Cari Souvenir Khas Magelang Yang Antimainstream? Tengok Artikel Berikut Ini!

Posted on
Cari Souvenir Khas Magelang Yang Antimainstream? Tengok Artikel Berikut Ini!
Rate this post

Apa salah satu kota wisata tersohor di Jawa Tengah ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kota dimana terletaknya salah satu keajaiban dunia yaitu apalagi kalau bukan Magelang.

Yap ! Magelang adalah salah satu kota wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Banyak yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan mereka dengan mengunjungi kota ini.

Wisata di Magelang bukan hanya Candi Borobudur saja lho, ada lainnya seperti Bukit Grenden, Sendang Maren, Pinusan Kragilan, dan lainnya. Selain wisata, ternyata Magelang juga mempunyai beberapa oleh-oleh khas yang sayang jika dilewatkan.

Pengen tau apa saja oleh-oleh khas Magelang yang antimainstream? Mari tengok bersama-sama dalam artikel ini.

1. Sarung Tenun

foto by kaintenungoyormagelang.blogspot.com

Oleh-oleh khas pertama yang bisa kamu beli adalah Sarung Tenun. Sarung tenun khas Magelang memiliki beberapa motif dan desain unik dan menarik. Ditambah dengan bahan dari sarung tenun ini sangat nyaman dipakai.

Jika biasanya beberapa bahan sarung bikin gerah, kalo ini engga sama sekali guys. Untuk memperoleh sarung tenun ini kamu bisa ke desa Bojong Timur yang ada di daerah Potrobangsan. Jika tidak sempat, tersedia juga di beberapa toko oleh2 kok.

2. Kerajinan Kerang

foto by magelangkota.go.id

Magelang mempunyai sebuah kerajinan tangan yang bisa dipakai sebagai hiasan pajangan ataupun digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Kerajinan kerang khas Magelang ini biasanya di produksi menjadi sebuah perlengkapan atau perkakas rumah tangga yang unik dan menarik. Cocok sekali dijadikan oleh2 untuk seseorang penyuka gerabah unik.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Sembukan Wonogiri, Rute Jalan Menuju Wisata, Letak Lokasi + Penginapan di Sekitar

3. Mainan Anak

foto by goni.co.id

Membelikan oleh2 untuk anak memang agak sedikit susah ya,tapi tidak di Magelang. Kamu bisa menemukan souvenir anak-anak ini di beberapa toko oleh-oleh di Magelang.

Mainan anak-anak ini biasanya terbuat dari kayu, dan bentuknya juga macem-macem, ada superhero, replika kendaraan, dan lain2. Sayang anak? Beli cinderamata ini deh !

4. Batik Magelang

foto by khattabatik.com

Karena negari asli penghasil Batik, tak heran kalau hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai Batik khas. Tak terkecuali dengan Magelang. Batik Magelang juga bisa dijadikan alternatif oleh-oleh yang menarik.

Biasanya batik Magelang ini tersedia dalam berbagai macam, dari pakaian sampai aksesoris. Dengan corak yang khas, menjadikan Batik Magelang ini mempunya ciri berbeda dari lainnya.

5. Kerajinan Kayu

foto by jogja.tribunnews.com

Kerajinan kayu khas Magelang memang memiliki kualitas yang tak tertandingi. Dibuat sedemikian rupa menjadi sebuah benda fungsional dan sangat cocok jika dibawa pulang untuk dijadikan cinderamata khas Magelang.

Mulai dari patung, gantungan kunci, sampai perabotan rumah juga. Tentu bisa menjadi oleh-oleh yang tak biasa bukan?

6. Wayang Kulit

foto by tribunnews.com

Karena kamu sedang berlibur di wilayah Jawa, maka jangan sampai melewatkan membeli souvenir satu ini. Souvenir wayang kulit bisa menjadi ide yang jarang terpikirkan oleh wisatawan, padahal benda ini sangat etnik lho.

Kamu bisa membeli wayang kulit dari beberapa tokoh seperti semar, gareng, ataupun petruk. Harga souvenir wayang kulit ini mencapai ratusan ribu, tergantung model dan ukuran.

7. Topeng

foto by facebook.com

Selain wayang kulit, kamu juga bisa beli topeng berkarakter yang unik dan menarik. Oleh-oleh ini juga termasuk yang paling diincar oleh wisatawan. Biasanya mereka membeli souvenir ini untuk dijadikan pajangan dinding.

8. Garukan Tanduk

foto by bukalapak.com

Nah kalau oleh-oleh ini selain untuk hiasan ada juga manfaatnya lho. Garukan tanduk adalah sebuah souvenir yang biasa digunakan masyrakat jawa sebagai alat penggaruk anggota tubuh.

BacaJuga:  25 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Wajib Dikunjungi Tahun ini

Atau biasa dijadikan sebagai alat pijat relfeksi. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh di seluruh penjuru kota Magelang.

9. Miniatur Candi

foto by 203.190.241.9

Berkunjung ke Magelang dan pulang tanpa membawa miniatur landmark dari kota ini itu rasanya kurang lengkap. Souvenir Miniatur candi bisa dijadikan pilihan menarik untuk dibeli.

Kamu bisa membeli beberapa miniatur candi seperti borobudur, mendut, dan pawon. Ukuran dan bahannya juga macam-macam, tinggal pilih yang paling menarik menurutmu.

10. Miniatur Alat Musik Gamelan

foto by travel.tempo.co

Selain miniatur candi, souvenir lainnya ada Miniatur Alat musik tradisional. Jawa lekat dengan musik gamelan. Jika kamu pecinta sesuatu yang berbau tradisional, wajib membeli miniatur gamelan ini.

Bentuk miniatur gamelan jawa ini terbilang sangat unik. Kamu bisa menaruhnya sebagai ornamen penghias yang antimainstream.

Unik-unik dan menarik kan souvenir rekomendasi dari kami diatas? segeralah pergi liburan ke Magelang dan pulang bawa oleh-oleh kece diatas.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Cari Souvenir Khas Magelang Yang Antimainstream? Tengok Artikel Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.