Setiya Aji Flower Farm, Taman Bunga Cantik di Bandungan

Posted on
Setiya Aji Flower Farm, Taman Bunga Cantik di Bandungan
Rate this post
foto by instagram.com/viersalatifa

Lokasi: Jl. Kendalisodo, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, 50614
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 7.500/Orang
Buka/Tutup: 07.00-18.00 WIB
Telepon: +62-856-4014-3324

Melepas penat dengan berlibur sambil melihat pemandangan alam & menghirup udara segar, memang menjadi salah satu alternatif favorit bagi setiap orang yang hendak menghabiskan waktu berlibur.

Pemandangan yang membentang hijau dari pepohonan & perbukitan sekitar, ditambah dengan udara segar & kicauan burung serta warna-warni dari Bunga yang tumbuh menjadi daya tarik tersendiri.

gambar: coratcoretchenes.blogspot.com

Tahukah anda bahwa Indonesia memiliki banyak sekali tanaman khas yang tumbuh di negeri tercinta ini? Beberapa di antaranya datang dari spesies anggrek seperti Anggrek Bulan, Anggrek Larat, Anggrek Tebu, Anggrek Hartinah & Anggrek Hitam.

Tak hanya itu, ada Anaphalis Javanica yang merupakan Edelweis Indonesia, ada juga Melati putih atau Jasminus Sambac, hingga Rafflesia Arnoldi yang penemuannya sempat menggemparkan seluruh dunia.

Dari beberapa nama di atas, 3 di antaranya seperti Anggrek Bulan, Melati Putih & Rafflesia Arnoldi bahkan di jadikan Bunga Nasional melalui Keppres no.4/1993 dengan Rafflesia Arnoldi sebagai Puspa Langka, Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona & Melati Putih sebagai Puspa Bangsa.

Sayangnya beberapa di antaranya termasuk dalam status terancam punah & harus di lestarikan keberadaannya.

Namun di Indonesia sendiri terdapat beberapa taman bunga yang melestarikan beragam jenis bunga baik endemik Indonesia maupun bunga dari negara lainnya yang sengaja di rawat sedemikian rupa agar tampil cantik sekaligus dapat mengedukasi masyarakat.

image by brobali.com

Beberapa di antaranya yang sudah tak asing lagi seperti, Taman Bunga Nusantara & Taman Sakura di Kebun raya di Cibodas, Taman Begonia Lembang, ada juga Selecta flower garden di daerah Malang, Kota Bunga Tomohon.

Serta yang akan kita bahas yakni Taman Bunga Bandungan yang kini tengah hits bagi para pelancong khususnya bagi masyarakat yang ada di Jawa tengah.

Penasaran seperti apa Taman Bunga yang satu ini? Yuk simak informasi yang telah kami rangkum hingga akhir artikel ini!.

Sejarah singkat dari Taman Bunga Bandungan

Bagi kebanyakan orang terutama mereka yang berasal dari daerah diluar jawa tengah, tentunya akan sangat asing mendengar nama Bandungan.

Daerah yang berada di ketinggian 1200mdpl ini, memiliki suhu sejuk dengan titik terendah pada 19 derajat celcius & menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk membudidayakan sayuran & buah-buahan, namun yang tak kalah banyak yakni paguyuban tani pada sektor tanaman hias.

image by instagram.com/kikimariki87

Salah satu yang tengah hits saat ini, ialah Taman Bunga Setiya Aji Bandungan yang memiliki daya tarik tersendiri dengan tanaman krisannya dengan konsep flower farm.

Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini, merupakan buah karya dari penggagasnya yang namanya di abadikan pada destinasi wisata ini.

Setiya aji sendiri, sebenarnya merupakan salah satu mahasiswa di unnes yang memiliki ide untuk membuat sebuah taman bunga di Semarang.

Pada awalnya ia memperhatikan bahwa petani-petani tanaman hias ini menanam bunganya secara individual saja, namun seperti yang ia & petani lainnya ketahui bahwa masa bunga tanaman ini hanyalah 1 bulan saja. Selepasnya tanamannya akan mati & harus mengulang dari awal lagi.

