25 Tempat Tahun Baru 2019 di Jogja 5/5 (2)

Diposting pada
Pesta Kembang Api di Jogja. Foto: pinterest.com

Jogjakarta atau Yogyakarta memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang menjadi incaran para wisatawan. Tidak terkecuali baik itu wisatawan asing atau domestik.

Meski beberapa waktu lalu Jogja ini sangat marak dengan adanya pembacokan, tidak membuat para wisatawan takut untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar dan kota gudeg ini.

Di perayaan dan juga pesta akhir tahun menuju ke tahun baru 2019 nanti tentu saja Jogja sudah siap memberikan berbagai macam hiburan dan juga pesta yang sangat menarik.

Mulai dari stadion Mandalan Krida yang kerap menggelar hiburan dan juga road race hingga ke daerah-daerah wisata alam yang sangat pas.

Selain itu tentu saja hampir di setiap hotel dan juga kafe serta bar di Jogja seperti Liquid ini memberikan aneka hiburan dan juga kemeriahan pesta tahun baru yang menyenangkan.

Para wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja dan ingin menikmati kemeriahan pesta serta ingin merayakan malam pergantian tahun baru tentu saja tidak akan kecewa.

Ada banyak spot serta destinasi yang direkomendasikan dan bisa menjadi referensi untuk mendapatkan pengalaman unik dan menyenangkan liburan akhir tahun di Jogja.

Kawasan Titik Nol Jogja. Foto: okezone.com

1. Titik Nol Jogjakarta

Kawasan wisata Titik Nol Jogjakarta menjadi salah satu tempat yang pas dan juga tujuan yang sangat menarik untuk menghabiskan malam tahun baru.

Di sini merupakan pusat pesta tahun baru dengan tempat yang strategis. Pasalnya berdekatan dengan Alun-alun utara yang menjadi tempat penyelenggaraan pesta kembang api di Kraton Jogja.

Selain itu berdekatan pula dengan kawasan wisata perbelanjaan Malioboro.

Biasanya para wisatawan akan berbelanja di Malioboro atau di pusat perbelanjaan seperti Jogja City Mall, Ambarukmo Plaza, hingga Hartono Mall.

Kawasan wisata ini juga sangat asyik untuk dikunjungi dengan akses yang mudah dilalui oleh para wisatawan. Baik dari Hotel Grand Hyatt, Aston, Jogja Bay hingga Novotel.

Menjelang akhir tahun ini Jogjakarta memang memberikan paket dan juga promo yang siap memanjakan para wisatawan yang datang ke kota pelajar dan kota gudeg ini.

Apalagi kawasan Titik Nol ini merupakan kawasan yang sangat asyik dan juga bagus serta cocok untuk menghabiskan malam pergantian tahun dan juga buat menikmati pesta tahun baru yang menyenangkan.

Kawasan Titik Nol ini biasanya akan menggelar konser serta hiburan rakyat menjelang pergantian tahun baru. Di sini menjadi lokasi favorit guna menikmati kemeriahan tahun baru.

Bukan hanya tahun baru masehi saja. Tahun baru Islam dan juga Imlek juga kerap digelar di kawasan Titik Nol Jogja.

Pasalnya kawasan wisata ini memiliki lokasi yang strategis. Untuk info dan juga jadwal agenda terbaru mengenai pesta akhir tahun sudah bisa dilihat di situs dinas pariwisata Jogja dan juga di media sosial.

Bagi yang ingin menikmati kemeriahan dan juga pesta akhir tahun di Titik Nol ada tips khusus. disarankan sejak sore sudah berada di sini.

Pasalnya menjelang malam dan juga menuju pergantian tahun baru ini jalan menuju ke Titik Nol akan macet dan juga ramai.

Jika membawa kendaraan, para wisatawan harus memarkirkan di area parkir di Abu Bakar Ali atau di Ngabean yang dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Pesta Kembang Api di Tugu. Foto: tribunnews.com

2. Tugu Jogja

Salah satu kawasan wisata yang juga sangat asik untuk dikunjungi ketika menikmati pergantian tahun baru adalah Tugu Jogja.

Kawasan Tugu ini menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk melihat pesta kembang api. Lokasinya sangat strategis. Kemana pun para wisatawan memandang langit Jogja, Tugu ini sudah siap memberikan pesona tersendiri.

