Tiket Masuk Kawah Talaga Bodas Garut Wanaraja + Alamat Hotel

Posted on
Kawah Talah Bodas (foto: pergidulu.com)
Kawah Talah Bodas (foto: pergidulu.com)

Lokasi : Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 9.500/ orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0822-1730-0224

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau, terbagi menjadi tiga puluh empat provinsi dan setiap provinsi memiliki kelebihan masing-masing. Tempat wisata merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tiap provinsi di Indonesia. Sangat banyak sekali tempat-tempat indah di Bumi Pertiwi ini, namun hanya beberapa yang diketahui oleh para wisatawan.

Layaknya oase di tengah padang gurun. Tempat wisata yang tersembunyi ini seakan menjadi sebuah misteri yang harus dicari keberadaannya untuk menghilangkan rasa dahaga. Walaupun demikian, tempat-tempat wisata yang telah diketahui juga sudah dapat memanjakan setiap mata pasang mata yang memandangnya.

Wisatawan-wisatawan yang haus akan pemandangan indah, karena penatnya melihat gedung-gedung pencakar langit serta rutinitas yang selalu sama setiap harinya, menjadikan tempat-tempat berpemandangan indah selalu ramai dikunjungi ketika akhir pekan ataupun hari-hari liburan yang lain.

Garut merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satu objek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten ini adalah Talaga Bodas.

Danau Vulkanik Cantik di Garut

Talaga Bodas merupakan sebuah kawah yang terbilang menjadi salah satu objek wisata alam favorit yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Penamaan objek wisata ini tentu memiliki dasar. Talaga memiliki arti danau sedangkan Bodas memiliki arti putih. Dengan demikian dalam bahasa Indonesia maka Talaga Bodas berarti Danau putih.

Cantiknya Talaga Bodas (foto: pergidulu.com)
Cantiknya Talaga Bodas (foto: pergidulu.com)

Nama yang disematkan untuk objek wisata alam ini memang sesuai dengan apa yang divisualisasikan. Talaga Bodas merupakan sebuah danau kawah yang masih aktif hingga saat ini. Aktivitas vulkanik di kawah ini tidak membahayakan sehingga untuk saat ini masih aman untuk para pengunjung.

Lingkungan yang Masih Original dengan Hutan yang Terjaga

Lingkungan yang masih asri dan sangat terjaga merupakan harta karun yang tak ternilai harganya. Rasa syukur harus kita ucapkan setiap harinya, karena kita lahir dan besar di Indonesia. Tanah yang subur membuat setiap pepohonan yang ditanam akan selalu tumbuh dengan cepat dan rindang. Cukup dilemparkan biji maka alam yang akan mengurusnya untuk menjadi sebuah pepohonan yang akan tinggi menjulang dan itulah suasana lingkungan yang ada di Talaga Bodas.

Dikelola oleh Instansi

Talaga Bodas merupakan objek wisata alam yang dikelola langsung oleh BKSDA Jawa Barat 2 dengan Status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan TWA Talaga Bodas Cianjur. Pengelolaan objek wisata alam ini berdasarkan aspek legalitas yang berupa surat keterangan atau SK menteri nomor 98/KPTS/1978.

Lokasi Kawah Vulkanik nan Indah

Objek wisata alam Talaga Bodas terletak di desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Lokasi objek wisata alam ini berjarak kurang lebih sekitar 20,6 km dari Terminal Garut. Jika ditempuh dari terminal ini maka waktu perjalanan berkisar kurang lebih 40 menit baik dengan kendaraan roda dua maupun dengan roda empat. Akses jalan untuk menuju kawah ini terbilang sudah sangat baik sehingga lebih memberikan kenyamanan serta keselamatan bagi para pengunjungnya, baik itu dari kendaraan roda empat seperti mobil maupun yang berupa bus pariwisata.