Dengan berlandaskan keinginannya membuat Taman bunga di Semarang, di tambah dengan keprihatinan pada para petani.

BacaJuga:  Menyelami Indahnya Wisata Religi Masjid Agung Demak

Akhirnya Setiya Aji mulai mengedukasi para petani dengan gagasannya dalam menanam bunga ini pada satu tempat saja, sehingga kapanpun orang datang ketempat ini bunga krisan akan tetap bermekaran & proses panen lebih teratur dengan teknik tambal sulam alias menyiapkan beberapa lokasi tanam yang berdekatan guna menjadi magnet wisata & meningkatkan pendapatan para petani.

Pembudidayaan, photo: tribunnews.com

Keindahan & Keunikan Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Taman Bunga yang berada di kawasan lereng gunung ungaran ini, nampak cantik & begitu romantis dengan hamparan bunga krisan yang berwarna-warni.

Bunga-bunga krisan berwarna-warni yang ditanam secara berdekatan ini, di klaim merupakan bunga krisan terbaik dari segi ukuran batangnya yang besar-besar, dengan tinggi yang mampu mencapai 120cm, serta diameter kelopak bunganya sendiri mencapai 7cm.

Luas Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini sendiri, mencapai 50 hektar dengan di tanami beragam warna bunga krisan yakni putih, merah & juga kuning.

Meski di Taman Bunga ini pengunjung bebas berfoto ria, namun ada baiknya tidak melalui tali pembatas yang ada agar tidak merusak keindahan dari bunga krisan yang tumbuh di tempat ini.

Ditempat ini pengunjung tak hanya dapat menikmati hamparan bunga krisan nan cantik, berselfie ria baik dengan teman maupun pasangan, namun pengunjung juga dapat membeli bunga potong dengan warna bebas sesuai yang diinginkan dengan harga cukup 5 ribuan saja perbatangnya.

Sayangnya Taman Bunga Setiya Aji ini, baru melayani pedagang maupun pesanan yang datang dari sekitar kota Semarang maupun Bandungan saja, sebab bunga ini rawan rusak & tentunya untuk menjaga agar bunga yang dikirim tetap segar.

Harganya pun relatif murah yakni hanya dihargai 5 ribuan perikat yang berisi 10 tangkai, namun bila ada upacara adat maupun hari besar harganya dapat melonjak hingga 30 ribuan per ikatnya.

Tak hanya itu, bagi anda yang kebetulan tidak memiliki kamera dengan resolusi yang baik namun tetap menginginkan hasil foto yang maksimal, di tempat ini juga tersedia jasa foto untuk mengabadikan momen yang anda habiskan bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Fasilitas lainnya yang tak kalah penting di Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini ialah ketersediaan Mushola untuk beribadah para pengunjung & juga toilet, serta warung untuk anda yang kebetulan ingin bersantap.

Kebun bunga krisan bandungan, Foto: phinemo.com

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam operasional Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini, letaknya berada di Dusun Ngasem atau tepatnya berada di alamat Desa Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

Bagi anda yang ingin berkunjung ketempat ini, disarankan untuk datang pada pagi hari agar bunga krisan yang ada tampak lebih segar.

Untuk biaya tiket masuknya sendiri, pengunjung cukup merogoh kocek yakni 7.500 rupiah saja perorangnya. Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini sendiri, dapat anda kunjungi mulai pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore WIB.

Cara Menuju Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Bagi anda yang ingin mengunjungi Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini, tentunya bukan lah hal yang sulit mengingat tempat ini kini tengah hits di Semarang.

Patokan yang akan sangat penting bagi anda ialah Hotel Mustika, karena jalan untuk menuju ke Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini berada tepat di seberang Hotel Mustika.

Bagi anda yang kebetulan berada di Semarang kota, anda dapat langsung mengarahkan kendaraan anda menuju tempat wisata Candi Gedong Songo atau cukup bertanya arah pertigaan Umbul Sidomukti.

