Ini 10 Souvenir Khas Indonesia Yang Wajib Dibawa Untuk Orang Asing

Posted on
Ini 10 Souvenir Khas Indonesia Yang Wajib Dibawa Untuk Orang Asing
Rate this post

Indonesia memang banyak sekali kekayaan yang dimiliki, dari wisata,kebudayaan,kuliner, sampai kerajinanya. Tak heran jika Indonesia merupakan salah satu tujuan negara paling favorit untuk didatangi oleh para turis mancanegara.

Selain itu Indonesia juga dikenal dengan warganya yang ramah dan baik. Para turis mancanegara sangat senang akan hal itu. Dan Indonesia terkenal juga keunikannya, terutama di segi kuliner dan oleh-oleh.

Ada kerabat atau keluarga yang sedang berkunjung ke Indonesia, atau kamu ingin mengunjungi saudaramu di luar negeri? Ada baiknya bawakan oleh-oleh khas dari Indonesia. Selain sebagai kenang-kenangan, supaya negara kita lebih dan semakin dikenal oleh dunia.

Nah kali ini kami akan bahas beberapa souvenir khas Indonesia unik dan menarik. Simak artikel ini sampai habis ya !

1. Batik

foto by blog.mariberkarya.com

Jika bertanya soal oleh-oleh khas Indonesia, satu yang nggak boleh banget ketinggalan adalah Batik. Barang ini memang asli dari Indonesia dan mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya negara kita.

Souvenir ini paling favorit bagi semua kalangan, cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat orang asing dari luar negeri. Pilihlah batik berkualitas. Tidak masalah bukan jika harus merogoh kocek yang cukup lumayan untuk sebuah batik berkualitas?

2. Wayang

foto by 1001indonesia.net

Seni pertunjukan khas Indonesia yang terkenal sampai kancah luar negeri ya Wayang. Selain sebagai seni pertunjukan ternyata Wayang juga banyak diminati untuk dijadikan souvenir, terutama oleh turis asing.

BacaJuga:  Jalan-Jalan Murah ke Bangkok Thailand, Ada 10 Tips Untuk Para Backpacker di Tahun 2018!

Wayang sendiri mempunyai bentuk, jenis, dan ukuran bervariatif. Dari kulit, topeng, kayu, hingga gulungan gambar. Namun ada lima jenis wayang paling populer yaitu Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Beber, Wayang Klitik, dan Wayang Uwong.

3. Pahatan Kayu

foto by kerajinan.id

Karya seni khas Indonesia populer lainnya yaitu pahatan kayu. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas pahatan kayu tersendiri. Yang paling disukai dan diminati para turis adalah pahatan dari Bali, Papua, dan Jawa.

Pahatan kayu ini dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti gantungan kunci, tempat tissue, patun, topeng dan pajangan dinding. Harganya mulai dari 150ribu sampa jutaan rupiah. Semakin rumit pembuatan dan bentuknya harganya makin mahal.

4. Miniatur Khas Indonesia

foto by souvenirkhasjogjamurah.blogspot.com

Setiap daerah maupun negara pasti mempunyai miniatur khas, tak terkecuali Indonesia. Miniatur khas Indonesia banyak sekali jenisnya. Oleh-oleh ini cocok dijadikan buah tangan karena bentuknya unik dan cantik.

Seperti miniatur sepeda kuno, delman, bajaj, becak, gamelan, tugu monas. Berbagai kendaraan, alat musik serta landmark di Indonesia disulap menjadi sebuah miniatur. Siapapun yang melihatnya pasti akan langsung ingat sama Indonesia. Bahan miniaturnya ada dari alumunium ataupun kayu, dengan harga yang beragam juga dari puluhan sampai ratusan ribu.