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas 2017

Untuk memasuki objek wisata alam Kawah Talaga Bodas, maka para pengunjung diharuskan membeli tiket masuk harga terbilang cukup terjangkau yaitu Rp. 9.500 per orang. Tiket masuk ini tidak hanya digunakan untuk memasuki kawasan objek wisata alam ini, melainkan juga termasuk asuransi. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

BacaJuga:  10 Foto Kebun Binatang Bandung, Harga Tiket Masuk, Fasilitas 2017, Sejarah + Alamat Lokasi Wisata

Olahraga Ringan Sebelum Menikmati Keindahan

Tempat Parkir Sebelum ke Talaga Bodas (foto: riseandshine7.blogspot.co.id)
Tempat Parkir Sebelum ke Talaga Bodas (foto: riseandshine7.blogspot.co.id)

Kendaraan-kendaraan yang diparkir di objek wisata alam ini diharuskan membayar Rp. 5.000. Jarak Talaga Bodas dengan tempat parkir kurang lebih 1 km. Lumayan untuk olahraga ringan bagi yang memang ingin berjalan kaki. Bagi yang tidak ingin olahraga ringan, maka siapkan Rp. 15.000 untuk naik ojek. Biaya tersebut untuk pulang dan pergi dari tempat parkir ke Talaga Bodas. Tidak perlu khawatir dengan jalan yang berlubang atau berbatu karena dari tempat parkir menuju ke obyek wisata alam ini sudah bagus. Jika dihitung secara keseluruhan untuk tiket masuk dan parkir, maka biaya untuk sekali berkunjung ke danau vulkanin ini adalah Rp. 14.500 dan apabila ditambah ojek, maka biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 29.500.

Fasilitas dan Aktivitas yang Beragam

Wisata alam Talaga Bodas menawarkan beragam macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjungnya. Aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan di sini sebagian besar adalah adventure, antara lain trekking, mendaki, piknik, fotografi ataupun hanya sekedar menikmati keindahan alam yang dimilikinya dengan ditemani udara yang begitu murni. Suasana-suasana yang seperti ini tentu tidak dapat didapatkan di perkotaan, apalagi udara yang bersih.

Hotel Dekat Talaga Bodas

Di sekitar wilayah Talaga Bodas juga terdapat hotel-hotel bagi yang ingin bermalam. Berikut ini adalah beberapa hotel yang ada di sekitar Kawah Talaga Bodas.

  1. Zenrooms

Zenrooms hotel ini menawarkan harga per malamnya yaitu Rp. 379.000. Harga ini sudah termasuk dengan sarapan dan beragam fasilitas seperti jaringan internet Wi-Fi, pendingin udara, TV kabel, meja kerja, kamar mandi shower dan beberapa fasilitas lainnya. Hotel ini terbilang cocok bagi mereka yang ingin bermalam terlebih dahulu sebelum pulang ke tempat asalnya.

Salah Satu Kamar di Zenrooms (foto: zenrooms.com)
Salah Satu Kamar di Zenrooms (foto: zenrooms.com)

Berjarak hanya 20 menit dari Bandara Internasional Husein Sastranegara menjadikan tempat ini sangat strategis. Jadi setelah berkunjung ke Talaga Bodas, maka bagi yang melakukan perjalanan melalui via udara maka hotel ini sangat cocok. Hotel ini juga dekat dengan Trans Studio Bandung sehingga bila belum puas dengan Talaga Bodas maka bisa dilanjutkan dengan bermain wahana permainan di sana. Alamat hotel ini adalah di Jalan Talaga Bodas nomor 66, Lengkong, Bandung.

  1. Hotel Arsallya

Hampir sama dengan Zenrooms. Hotel ini juga berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Husein Sastranegara yakni dapat dicapai 5 menit lebih cepat dan juga dekat dengan Trans Studio Bandung. Fasilitas atau akomodasi yang ditawarkan oleh hotel terbilang nyaman dan modern   Wi-Fi yang disediakan pun sudah ada di tiap kamar.

Bagian Depan Hotel Arsallya (foto: hotelroomsearch.net)
Bagian Depan Hotel Arsallya (foto: hotelroomsearch.net)

Selain itu, setiap kamar juga sudah berpendingin udara, memiliki televise, kamar mandi pribadi yang terbagi menjadi dua macam yakni bathtub dan shower serta perlengkapan mandi gratis.

Harga yang ditawarkan per malamnya mulai dari Rp. 225.000.  Harga ini tergantung dari hari. Ketika hari libur tiba ataupun akhir pekan biasanya harganya juga akan meningkat. Selain itu, untuk booking juga harus dilakukan jauh-jauh hari, karena hotel ini seringkali kebanjiran pengunjung. Alamat hotel ini di Jalan Talaga Bodas nomor 19, Bandung.

