golek terbuat dari kayu, wayang bambu dibuat menggunakan bambu.

BacaJuga:  10 Gambar Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi, Keunikan Keistimewaan + Dimana Alamat Lokasi Wisata

Keduanya memiliki nilai budaya yang sangat tinggi, cocok sekali dijadikan buah tangan. Hanya dengan harga mulai dari 50ribu, kamu sudah bisa membawa pulang barang unik ini.

3. Lesung Keramik

foto by direktori.kotabogor.go.id

Oleh-oleh ini mungkin kesukaannya generasi emak-emak ya. Bogor memang kaya banget dengan hasil kerajinan tangannya, salah satunya adalah Lesung Keramik. Barang ini cocok sekali untuk melengkapi perabotan rumah tangga lho.

Kamu bisa membeli berbagai macam jenis keramik seperti, mug, vas bunga, mangkuk, aromaterapi, guci, wastafel. Jangan khawatir model, motif, dan harganya bersaing dengan merk-merk ternama lho. Mulai dari 16ribu sampai jutaan. Tertarik? Pergi saja ke Galeri Kerajina di Botani Square.

4. Batik Tulis

foto by bogor.tribunnews.com

Tak mau kalah dengan kota-kota di Jawa Tengah, Bogor juga punya Batik sendiri lho, Batik Tulis namanya. Saat ini batik memang semakin disenangi oleh pencinta fashion ya. Karena sekarang banyak inovasi-inovasi busana dari batik yang bikin cantik pemakainya.

Batik Tulis khas Bogor baru berkembang sekitar tahun 2008an. Walaupun terbilang masih baru, tapi tidak kalah unik dari para pendahulunya lho. Yang menjadi ciri khas dari Batik ini adalah Motifnya yang berbentuk Kujang Kijang. Harga di banderol mulai dari 25-35ribu per meternya.

5. Ecodoe

foto by news.okezone.com

Nah souvenir ini terbilang sangat unik dan menggemaskan. Ecodoe adalah sebuah kerajinan tangan yang dibuat dari limbah bulu domba dan kayu wangi. Selain unik ternyata memiliki nilai edukasi juga lho, lewat ecodoe ini kita bisa mengetahui satwa-satwa yang ada di Indonesia.

Beberapa karyanya seperti ecodoe orang utan, kupu-kupu, capung, burung hantu. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari 80-200ribu saja. Kamu bisa mendapatkan souvenir ini dengan datang langsung ke Toko nya di Jl. Dramaga, Bogor, atau mengujungi website resmi dan sosial medianya.

BacaJuga:  10 Foto Kebun Strawberry Ciwidey Bandung, Harga Tiket Masuk Lokasi + Alamat Peta Wisata

6. Tas

foto by tribunnews.com

Kamu pecinta tas? Wajib beli oleh-oleh ini saat ke Bogor. Tas ini bukan sembarang tas lho, karena bahan pembuatannya dengan bahan eco-friendly, yaitu daun pandan, rotan, dan kulit unik banget kan.

Selain unik, modelnya juga banyak lho. Dari model tali panjang, handbag, sampai clutch. Kamu bisa ke House Of Talitha yang ada di Perumahan Yasmin Sektor V, Bogor Barat.

7. Kujang

foto by tokopedia.com

Kujang adalah sebuah senjata tradisional khas Sunda. Namun saat ini benda ini beralih fungsi menjadi kerajinan yang kerap dijadikan souvenir khas Bogor. Kujang sendiri terbuat dari bahan kayu, baja, dan besi.

Banyak wisatawan membeli Kujang ini untuk dijadikan oleh-oleh ketika mereka berkunjung ke Bogor. Karena unik dan memiliki nilai etnis yang tinggi, membuat Kujang digemari oleh para turis domestik maupun mancanegara. Untuk harga berkisar antara 200ribu hingga jutaan.

8. Lukisan Kaca

foto by economy.okezone.com

Jika biasanya lukisan itu dikreasikan diatas canvas, seniman Bogor punya cara yang lebih unik, yaitu melukis dengan media kaca. Yup ! maka dari itu souvenir ini disebut dengan Lukisan Kaca.

Dengan memanfaatkan limbah bekas keramik, gelas, kaca, piring, dan botol, ini disulap menjadi kerajinan tangan unik dan indah. Harganya? Murah kok dari 50ribu-jutaan, tergantung tingkat kesulitan gambar dan jenis medianya. Pokoknya ocok banget buat jadi pajangan dirumah !

9. Miniatur Menara Kujang

foto by aryaaditya02.blogspot.com

Jika kamu berkunjung ke Bogor pasti akan menemui sebuah tugu yang menjadi landmark kota ini, yaitu Menara Kujang. Nah bukan hanya dalam bentuk asli, miniaturnya juga ada lho. Miniatur Menara Kujang mempunyai bentuk yang menarik dan unik.

Karena ini lah banyak wisatawan tertarik membawa pulang miniatur tugu ini sebagai oleh-oleh. Harga souvenir ini terbilang murah juga, yaitu sekitar 100ribu. Untuk bisa mendapatkannya kamu bisa ke Pusat Oleh-oleh khas Bogor yang ada di Pasar Anyar dan Pasar Bogor.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Green Canyon Murah Mulai Rp.190.000 dari Jakarta dan Kota Lainnya

10. Kaus Unchal

foto by travel.kompas.com

Kaus Unchal merupakan salah satu oleh-oleh yang ngga boleh ketinggalan. Kaos khas Bogor yang sedang trendy ini memang mempunyai keunikan sendiri dari desain dan kata-katanya, bahkan terbilang unik.

Untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa ke Jl. Ciremai, No. 1, Taman Kencana Bogor Kota. Atau di tempat pusat perbelanjaan juga ada seperti Jogja Bogor Junction, Mall Botani Square, dan Cibining City Mall. Dijual dengan harga mulai dari 70-100ribu, tergantung ukuran dan modelnya.

Jadi itu tadi beberapa souvenir khas Bogor yang super kece dan unik. Cocok banget dijadiin oleh-oleh untuk keluarga atau orang-orang terdekat dirumah.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.