Di sini juga para wisatawan bisa menikmati suasana yang seru. Tidak jarang para wisatawan berfoto di kawasan Tugu dan juga Tugu Pal Putih.

Apalagi dengan banyaknya atraksi dan hiburan untuk rakyat yang siap ditampilkan di sini. Rencana liburan dan menikmati akhir tahun yang paling tepat di Jogja adalah di area Tugu ini.

BacaJuga:  20 Penginapan Murah di Malioboro Dibawah 100 dan 200 Ribu Cocok Untuk Keluarga

Di sekitar kawasan wisata Tugu ini juga sudah banyak warung jajanan dan juga aneka kuliner dengan harga yang murah. Dan tentu saja sangat lezat dan mencerminkan ciri khas Jogja.

Tentu saja menjadi salah satu tujuan liburan yang sangat menyenangkan di Jogja tersebut. Apalagi ada banyak event serta party yang siap memanjakan para wisatawan. Tempat wisata Tugu Jogja ini bisa memberikan cerita liburan yang berbeda.

Pesta dan lampu di Turgo Hill Kaliurang. Foto: tribunnews.com

3. Kaliurang

Salah satu lokasi wisata yang masuk dalam daftar guna merayakan pesta tahun baru adalah Kaliurang. Di daerah Jogja Utara ini memang Kaliurang menjadi primadona.

Akses menuju ke Gunung Merapi ini mempunyai banyak kawasan wisata yang sangat pas. Dan tentu saja ada banyak warung jajanan yang bisa dinikmati.

Bagi yang ingin menikmati pergantian tahun di area pegunungannya Jogja, area Kaliurang ini akan dilewati. Tidak ada salahnya bermalam di sekitar vila atau hotel di sekitar Kaliurang.

Apalagi di bukit Turgo atau Turgo Hill ini menyajikan pesta lampu yang sangat keren. Dan tentu saja di akhir tahun akan ada pesta kembang api yang sangat spesial.

Di Kaliurang ini para wisatawan bisa menikmati suasana yang romantis dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah.

Jangan lupa untuk mengabadikan foto, gambar hingga video pesta kembang api yang sangat spesial tersebut. Saat ini kawasan wisata Kaliurang menjadi salah satu incaran.

Selain menyajikan kuliner yang enak dan juga cuaca yang bersahabat, Kaliurang menjadi tempat nongkrong yang pas untuk menghabiskan waktu di akhir tahun.

Lampu-lampu di Taman Pelangi. Foto: wiratourjogja.com

4. Taman Pelangi

Salah satu kawasan wisata yang tidak boleh dilewatkan untuk menghabiskan waktu menjelang pergantian tahun adalah di Taman Pelangi. Di kawasan wisata ini menjadi salah satu spot yang sangat keren.

Pasalnya pemandangan dan juga panorama di sini sangat instagramable. Para wisatawan bisa menikmati aneka jenis lampu hias dengan aneka jenis dan juga ragam bentuk yang sangat menarik.

Di sini para wisatawan bisa melihat aneka jenis replika hewan dan juga tokoh kartun ternama yang siap memanjakan para wisatawan.

Pesta tahun baru di Alun-alun Kidul. Foto: semberani.com

5. Alun-Alun Selatan Jogja

Selain kawasan Alun-alun utara yang menjadi pusat hiburan rakyat di Jogja, kawasan Alun-alun Selatan juga bisa dikunjungi para masyarakat yang ingin berlibur bersama keluarga.

Di kawasan wisata Alun-alun Selatan ini para wisatawan bisa menikmati berbagai macam kuliner dan cemilan yang lezat.

Di sini pula para wisatawan bisa bermain masangin dengan melewati 2 pohon beringin yang sangat besar di bagian tengah. Di Alun-alun Kidul ini juga sudah ada sepeda hias yang dilengkapi dengan berbagai lampu yang indah dan menarik.

Suasana kota Jogja dari Bukit Bintang. Foto: jogjaminded.com

6. Bukit Bintang Hargodumilah

Bagi yang bosan dengan suasana pusat kota Jogja dan ingin menghindari keramaian, bisa mengunjungi kawasan Bukit Bintang.

Di sini para wisatawan dan juga masyarakat Jogja bisa melihat keindahan kota Jogja yang dipenuhi oleh lampu berwarna-warni yang indah.