  1. Hotel Harmony Inn
BacaJuga:  10 Gambar Museum Geologi Bandung, Sejarah, Tiket Masuk 2017, Alamat + Jam Buka

Hotel ini terletak 100 meter dari Jalan Talaga Bodas. Hotel ini termasuk penginapan yang sempurna bagi yang ingin merasa  kenyamanan terletak di kota Bandung dan dekat dengan tempat pariwisata, pusat belanja, hiburan serta wisata kuliner.

Bagian depan Hotel Harmony Inn (foto: booking.com)
Bagian depan Hotel Harmony Inn (foto: booking.com)

Lokasinya yang strategis menjadikan hotel ini menjadi tujuan para wisatawan untuk meletakkan punggungnya di kasurnya. Hotel ini juga memiliki desain interior yang modern serta nyaman. Harga per malam yang ditawarkan oleh Harmoni Inn ini mulai dari Rp.185.000. Dibandingkan dengan 2 Hotel sebelumnya, maka harga per malam di hotel ini jauh lebih murah. Alamat hotel ini adalah di Jalan Talagabodas Nomor 62, Bandung.

Café di Talaga Bodas

Bincang Santai di Cafe? (foto: mona.net.au)
Bincang Santai di Cafe? (foto: mona.net.au)

Setelah beristirahat sejenak di hotel mungkin bisa dilanjutkan berjalan-jalan di sekitar area hotel. Di Talaga Bodas banyak sekali cafe-cafe yang sangat tepat untuk bersantai. Mungkin setelah menjelajahi Talaga Bodas pasti rasa lelah akan menghinggapi. Namun apabila tidak kekelahan, maka lanjutkan dengan mengunjungi café-café yang terkenal di sekitar Jalan Talaga Bodas. Berikut ini adalah beberapa cafe tersebut.

  1. Café Asix

Cafe ini memang tidak menyediakan tempat yang luas, namun Cafe yang terletak di Jalan Talaga Bodas nomor 25 ini terkenal dengan beragam jenis kuliner yang lezat. Terdapat berbagai macam makanan yang disuguhkan. Makan-makan tersebut antara lain seperti salad, pizza, nasi goreng dan beberapa makanan yang lain.

  1. Double Steak

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai oleh orang-orang. Namun tidak semua orang dapat menikmati daging setiap harinya, karena harganya yang mahal. Salah satu olahan daging yang sudah terkenal di Indonesia adalah steak.

Beragam jenis olahan daging bakar ala Eropa ini tersedia di café ini. Harga ditawarkan juga ramah di kantong. Harga ini banyak menarik minat pengunjung untuk mencicipi tenderloin sirloin ataupun tbone di café ini.

  1. Pawon Pitoe Cafe

Café ini juga menawarkan harga yang sangat ramah di kantong. Harga makanannya dimulai dari belasan ribu rupiah. Cafe ini terletak di Jalan Talaga Bodas nomor 48. Beragam sajian lezat akan dapat ditemukan di sini.

  1. Lilipadi Cafe & Resto

Café ini juga merupakan salah satu tempat berkumpul yang nyaman. Selain luas, café ini juga menyediakan beragam macam kuliner yang lezat. Tak heran, jika akhir pekan tiba ataupun di malam Ahad, café Ini selalu ramai dengan para pengunjung.

Ke Kawah Talaga Bodas dengan Travel

Mengunjungi Talaga Bodas tidak perlu ribet, karena kita bisa menggunakan jasa travel seperti Cipaganti. Tentunya dengan harga yang bisa disepakati bersama. Dengan demikian kita tak perlu bingung mengenai akomodasi beserta keperluan-keperluan kita selama berkunjung ke Talaga Bodas.

Roti Bakar Fellen Khas Talaga Bodas

Salah Satu Hidangan Roti Bakar Fellen (foto: instagram.com@fellenbakery)
Salah Satu Hidangan Roti Bakar Fellen (foto: instagram.com@fellenbakery)

Roti bakar merupakan makanan yang paling tepat untuk menemani udara Talaga Bodas yang dingin. Salah satu toko yang menjual roti bakar khas Talaga Bodas adalah roti bakar Fellen. Banyak varian rasa roti bakar yang dapat dicicipi.