Dari pertigaan tersebut, anda dapat terus lurus menuju kawasan wisata Candi Gedong Songo & tak jauh akan terlihat bangunan Hotel Mustika pada bagian kanan jalan. Arahkan kendaraan anda ke gang yang ada di seberangnya & tinggal menelusuri jalan hingga tiba di tujuan.

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Tranggulasih Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju ke Sana + Menikmati Pesona Keindahan Wisata?

Sementara bagi anda yang berada di daerah solo maupun salatiga, dapat mengarah ke Ungaran melalui rute Surakarta-Semarang dengan tujuan yang sama yakni Candi Gedong Songo maupun langsung ke Bandungan.

Akses yang akan anda gunakan menuju ke Bandungan, berada tepat di seberang Pom Bensin di daerah Lemah Abang. Dari gang tersebut terus ikuti jalan hingga tiba di pertigaan Umbul Sidomukti & mengikuti rute yang sama dengan rute dari Semarang.

Berburu Foto di Lokasi Wisata, Foto: yukepo.com

Sementara bagi anda yang tengah berada di Purwodadi, dapat menggunakan rute menuju Godong lalu menuju Gubug, Kedungjati & terakhir yakni Tuntang.

Patokannya ialah setelah anda sampai di Polsek Tuntang, maka anda cukup mengarahkan kendaraan untuk menuju ke Bandungan dengan petunjuk yang sama dengan kedua rute di atas.

Anda juga dapat menuju ke Taman Bunga Setiya Aji dari Sumowono, Temanggung, maupun Wonosobo. Dari ketiga tempat tersebut arah yang ditempuh tetap sama yakni menuju ke Bandungan.

Bedanya bila rute sebelumnya bangunan Hotel Mustika berada di bagian kanan, maka dengan rute ini Hotel Mustika akan berada di kiri jalan & tinggal melanjutkan melalui gang yang berada tepat di seberang bangunan Hotel Mustika hingga anda tiba di Taman Bunga Setiya Aji Bandungan.

Sedang berlibur di Yogyakarta? Tenaang, anda juga dapat menuju ke tempat ini dengan melalui rute Yogyakarta-Magelang yang mengarah menuju Ambarawa, nantinya anda akan menemui pertigaan yang letaknya berada di sebelah Terminal Bawen.

Dari Terminal Tersebut anda dapat langsung menuju ke Kota Semarang maupun Bandungan & ikuti petunjuk seperti rute sebelumnya.

Tips berkunjung ke Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Bunga Setiya Aji ini, ada baiknya memperhatikan beberapa tips yang telah kami rangkum agar momen kunjungan anda lebih maksimal, diantaranya adalah :

a. Bagi yang ingin berfoto ria ditempat ini, pastikan anda berkunjung pada pagi hari

Mengapa demikian? Sebab pada pagi hari selain memiliki pencahayaan yang lebih baik dari bantuan sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Anda juga mendapatkan momen terbaik dari bunga krisan dimana pada pagi hari hamparan bunganya masih nampak segar sehingga tampil lebih baik di setiap jepretan kamera.

image by instagram.com/sasaki82

b. Cek cuaca di sekitar Taman Bunga Setiya Aji dan siapkan kamera terbaik

Meski datang pada pagi hari, namun ada baiknya anda tetap memperhatikan cuaca yang ada sebelum berangkat ke Taman Bunga Setiya aji.

Selain kawasan sekitarnya akan licin bila tengah musim penghujan, hasil jepretan anda akan terlihat sendu bila cuaca di sekitar tengah mendung.

Kamera yang baik pun menjadi salah satu bagian penting untuk dapat memperbaiki hasil jepretan ini, namun bagi anda yang hanya mengandalkan smartphone maupun kamera pocket biasa, jangan khawatir! Karena disini ada jasa foto yang tersedia untuk pengunjung.

c. Pilihan warna pakaian yang tepat, untuk mendapat kontras terbaik

Selain terbantu dengan sinar matahari pagi & cuaca sekitar, ternyata pakaian pun turut mendukung hasil jepretan yang baik bagi setiap gambar yang anda ambil menggunakan kamera anda.