Ditambah lagi ketika malam pergantian tahun baru, pesta kembang api bisa dilihat dan disaksikan di Bukit Bintang tersebut.

Jangan lupakan juga aneka kuliner dan juga jajanan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan ketika menginjakkan kaki ke salah satu spot wisata yang sangat indah dan menakjubkan tersebut.

Di Bukit Bintang ini para wisatawan juga bisa mengabadikan foto dan gambar yang menarik.

Suasana tahun baru di Parangtritis. Foto: piknikasik.com

7. Queen of The South Resort, Parangtritis

Salah satu kawasan wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi ketika malam tahun baru adalah Pantai Parangtritis di Selatan Jogja.

Salah satu penginapan yang bernama Queen of The South Resort ini sudah menyediakan berbagai macam acara dan juga hiburan.

Hotel yang letaknya berada di area perbukitan Pantai Parangtritis tersebut juga memiliki infinity pool yang langsung terhubung ke pantai. Penginapan ini juga sudah siap menggelar pesta kembang api yang sangat indah dan juga spesial.

Pesta tahun baru di Embung Nglangeran. Foto: piknikasik.com

8. Gunung Purba Nglanggeran

Kawasan wisata Gunung Purba Nglanggeran ini menjadi salah satu tempat liburan akhir tahun yang menarik. Di sini para wisatawan bisa hiking menuju ke perbukitan Gunung Purba tersebut.

Selain itu adanya Embung Nglanggeran juga bisa menjadi tempat yang pas. Menjelang akhir tahun di sekitar embung ini akan dipenuhi dengan lampu-lampu berwarna-warni yang indah dan juga menawan.

Ditambah lagi di pagi hari para wisatawan bisa melihat sunrise perdana di tahun baru.

Sunrise perdana di gunung Merapi. Foto: 20fit.com

9. Gunung Merapi

Senada dengan Gunung Purba Nglanggeran, di Gunung Merapi para wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunrise pertama di sekitar puncak Gunung Merapi tersebut.

BacaJuga:  10 Foto Isi Museum Ullen Sentalu Jogja, Harga Tiket Masuk, Sejarah + Alamat Kaliurang

Jika kawasan wisata Gunung Merapi tidak diperbolehkan untuk didaki, para wisatawan bisa bersantai di sekitar basecamp atau bumi perkemahan untuk bersantai di malam hari.

Dan menikmati pesta kembang api di pusat kota Jogja yang bisa dilihat dari area perbukitan tersebut.

Di sini para wisatawan juga bisa melihat bekas-bekas dari erupsi yang terjadi di tahun 2006 dan juga 2010.

Ada pula museum Gunung Merapi serta bekas rumah Mbah Marijan yang bisa dikunjungi. Apalagi di sini ada gardu pandang untuk melihat suasana di Gunung Merapi tersebut.

Malam tahun baru di Hutan Pinus Imogiri. Foto: ngetripyuk.com

10. Hutan Pinus Imogiri

Sama halnya dengan Bukit Bintang, Hutan Pinus Imogiri menjadi salah satu tempat wisata yang sangat pas untuk dikunjungi.

Apalagi jika yang tidak terlalu senang dengan keramaian. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan hutan pinus di malam hari dan juga keindahan kota Jogja dari ketinggian.

Dari Hutan Pinus Imogiri ini pula para wisatawan bisa melihat pesta kembang api yang indah dan mempesona.

Bagi para wisatawan yang ingin bermalam, bisa mendirikan tenda di hutan pinus tersebut. Dan di pagi hari para wisatawan bisa melihat keindahan sunrise perdana yang menembus deretan pohon pinus nan mengagumkan.

Keramaian tahun baru di Malioboro. Foto: tribunnews.com

11. Malioboro

Liburan ke Jogja kurang pas rasanya tidak mengunjungi Malioboro. Kawasan wisata ini di malam hari tentu saja sudah memiliki daya tarik yang siap memanjakan para wisatawan.

Apalagi ketika malam pergantian tahun, Malioboro tidak tutup alias tetap buka hingga dini hari. Sehingga para wisatawan masih bisa berbelanja sembari menunggu pesta kembang api.

Di sini para wisatawan sudah bisa melihat dan juga menikmati berbagai macam dagangan khas Jogja yang unik dan menarik.