5. Kerajinan Kulit

foto by liputan6.com

Kerajinan kulit di Indonesia juga cukup bagus lho. Ada satu daerah di Indonesia yang menjadi pusat kerajinan kulit terkenal yaitu Jombang, Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan kerajinan kulit yang dihasilkan mempunyai kualitas sebanding dengan produk kenamaan dunia.

Mulai dari sepatu, sendal, tas, sampai sabuk. Bahkan produk-produk lokal ini sudah tersebar luas di pasar dunia lho, seperti Amerika, Malaysia, Eropa, dan negara maju lainnya. Kualitas mewah harga merakyat.

BacaJuga:  45 Tempat Wisata di Singapore 2018 Untuk Backpacker, Orang Tua, Anak Gratis/Murah Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Terkenal

6. Kerajinan Kain Tenun

foto by kaintenunoke.blogspot.com

Tenun merupakan salah satu kerajinan Indonesia yang cukup terkenal. Banyak barang yang bisa diproduksi dengan cara ini. Dari sepatu, hiasan, busana, hingga tas. Semua disajikan dengan bentuk mewah. Atau bisa beli kain utuh sebagai kado atau souvenir pernikahan.

Kamu bisa beli souvenir ini untuk diberikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia. Kecantikan dan keunikannya tidak ada duanya deh.

7. Kerajinan Anyaman Bambu

foto by indonesiakaya.com

Kerajinan tangan unik khas Indonesia lainnya adalah Anyaman Bambu. Kerajinan anyaman bambu khas Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kerajinan ini paling diincar oleh para masyarakat dari berbagai negara.

Hasil kerajinannya berupa lampu hias, perabotan rumah, keranjang, tempat tissue, dan tatakan gelas. Harganya per jenisnya juga terbilang murah lho.

8. Kerajinan Rotan

foto by lifestyle.kompas.com

Jika bicara soal souvenir khas Indonesia hasil kerajinan tangan memang tak akan ada habisnya. Selain anyaman bambu, kerajinan rotan juga jadi yang favorit. Lombok menjadi wilayah pusat pengrajin rotan paling bagus.

Produk hasil kerajinan rotan berupa aksesoris fashion, rumah, furnitur, pernak-pernik, sampai tas. Bisa banget kan dijadiin souvenir yang unik, cantik, dan lebih eco-friendly.

9. Kerajinan Batang Pisang

foto by beritabojonegoro.com

Walaupun tak setenar kerajinan anyaman bambu dan rotan, batang pisang merupakan salah satu media unik dan ngga kalah menarik. Kerajinan batang pisang ini juga patut untuk dijadikan buah tangan.

Hasil kerajinannya variatif dari gantungan kunci, tempat tissue, tas, sandal, dan sepatu. Motifnya juga beragam, paling terkenal adalah corak batik khas Bengkulu Bersurek.

10. Kerajinan Logam

foto by discountlcdtv.co.uk

Terakhir ada kerajinan Logam. Kerajinan tangan unik khas Indonesia ini sudah cukup mendunia lho. dihasilkan dalam berbagai bentuk seperti gelas, nampan, wajan, teko, sampai alat musik tradisional gong dan gamelan.

BacaJuga:  Liburan Ke Jerman, Kurang Lengkap Kalau Pulang Nggak Bawa Souvenir Khas Ini!

Nuansa Indonesia tergambar jelas di kerajinan Logam ini. Pusat kerajinan logam terbaik di Indonesia ada di Kota Pasuruan, Jawa Timur, tepatnya di Kampung Bangil.

Jika kamu berada di sekitaran Jakarta, untuk mencari dan membeli beberapa souvenir diatas bisa datang ke SMESCO atau beberapa toko oleh-oleh.

Namun jika kamu berasal dari kota lain seperti Bandung dan Surabaya, bisa juga kok beli souvenir2 tersebut secara online di beberapa e-commerce.

Disana menjual bermacam produk souvenir unggulan khas Indonesia, semuanya ada disana. Gimana beberapa ide souevenir diatas? cukup menarik kan?

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.