Dengan warna pakaian yang tepat, selain menambah kontras pada foto lebih baik tentunya anda akan lebih pede untuk mengupload di media sosial bukan? Hahaha.

d. Siapkan Tripod maupun Tongsis untuk memaksimalkan hasil foto

BacaJuga:  Jalan Menuju Bukit Gantole Wonogiri, Lokasi Menara + Pemandangan Indahnya Sunset Sunrise

Datang hanya berdua dengan pasangan? Tenaang, anda masih bisa mengakali foto romantis anda dengan menggunakan Tripod maupun Tongsis untuk Kamera terbaik anda.

Cukup siapkan Tripod maupun Tongsis pada angle yang anda inginkan & hasil jepretan terbaik pun bisa anda nikmati. Namun bagi anda yang tak ingin repot, Jasa Foto bisa jadi solusinya.

Foto: lampungpro.id

e. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum traveling kemana pun, kondisi kendaraan tentunya penting untuk anda perhatikan kelayakannya. Salah-salah bukannya asyik bertamasya, kendaraan yang anda gunakan malah mogok di tengah jalan & merusak mood liburan anda.

Begitupun dengan anda yang ingin menuju ke Taman Bunga Setiya Aji, karena lokasinya yang cukup sempit disarankan menggunakan kendaraan selain bus agar lebih mudah tiba di tujuan.

f. Perhatikan lingkungan sebelum & sesudah berfoto

Yang terakhir & yang terpenting dari beragam tips yang ada di atas, tentunya anda perlu memperhatikan lingkungan sekitar anda sebelum anda asyik berfoto ria.

Selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah yang anda bawa pada tempatnya, serta mematuhi peraturan & pembatas yang ada agar Taman Bunga Setiya Aji ini tidak rusak & kotor begitu saja seperti yang pernah menimpa Taman Bunga lainnya.

Bisa Selfie Sepuasnya, Foto: tribunnews.com

Tempat wisata terdekat dari Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Untuk mencapai tempat ini pada pagi hari dengan cuaca & pencahayaan dari sinar mentari pagi yang diinginkan, tentunya akan sulit bila anda terlalu jauh dari kawasan Taman Bunga Setiya Aji Bandungan ini.

Namun tentunya di kawasan yang mirip Lembang Bandung ini, juga terdapat banyak penginapan yang dapat anda gunakan sesuai dengan budget yang anda siapkan tentunya. Yang terdekat mungkin Hotel Bandungan maupun Hotel Mustika.

Flower Farm, photo: hargatiketwisatakita.com

Selain Taman Bunga Setiya Aji, kawasan Bandungan juga memiliki tempat wisata lainnya seperti Kebun Bunga Pak Yoto, Ngasem Flower Park, Kampung Krisan Clapar serta Candi Gedong Songo.

Bagi anda yang ingin berburu bunga potong di kawasan Bandungan, anda dapat mencoba berburu di Pasar Bandungan yang terkenal dengan nama Pasar Kembang/Pasar Sayuran Bandungan.

Di Pasar Kembang Bandungan ini, anda akan menemukan beragam bunga potong yang segar yang tak hanya krisan namun ada juga bunga sedap malam, anyelir, mawar dan lainnya yang tersedia beraneka warna.

Bila ingin mendapat yang kualitas terbaik, anda dapat datang pada pagi buta karena pasar ini sudah mulai ramai sejak subuh tiba.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk kunjungi kawasan wisata di sekitar Bandungan & nikmati waktu serta momen berharga anda bersama orang tersayang di Taman Bunga Setiya Aji.

Abadikan momen berharga anda di tempat ini & bagikan melalui media sosial anda agar Petani & kawasan wisata di sekitarnya mendapat peningkatan kesejahteraan. Yuk visit bandungan!.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.