Apalagi dengan ditambah hiburan musisi jalanan yang sangat mengasyikkan dan juga pas. Jangan lupa berfoto atau naik delman di sekitar Malioboro tersebut.

Kawasan wisata Malioboro ini letaknya berdekatan dengan kawasan Titik Nol dan juga Stasiun Besar Yogyakarta.

Tidak heran para wisatawan akan berbondong-bondong menuju ke Malioboro guna menikmati pesta kembang api yang digelar di Alun-alun Utara Kraton.

Ada pula para wisatawan yang nongkrong dan duduk santai di sepanjang jalan Malioboro guna menikmati malam pergantian tahun baru tersebut.

Pesta kembang api di Candi Prambanan. Foto: solopos.com

12. Candi Prambanan

Kawasan wisata Candi Prambanan menjadi salah satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi ketika malam tahun baru.

Biasanya di kawasan wisata ini para pengunjung akan dihibur oleh panggung dan juga pagelaran seni dan budaya seperti Sendratari Ramayana.

Ada pula konser musik yang siap menghibur para wisatawan baik asing dan juga domestik. Tidak ketinggalan pula pesta kembang api yang siap memanjakan para pengunjung.

Suasana tahun baru di SKE. Foto: seputarjogjakarta.com

13. Sindu Kusuma Edupark

Kawasan wisata Sindu Kusuma Edupark menjadi salah satu destinasi wisata yang pas untuk menghabiskan malam tahun baru. Di sini para pengunjung bisa naik bianglala besar.

Dari wahana permainan ini para wisatawan bisa melihat keindahan kota Jogja dari ketinggian mencapai 48 meter. Bianglala ini dihiasi dengan berbagai macam lampu berwarna-warni yang sangat aduhai.

Di kala malam hari menjelang akhir tahun, Sindu Kusuma Edupark sudah siap menggelar berbagai macam acara dan hiburan.

Dan tidak ketinggalan pula pesta kembang api yang sangat indah dan juga menawan. Dari Bianglala tersebut para wisatawan juga bisa melihat pesta kembang api ini.

Sunrise Perdana di Puthuk Setumbu. Foto: sewamotordijogja.com

14. Puthuk Setumbu

Bagi yang ingin melihat keindahan matahari terbit di awal tahun juga bisa menuju ke Puthuk Setumbu.

Di kawasan wisata ini menyajikan keindahan pemandangan dan panorama di sekitar perbukitan dan juga hutan lindung di sekitar kawasan wisata tersebut. Para wisatawan bisa bermalam dan mengindap di lokasi wisata Puthuk Setumbu tersebut.

Ketika pagi hari tiba, keindahan sinar matahari dari Puthuk Setumbu bisa dinikmati oleh para wisatawan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dan juga keindahan pemandangan yang sangat indah dan juga keren tersebut.

Pesta kembang api di Pantai Gunungkidul. Foto: tribunnews.com

15. Pantai Baron

Selain kawasan wisata pantai Parangtritis, di Jogjakarta juga mempunyai banyak pantai indah di Gunungkidul. Untuk menghabiskan malam tahun baru, para wisatawan bisa mengunjungi kawasan wisata pantai di Gunungkidul tersebut. Pantai Baron misalnya.

Di sekitar kawasan wisata pantai ini juga sudah menyediakan penginapan yang sangat komplit. Bisa pula dengan bermalam di sekitar area pantai Gunungkidul.

Di kala malam para wisatawan bisa menggelar pesta seperti kembang api dan juga api unggun. Dan di pagi hari keindahan sunrise di sepanjang pesisir pantai menjadi pemandangan yang tidak akan terlupakan.

BacaJuga:  10 Gambar Sindu Kusuma Edupark Jogja, Harga Tiket Masuk Cinema 7d, Alamat Peta + Jalan Menuju Lokasi Wisata

Para pengunjung juga bisa menginap di sekitar halaman parkir dari Pantai Baron tersebut.

Tahun baru di Parangtritis. Foto: maribelajarfoto.com

16. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis menjadi salah satu kawasan wisata pantai yang sangat layak dikunjungi kala merayakan pesta tahun baru.

Tidak jarang para wisatawan dan juga masyarakat Jogja bermalam dan menginap di sekitar pantai tersebut. Bukan hanya malam tahun baru masehi saja, kala malam tahun baru Islam atau 1 Suro pantai ini juga cukup banyak dikunjungi.