Sejarah dan Cerita dibalik Terbentukya Talaga Bodas

Pembentukan Talaga Bodas memiliki beragam tahapan. Terbentuknya kawah ini intinya adalah karena letusan eksplosif dari Gunung Galunggung, sehingga membentuk sebuah kawah yang kemudian diisi oleh air, sehingga saat ini terbentuklah sebuah danau kawah vulkanik yang indah dengan dikeliling oleh hutan hijau layaknya tembok yang melindungi sebuah harta karun.

BacaJuga:  10 Foto Taman Film di Kota Bandung, Alamat Map, Jalan Menuju Lokasi + Fasilitas Parkir

Info Langka! Ada Curug di Talaga Bodas

Fokus Ke Curugnya Ya.... (foto: youtube.com)
Fokus Ke Curugnya Ya…. (foto: youtube.com)

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di Talaga Bodas juga terdapat sebuah curug atau air terjun kecil. Uuntuk letaknya belum diketahui secara pasti, namun pastinya ada di sekitar area Talaga Bodas. Terdapat beberapa orang yang memberi informasi bahwa keberadaan Curug ini masih tersembunyi. Lokasi yang pastinya mungkin dapat ditanyakan kepada orang-orang yang sering di objek wisata alam ini, sepertu tukang ojek.

Rute dari Tasikmalaya ke Talaga Bodas

Jika berada di daerah Tasikmalaya dan ingin menuju ke Talaga Bodas maka dapat melalui Jalan Raya Cisayong. Waktu yang ditempuh juga terbilang sangat singkat yakni 1 jam 9 menit dengan panjang rute sejauh 29 km ataupun bisa melalui Kecamatan Ciawi. Cukup gunakan aplikasi Google Maps, maka bisa langsung terakses dengan rute tercepat ini dan tentunya harus terhubung ke internet terlebih dahulu ataupun bisa mendownloadnya terlebih dahulu dan diguunakan secara offline. Kekurangan dari penggunaan secara offline ini adalah GPS tidak bisa aktif, melainkan dapat melihat rute jalan atau berfungsi sebagai peta saja. Selain itu, banyak pula wisatawan dari daerah Bogor yang berkunjung ke Talaga Bodas.

Air Panasnya Baik untuk Kulit

Berendam Dulu (foto: pergidulu.com)
Berendam Dulu (foto: pergidulu.com)

Di Talaga Bodas wisatawan juga dapat berendam di air panas yang mengandung belerang. Seperti yang diketahui belerang cukup baik untuk kesehatan kulit. Jadi bagi yang memiliki penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap sangat tepat berendam di air panas ini. Mungkin jerawat juga dapat teratasi dengan air panas di Talaga Bodas ini. Informasi yang lebih valid dapat langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Ada Rumah Pelatihan, Perawatan dan Tempat Menghangatkan Diri

Di daerah sekitar Talaga Bodas juga ada tempat pelatihan untuk kerja di Jepang yakni Kadin. Selain itu, ada pula tempat untuk merawat tubuh yakni di Natasha ataupun sekitar menghangatkan diri di Anata jika memang belum puas dengan Talaga Bodas. Selain itu ada juga Puskesmas yang siap membantu apabila ada masalah dalam hal kesehatan.

Pernah Ditutup karena Ada Insiden

Talaga Bodas pernah ditutup karena ada kejadian yakni kecelakaannya 3 pengunjung yang tercebur ke kawah panas. Peristiwa ini terjadi pada sekitaran tahun 2013. Namun Talaga Bodas kembali ditutup pada tahun 2014, karena terdapat dua desa mempermasalahkan batas wilayah dari Taman Wisata Alam Talaga Bodas yang masuk ke wilayah desanya. Memang masalah tanah selalu menjadi masalah yang pelik di Indonesia. Namun untuk saat ini yang jelas semua masalah itu terselesaikan dan Talaga Bodas siap menampung para pengunjung yang haus akan udara segar dan pemandangan yang menawan, serta air hangat yang siap menghilangkan rasa pegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *