60 Tempat Wisata di Bandung: Farmhouse Alam Lembang, Objek Rekreasi Anak Yang Murah Destinasi Spot Foto Menarik Malam Romantis

Posted on
Tempat wisata di bandung daerah kota selatan utara timur lembang jawa barat dan sekitarnya ada kampung gajah untuk anak kecil keluarga muda yang murah meriah alam menarik daftar objek obyek kabupaten farmhouse rekreasi gambarnya transportasinya keterangannya nama pangalengan indah kawasan baru study tour bulan madu honeymoon hunting foto perpisahan turis malam hari paling populer romantis indah wajib dikunjungi lagi hits unik belum terjamah dekat stasiun kereta kawah putih ciwidey destinasi apa saja lokasi kabupaten desa tangkuban perahu
tempat wisata di bandung (foto: leregimedukan.net)

Sebuatan “Kota Kembang” dan “Paris Van Java” yang melekat pada kota Bandung di masa lampau merupakan sebuah pengakuan dari mereka yang pernah berkunjung ke ibukota Propinsi Jawa Barat ini akan keindahan alamnya serta ragam seni budayanya yang unik dan menarik.

Indahnya panorama alam yang dimiliki Bandung dan daerah di sekitarnya tersebut, tidak lepas dari kondisi geografisnya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi tiga pegunungan. Anugerah dalam bentuk keindahan alam itulah yang selanjutnya berkembang menjadi obyek wisata, dan lebih dikembangkan lagi dengan membuat tempat-tempat rekreasi baru guna menambah daya tarik para wisatawan.

Tidak berhenti sampai di situ, peningkatan di sektor pariwisata yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat juga telah membuat nama Bandung identik dengan wisata belanja dan wisata kuliner. Sehingga jenis wisata apa saja yang ingin dikunjungi wisatawan, semuanya dapat ditemui di Bandung.

Inilah daftar tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi beserta gambarnya, keterangannya serta jalur transportasinya, sehingga mempermudah Anda saat berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

1. Kawah Putih Ciwidey

Alamat: JL. Raya Ciwidey Patengan Km.11, Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.18.000
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 7278341

Kawah Putih Ciwidey (foto: anekatempatwisata.com)

Berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter dpl membuat suhu udara di sekitar Kawah Putih Ciwidey cukup dingin dengan kisaran suhu  antara 80 – 220 Celcius. Namun, dinginnya udara tersebut menjadi tidak terasa tatkala mata menangkap keindahan alam yang luar biasa dari hamparan tanah bercampur belerang berwarna putih yang berpadu sempurna dengan danau yang airnya juga berwarna putih kehijau-hijauan. Menjadi semakin menarik karena warna air danau tersebut dapat berubah-ubah warna sesuai dengan suhu, cuaca dan kandungan kadar belerang.

Begitu indahnya Kawah Putih yang sebenarnya merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, membuat tempat ini kerap dijadikan lokasi untuk pembuatan film, hunting foto, objek lukisan, dan berbagai aktifitas wisata seperti soft tracking, mendaki, dan berkuda.

2. Farmhouse Susu Lembang

Lokasi: JL. Raya Lembang No.108, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Rp.10.000 (Bisa ditukar dengan makanan atau minuman)
Buka Tutup: 09.00 –21.00 WIB
Nomor Telepon: (022) 82782400

Farmhouse Susu Lembang (foto: mixedupalready.com)

Salah satu objek wisata yang lagi hits di Bandung adalah Farmhouse Susu Lembang yang menghadirkan suasana perkebunan dan pertanian layaknya kawasan di Eropa yang dilengkapi dengan rumah Hobbit sebagaimana yang ada di film Trilogi The Lord of The Ring dan Trilogi The Hobbit.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, karena di area kebunnya yang luas, anak kecil dapat bebas berlari kesana-kemari sedang orang tua dapat duduk santai sambil menikmati segarnya udara pegunungan dan meminum susu segar.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Letak: Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang
Peta: Klik Disini
HTM: Wisatawan Domestik Rp.13.000, Wisatawan Asing Rp.50.000
Operasional: 24 Jam

Gunung Tangkuban Perahu (foto: twisata.com)

Disebut Gunung Tangkuban Perahu karena gunung dengan ketinggian 2.084 meter dpl ini bentuknya memanjang dan mirip dengan perahu yang terbalik. Tangkuban Perahu memiliki daya tarik tersendiri untuk didaki karena di bagian lerengnya terhampar perkebunan teh yang menawan untuk dipandang.

Terdapat beberapa kawah di gunung berapi yang masih aktif ini, karena Tangkuban Perahu pernah beberapa kali mengalami letusan. Namun, dari beberapa kawah yang ada hanya 3 kawah yang paling populer dan menjadi objek utama wisatawan saat berkunjung ke tempat ini. Ketiga kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

4. Situ Patenggang

Alamat: JL. Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali
Google Map: Klik Disini
Tarif: Wisatawan Domestik Rp.15.000, Wisatawan Asing Rp.50.000
Operasional: 24 Jam

Situ Patenggang (foto: pegipegi.com)

“Situ Patenggang” dalam bahasa Sunda memiliki arti “Terpisah”. Nama tersebut disematkan pada situ atau danau, karena keberadaan danau tidak lepas dari kisah perpisahan antara keponakan Prabu Siliwangi yang bernama Ki Santang dengan kekasihnya yang bernama Dewi Rengganis akibat terjadinya peperangan. Sepasang kekasih tersebut selanjutnya saling mencari, hingga akhirnya dipertemukan di bawah sebuah batu besar  yang dinamakan Batu Cinta.

Setelah saling bertemu, Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk membuatkan sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya. Ki Santang pun menuruti permintaan tersebut, sehingga akhirnya terciptalah Situ Patenggang dengan daratan kecil di tengahnya yang diberi nama Pulau Sasuka yang artinya Pulau Asmara.

Keindahan Situ Patenggang yang lokasinya berada pada ketinggian 1.600 meter dpl tidak perlu diragukan, karena danau ini dikelilingi cagar alam yang memiliki luas 123.077,15 hektar dan hamparan kebuh teh seluas 45.000 hektar. Sehingga kemanapun mata memandang yang tertangkap  adalah hijaunya pepohonan yang menyejukkan.

5. Bukit Moko

Alamat: Cimenyan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Bukit Moko (foto: djamandoeloe.com)

Di sinilah titik tertinggi Bandung dengan ketinggian 1.500 meter dpl. sehingga merupakan tempat terbaik untuk melihat seluruh wilayah Bandung. Meski berlokasi di titik tertinggi, Anda tidak perlu mencemaskan perut saat berkunjung ke sini, karena di puncak Bukit Moko terdapat sebuah warung yang bernama “Warung Daweung”

Bukit Moko merupakan salah satu tempat favorit anak-anak muda yang banyak memenuhi lokasi pada malam – pagi hari, karena pada malam hari mereka dapat menikmati citylight yakni ribuan bintik-bintik cahaya dari kota Bandung yang menciptakan suasana romantis. Sedang pada pagi hari mereka dapat menikmati keindahan sunset yang muncul dari balik gunung.

6. Floating Market

Alamat: JL. Grand Hotel No.33E, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: Senin – Kamis 09.00 – 19.00 WIB, Jum’at – Minggu 09.00 – 20.00 WIB
Nomer Telpon: (022) 2787766

Floating Market (foto: sheratonbandung.com)

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand untuk berkunjung dan berbelanja di floating market atau pasar terapung, karena di Lembang pun dapat Anda jumpai pasar yang sama. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional khas Sunda dengan rasa yang lezat dan dengan cara berbelanja yang berbeda.

Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan indah di pinggir danau berupa rumah-rumah adat Sunda berbentuk joglo yang difungsikan sebagai restoran, rumah khas Eropa yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto, serta berbagai macam wahana permainan, seperti ATV, Kereta Api Mini, Sepeda Air, Sampan, serta yang lain. Bagi yang datang ke sini dengan membawa anak-anak, dapat mengajak mereka memberi makan angsa atau mengunjungi Taman Batu serta Taman Kaktus.

7. Taman Miniatur Kereta Api

Alamat: JL. Grand Hotel No.33E, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.25.000
Operasional: Senin – Kamis 09.00 – 19.00 WIB, Jum’at – Minggu 09.00 – 20.00 WIB
No Telp: (022) 2787766

Taman Miniatur Kereta Api (foto: floating-market-bandung.com)

Taman Miniatur Kereta Api merupakan salah satu wahana yang banyak digemari para pengunjung yang datang ke Floating Market, utamanya anak-anak, karena tempat ini memang merupakan wahana edukasi untuk menumbuhkan daya imaginasi dan kreatifitas anak.

Terdapat beberapa miniatur kereta api dengan ukuran perbandingan 1:24 dibanding ukuran kereta api asli yang dapat berjalan di sepanjang rel. Untuk menambah daya tarik, wahana ini dilengkapi pula dengan berbagai macam ornamen pelengkap, seperti stasiun kereta api, menara pengawas, jembatan, terowongan, pepohonan, gunung, lembah serta yang lain. Begitu detailnya pembuatan miniatur ini, sehingga saat dizoom dengan kamera dan diambil gambarnya, miniatur kereta api tersebut sama persis dengan kereta api yang sebenarnya.

8. Dusun Bambu Lembang

Alamat: JL. Kolonel Masturi Km.11, Dusun Kertawangi, Desa Cisarua, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 08.00 – 21.00 WIB
Telepon: (022) 82782020

Dusun Bambu Lembang (foto: initempatwisata.com)

Berlokasi di kaki Gunung Burangrang, kawasan wisata ini mengkolaborasikan wisata kuliner dengan wisata alam dan dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan. Dengan mengusung tema Back to Nature Dusun Bambu Lembang menghadirkan keindahan alam yang natural, dilengkapi cafe, restoran serta villa.

Tidak hanya bersantap dengan berbagai macam menu Nusantara dan menu dari manca saja yang ditawarkan tempat ini, tapi juga menawarkan tempat makan yang unik, seperti makan di tempat yang berbentuk mirip dengan sarang burung dan seolah-olah menggelantung di pohon.

9. Jendela Alam Lembang

Alamat: Komplek Graha Puspa, JL. Sersan Bajuri Km.45, Dusun Cihideung, Desa Parongpong, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 09.00 – 16.00 WIB
Telepon: (022) 2788482

Jendela Alam Lembang (foto: liburananak.com)

Jendela Alam Lembang adalah pusat wisata anak-anak yang tidak saja menjadi sarana rekreasi dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya, tapi juga menjadi tempat wisata edukasi untuk memperkaya ilmu, pengetahuan, daya imajinasi dan kreatifitas anak. Tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan kegiatan Live In dan berbagai jenis kegiatan sekolah lainnya mulai dari anak-anak Play Group sampai dengan mereka yang duduk di bangku SMA.

Terdapat 5 wahana edukasi yang dapat dijadikan sebagai sarana berekspresi anak-anak, yaitu: “Jendela Air” yang menyediakan berbagai macam wahana permainan air, seperti Waterboom, Waterball,  Marine Scaping, dan sebagainya termasuk mengenalkan kepada anak tentang proses menjernihkan air. Wahana kedua adalah “Jendela Petualang” yang berisi wahana permainan alam seperti: flying fox, panjat tebing, berkuda, bersepeda dengan rintangan dan Jembatan Goyang.

Wahana ketiga adalah “Jendela Bermain” yang berisi berbagai macam permainan tradisional dan permainan populer lainnya seperti trampoline dan Bak Pasir Play Ground. Wahana keempat bernama “Jendela Hewan” yang mengajak pengunjung menuju areal peternakan untuk memberi makan burung-burung, kelinci, kambing, memerah susu sapi, serta mengambil telur di peternakan ayam Arab. Wahana yang terakhir adalah “Jendela Tumbuhan” yang membawa anak-anak menuju ke perkebunan strawberry, tomat, labu raksasa, cherry, kebun hydroponik, serta kebun tradisional.

10. Kampung Gajah Wonderland

Alamat: JL. Sersan Bajuri Km.38, Dusun Cihideung, Desa Parongpong, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Kamis Rp.10.000, Jumat – Minggu dan hari Libur Rp.20.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 88884012

Kampung Gajah Wonderland (foto: lembangbandung.com)

“One Stop Holiday” konsep itulah yang dihadirkan Kampung Gajah Wonderland yang merupakan kawasan terpadu dengan menggabungkan objek wisata, belanja serta kuliner. Untuk mereka yang ingin berbelanja, tersedia pusat wisata belanja dalam bentuk factory outlet. Bagi yang suka memanjakan lidah telah disiapkan empat restoran yang menyediakan berbagai macam menu, mulai dari menu Sunda dan makanan tradisional Nusantara, sampai dengan menu Oriental, Jepang dan Western.

Untuk mereka yang ingin berwisata, di lahan seluas 60 hektar tersebut telah disediakan berbagai macam wahana dan fasilitas bermain, seperti: Horse Riding, Side Car, Kereta, Delman, Buggy, Formula Kart, Bumper Boat, Body Cycle, ATV, 4D Rider, Tubby, Sky View, seerta yang lain dengan jumlah lebih dari 30 macam wahana permainan.

11. Situ Cileunca

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam

Situ Cileunca (foto: wisatania.com)

Berada di ketinggian 1.500 meter dpl dan dikelilingi perkebunan teh membuat keindahan alam yang dihadirkan Situ Cileunca berpadu dengan sejuk dan segarnya udara. Terlebih lokasi wisata ini juga diapit oleh tebing dan pegunungan yaitu Papandayan, Sepuh dan Malabar.

Situ Cileunca sendiri sebenarnya merupakan waduk PLTA (Pusat Listrik Tenaga Air) yang menampung air dari Sungai Palayangan yang selama ini dikenal sebagai tempat untuk beraktifitas arung jeram. Dengan area waduk seluas 1.400 hektar, berbagai aktifitas wisatapun menyertai tempat ini, seperti berkemah di Camping Ground yang telah tersedia, menyusuri permukaan danau dan memancing dengan menyewa perahu nelayan, mengunjungi kebun strawberry di sekitar lokasi wisata, dan memompa adrenalin lewat aktifitas arung jeram.

12. Ciwangun Indah Camp

Alamat: JL. Kolonel Masturi RT.03 RW.15, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.000
Operasional: 07.00 – 19.30 WIB
Telepon: (022) 61005867

 

Ciwangun Indah Camp (foto: wisatabdg.com)

Bagi para pecinta wisata outbond, Ciwangun Indah Camp (CIC) bakal memberi kepuasan, karena  selain lokasinya berada di tengah kawasan Wisata Lembang yang dipenuhi pepohonan besar dan berbagai jenis tanaman bunga yang indah, tempat ini juga menyediakan berbagai jenis kegiatan wisata alam, mulai dari hiking, Fun Games, Camping Ground, Team Building hingga Company Gathering. Tidak heran jika CIC mendapat julukan Training Camp.

CIC sendiri sebenarnya merupakan Desa Wisata dengan luas sekitar 22 hektar. Dengan kontur daerah berupa lembah dan perbukitan membuat tempat ini penuh dengan spot yang indah. Sehingga selain melatih fisik lewat aktifitas outbond, pengunjung yang datang ke sini juga dapat menikmati keindahan hutan pinus, kebun teh, sungai Situ Lembang, lembah-lembah, danau buatan, serta mengunjungi kebun strawberry.

Sedang berbagai fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung, diantaranya adalah: Camping Ground, Area Outbond, 3 buah saung yang masing-masing dapat menampung 100 orang, gazebo di beberapa titik peristirahatan, Saung Makan yang menyediakan berbagai macam menu khas Jawa Barat dan makanan Nusantara lainnya, Masjid, Aula, Villa serta lahan parkir yang luas.

13. Pemandian Air Panas Ciater

Alamat: JL. Raya Ciater, Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.15.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (0260) 471700, 0812-2436-5169

Pemandian Air Panas Ciater (foto: anekatempatwisata.com)

Sumber air panas yang mulai dikembangkan oleh pemerintah sejak tahun 1968 ini tidak hanya dikenal oleh para wisatawan dari dalam negeri tapi juga turis mancanegara. Karena itu pula di lokasi pemandian  disiapkan sejumlah fasilitas seperti Ciater Spa Resort, Spa and Restaurant, Gracia Spa Resort Hotel, dan Puspa Sari Hotel.

Berbagai macam wahana juga melengkapi Pemandian Air Panas Ciater, mulai dari wahana permainan anak, fasilitas olah raga, Camping Ground, Outbond Area, Kolam Pemancingan, serta Ruang Konferensi yang memiliki Ruang Makan yang luas.

Sumber air panas yang mengalir di Ciater berasal dari Gunung Tangkuban Perahu yang mengairi wilayah seluas 30 hektar, sehingga pemanfaatannya tidak hanya untuk pemandian saja, tapi juga untuk irigasi sawah. Khusus untuk air panas yang dimanfaatkan sebagai  pemandian, temperaturnya sekitar 37 – 42 derajat Celcius. Kolam pemandian tersebut memiliki berbagai macam jenis dan berbagai macam harga. Ada kolam sederhana yang hanya bisa dipakai untuk berendam, ada juga kolam dengan ukuran luas yang dapat dipakai untuk berenang.

14. Sapu Lidi Resort

Alamat: Kompleks Graha Puspa, JL. Sersan Bajuri, Dusun Cihideung, Desa Parongpong, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 22.00 WIB
Telepon: (022) 2786915 0812-2436-5169

Sapu Lidi Resort (foto: travel.kompas.com)

“Makan di Sawah” jargon itulah yang diusung Sapu Lidi Resort yang merupakan kawasan Wisata Terpadu yang menyuguhkan konsep Cafe, Resto dan Galery Seni. Suguhan yang diberikan Sapu Lidi memang berbeda jika dibanding dengan wisata kuliner pada umumnya.  Di tempat ini para pengunjung akan diajak untuk bersantap di sebuah lingkungan khas pedesaan dengan suguhan menu-menu yang lezat, serta menikmati keindahan beragam karya seni.