Menunggu malam tahun baru di Sadranan. Foto: umy.ac.id

17. Pantai Sadranan

Salah satu pantai di daerah Gunung Kidul yang sangat terkenal adalah Pantai Sadranan. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan pemandangan di pantai yang sangat eksotis.

Para pengunjung bisa bermalam di sekitar pantai dan mengadakan pesta kembang api atau api unggun. Di awal tahun baru, saatnya menikmati sunrise yang indah dan eksotis di sini.

Gala Dinner di Pantai Indrayanti. Foto: theasianparent.com

18. Pantai Indrayanti

Berdekatan dengan Sadranan dan juga Baron adalah Pantai Indrayanti. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan sunset yang sangat eksotis dengan warna emas yang bisa membuat suasana di pantai menjadi lebih nikmat.

Para pengunjung bisa bersantai dan juga bermalam di sekitar Indrayanti guna menggelar acara pesta kembang api atau gala dinner di dekat pantai yang indah.

Berkemah di Pok Tunggal. Foto: nginepmana.com

19. Pantai Pok Tunggal

Salah satu pantai yang sekarang ini menjadi incaran para wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal. Di sini cukup banyak para wisatawan yang bermalam atau mendirikan tenda guna merayakan tahun baru.

Yang diincar di Pok Tunggal ini adalah suasana di pagi hari di awal tahun. Setelah itu snorkeling di sepanjang bibir pantai yang sangat eksotis.

Pesta Kembang api di Pantai Glagah. Foto: tribunnews.com

20. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di daerah Kulonprogo, disini para wisatawan bisa menikmati sunset terakhir di tahun 2019 dan juga pesta kembang api yang sudah disediakan oleh panitia dan juga Pemda Kulonprogo.

Para wisatawan bisa menginap di sekitar pesisir pantai atau juga resort dan vila yang terletak di pantai ini. Dan di pagi hari awal tahun, para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini.

Suasana pesta kembang api di Pantai Congot. Foto: harianjogja.com

21. Pantai Congot

Masih di sekitar Kulon Progo, selain pantai Glagah para wisatawan bisa mengunjungi kawasan pantai Congot.

Di sini setiap tahun akan digelar pertunjukkan musik seperti organ tunggal dan juga dangdut serta campur sari. Dan pada penutupan malam tahun baru akan digelar pesta kembang api yang spesial.

Pesta Kembang api di Jogja Bay. Foto: jogja.co

22. Jogja Bay

Kawasan wisata wahana permainan air Jogja Bay sudah siap untuk memanjakan para wisatawan yang datang ke kota pelajar ini.

Di Jogja Bay sendiri sudah menyediakan pesta kembang api dan juga pertunjukkan dengan tema serta konsep khusus guna memanjakan para wisatawan yang hadir ke kawasan wisata ini.

Pertunjukkan musik di Liquid. Foto: tribunnews.com

23. Klub

Jogja tidak bisa dilepaskan pula dengan banyaknya klub malam yang tersebar di kota pelajar ini. Terutama di daerah Jalan Magelang. Ada beberapa klub malam yang bisa dikunjungi.

Dan di setiap pergantian tahun baru, klub malam yang ada di Jogja sudah siap menyajikan pertunjukkan musik untuk menghibur para tamu.

Gala Dinner di Indoluxe. Foto: solopos.com

24. Hotel

Di Yogyakarta ini banyak terdapat hotel yang siap memanjakan para wisatawan. Dan di setiap hotel ini sudah menggelar berbagai macam acara seperti Gala Dinner dan juga pertunjukkan musik serta atraksi kembang api yang istimewa.

Tidak jarang pula ada yang menawarkan infinity pool guna menutup malam tahun baru yang indah dan menyenangkan ini.

Suasana tahun baru di Jogja City Mall. Foto: solopos.com

25. Mall

Sementara untuk pusat perbelanjaan seperti mall juga sudah siap menggelar berbagai macam acara dan juga promo yang menarik.

Salah satunya tentu saja midnight sale dengan berbagai macam diskon yang siap memanjakan para kaum wanita yang gemar berbelanja. Tidak ketinggalan pula pertunjukkan musik dan hiburan yang komplit.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.