Jalan-Jalan Ke Medan? Pulang Bawa 10 Souvenir Khas Ini Aja!

Diposting pada
Jalan-Jalan Ke Medan? Pulang Bawa 10 Souvenir Khas Ini Aja!
5 (100%) 1 vote[s]

Karena mempunyai destinasi wisata yang melimpah dan menarik, Medan kerap dijadikan tujuan para pelancong lokal maupun mancanagera. Dari wisata bersejarah sampai modern semuanya ada disini, ditambah dengan kekentalan kultur budayanya menjadi daya tarik tersendiri.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu merencanakan liburan ke Medan dalam waktu dekat ini. Tidak hanya wisatanya saja, kulinernya juga melimpah dengan citarasa yang khas, patut untuk kamu coba.

Membahas soal oleh-oleh khas, selain makanan, ada baiknya jika kamu membeli beberapa cinderamata yang tahan lama atau awet. Alias oleh-oleh yang berupa barang.

Nah Medan memiliki beberapa cinderamata berupa souvenir yang patut dibeli untuk orang terdekat atau sebagai koleksi pribadi. Kali ini kami akan bahas beberapa souvenir yang bisa kamu beli ketika sedang jalan-jalan di Medan untuk dibawa pulang !

1. Kain Ulos

foto by simarmata.or.id

Sudah jadi barang pasti, setiap kota di Indonesia pasti memiliki ciri khas Kain yang dimiliki. Jika warga jawa mempunyai Batik, orang Batak punya Kain Ulos. Kain yang satu ini memang kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Bukan hanya menjadi kebudayaan masyarakat Batak, saat ini Kain Ulos menjelma menjadi souvenir khas Sumatera Utara. Kain ini biasa digunakan di acara formal dan sakral seperti pernikahan, pemakaman, hingga penyambutan tamu. Harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Mursala, Biaya Ke Sibolga Tapanuli Tengah Tapteng: Film Kingkong Syuting Disini

2. Kaos Medan

foto by twitter.com

Sama seperti kota-kota lainnya, Medan juga punya Kaos khas dari berbagai brand seperti Medan Bah, Punya Medan, dan Tauko Medan. Merk-merk tersebut menjual bermacam-macam desain kaos dengan bertuliskan kata-kata dan gambar yang medan banget.

Untuk satu kaos dibanderol dengan harga mulai dari 75-80ribu. Jika ingin mendapatkannya kamu bisa datang ke Jl. Periuk Nomor 11 Auntuk, atau jika pengen beli online juga bisa, kunjungi saja sosial media dari masing-masing brand tersebut.

3. Batik Medan

foto by infobatik.id

Selain Kain Ulos, Medan juga punya Kain Batik Khas sendiri lho. Batik Medan juga bisa dijadikan pilihan oleh-oleh yang ngga boleh terlewat. Mungkin Batik Medan masih tergolong baru, namun kecantikannya tidak kalah dengan Batik Jawa.

Pembedanya hanya ada di motifnya, jika batik jawa lebih menonjolkan motif tumbuhan atau hewan dengan warna gelap, batik medan condong menggambarkan corak suku batak sama seperti kain ulos. Unik, kan?

4. Sarung Tenun Ikat Goyor

foto by medalimas.blogspot.com

Sarung Tenun Ikat Goyor ini bisa dibilang beda dari lainnya. Karena dibuat dari bahan yang adem, halus, corak dan motifny eksklusif. Ditambah dengan cara pembuatannya masih tradisional menggunakan tangan atau handmade.

Karena proses pembuatannya yang lumayan memakan waktu, maka tidak heran jika hasilnya sangat bagus. Harga satu potong sarung ini dibanderol mulai dari 40-250ribu.

5. Baju Istana Maimun

foto by tripadvisor.com.my

Nah jika berwisata ke Istana Maimun pasti kamu menjajal sensasi menggunakan baju kerajaan. Kamu bisa merasakan layaknya menjadi keluarga kerajaan. Nah uniknya lagi, kamu tidak hanya bisa menyewa kostum Istana Maimun tersebut.

Kamu bisa juga membeli Baju Istana tersebut untuk dijadikan oleh-oleh orang-orang terdekat. Souvenir yang antimainstream banget, kan?

BacaJuga:  6 Air Terjun di Sekitar Danau Toba Yang Pesonanya Sudah Mendunia

6. Ukiran Rumah Adat

foto by bobo.grid.id

Souvenir lain yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah Ukiran Rumah Adat. Cinderamata ini bisa digunakan sebagai pajangan dan hiasan dirumah. Buat kamu yang suka mengoleksi miniatur-miniatur, ukiran rumah adat ini cocok banget dibeli nih.

Uniknya miniatur rumah adat ini dibuat dengan bahan dasar kayu yang diukir, jadi nilai budayanya melekat banget. Harganya murah mulai dari 100ribu.

7. Sandal Kulit Handmade

foto by produsensepatukulittermurah.blogspot.com

Pengrajin medan orangnya kreatif-kreatif ya, mereka bisa membuat sendal kulit handmade. Kualitas dan modelnya nggak kalah sama sendal-sendal kulit branded. Karena handmade, detail dari sendal inipun jelas banget.

Cocok banget nih buat dijadiin hadiah ke orang-orang terdekatmu. Tersedia di seluruh tempat pusat oleh-oleh seantero Medan. Harganya masih dibawah sendal kulit bermerk.

8. Baju Rajut Motif Batak

foto by smartbisnis.co.id

Medan memang terkenal akan mayoritas penduduknya yang bersuku Batak. Jadi tidak heran jika untuk menemukan segala yang berbau batak disini tidaklah sulit. Salah satunya Baju Rajut Motif Batak.

Biasanya saat berkunjung ke Medan, para wisatawan memburu produk ini. Karena motifnya yang terbilang unik, bahkan peminatnya bukan hanya orang-orang batak lho. Harganya sekitar 200-300ribu. Bisa banget nih jadi kado pernikahan.

9. Miniatur Patung Khas

foto by medan.panduanwisata.id

Di Medan juga ada kerajinan patung yang terbuat dari tanah liat. Patung khas ini biasanya menggambarkan tokoh-tokoh bersejarah. Tapi ada juga yang berbentuk landmark yang ada di Medan.

Souvenir ini cocok sebagai penghias diruangan rumahmu agar terlihat semakin cantik. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko oleh-oleh seperti 17 Vimala Gift Shop. Harganya mulai dari 80-150ribu.

10. Hasafi Gitar Batak

foto by rkb.id

Selain miniatur-miniatur bangunan dan tokoh bersejarah, ada satu lagi yang nggak boleh ketinggalan, yaitu alat musik. Medan punya alat musik yang khas bernama Hasafi Gitar Batak. Barang ini termasuk banyak diburu oleh wisatawan lho.

BacaJuga:  Banyak Spot Foto di Taman The Le Hu Garden Medan

Karena bentuk dan modelnya beda dari lainnya. Harga untuk satu buahnya sekitar 100ribuan. Menyesuaikan dengan ukurannya.

So guys, itu dia beberapa rekomendasi pilihan souvenir khas Medan yang unik,murah, dan menarik untuk dibeli. Semoga ngga kalap pengen beli semuanya ya !

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Jalan-Jalan Ke Medan? Pulang Bawa 10 Souvenir Khas Ini Aja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.