Menempati area seluas 6 hektar yang memiliki daya tampung sampai dengan 1000 orang, Sapu Lidi menjadi tempat yang nyaman untuk dipakai berbagai macam kegiatan, seperti Family Gathering, Company Gathering, dan berbagai acara yang lain. Bahkan, dengan lokasi di dataran tinggi Lembang yang memiliki udara bersih dan segar khas pegunungan, serta pemandangan alam yang indah, membuat Sapu Lidi juga menjadi tempat yang tepat buat pasangan yang ingin menikmati honeymoon, karena kawasan Wisata Terpadu ini juga memiliki resort untuk menginap dengan tarif mulai dari Rp.900.000 – Rp.3.750.000 permalam.

15. Puncak Ciumbuleuit

Alamat: JL. Rereongan Sarupi, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 00.00 WIB

Puncak Ciumbuleuit (foto: tesyasblog.com)

Berada di kawasan pegunungan berdataran tinggi dengan jarak sekitar 7 km dari kota Bandung, Puncak Ciumbuleuit yang populer dengan sebutan Punclut ada diketinggian 1000 meter dpl. Dengan lokasi yang ada di atas ketinggian itulah membuat udara di kawasan ini terasa sejuk pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari.

Punclut yang menempati areal seluas 290 hektar memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata, karena dari tempat ini, landskap kota bandung yang eksotis berpagar Gunung Malabar dan Gunung Patuha dapat dilihat secara utuh, termasuk beberapa landmark yang ada di kota Bandung seperti Menara Kembar Masjid Raya Jawa Barat, Jembatan Layang Surapati, dan alun-alun kota Bandung.

16. Observatorium Bosscha

Alamat: JL. Peneropong Bintang, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.7.500
Operasional: 09.00 – 13.00 WIB
Telepon: (022) 2786001

Observatorium Bosscha (foto: liburananak.com)

Sebagai Pusat Teropong Bintang Tertua yang ada di Indonesia, Observatorium Bosscha merupakan destinasi yang menarik sebagai tempat wisata edukasi sekaligus wisata sejarah. Di tempat ini pengunjung akan diajak ke ruang multimedia untuk mendapatkan informasi seputar astronomi, melihat cara kerja Teleskop Zeiss yang merupakan teleskop terbesar di Observartorium Bosscha, serta menggunakan Real Time Solar Telescope untuk mengamati matahari melalui gambar proyeksi. Lama kunjungan untuk setiap sesinya 1 jam dengan 15 menit pertama penjelasan di dalam ruang kelas dan 45 menit berikutnya melakukan tour Telescope Zeiss.

17. Gunung Putri

Alamat: JL. Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0852-1886-1522

Gunung Putri (foto: wisatabdg.com)

Meski belum begitu populer di kalangan para wisatawan, Gunung Putri cukup layak untuk dimasukkan ke dalam daftar kunjungan wisata, terutama bagi mereka yang menyukai wisata adventure dan ingin menikmati sesuatu yang berbeda saat melakukan trekking dan hiking. Dengan medan yang tidak terlalu ekstrim, Gunung Putri merupakan tempat yang tepat bagi para pendaki pemula atau para pendaki profesional yang ingin melakukan pemanasan sebelum melakukan pendakian yang sebenarnya.

Selain keindahan pemandangan alam dan udara yang fresh, di puncak Gunung Putri dapat Anda nikmati lanskap kota Bandung yang menawan, serta melakukan kunjungan wisata sejarah ke sebuah benteng yang dibangun Belanda pada tahun 1913 – 1917 yang bernama Benteng  Jayagiri. Hanya saja benteng peninggalan zaman Perang Dunia Pertama yang bangunannya masih kokoh tersebut tidak terawat, sehingga bagian atasnya tertutup timbunan tanah dan ditumbuhi semak belukar.

18. Bandung Treetop Adventure Park

Alamat: Cikole Jayagiri Resort, JL. Tangkuban Perahu Km.28, Desa Cikole
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Mulai dari Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 16.30 WIB
Telepon: (022) 82780672

Bandung Treetop Adventure Park (foto: petatempatwisata.com)

“Fun, Adventure and Adrenalin” tema itulah yang diusung Bandung Treetop Adventure Park yang merupakan salah satu dari 350 cabang Treetop Adventure Park yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Para pengunjung yang datang ke sini akan disuguhi dengan berbagai macam wahana permainan yang memacu adrenalin sehingga butuh nyali yang besar.

Untuk dapat bermain di tempat wisata petualangan ini, biaya yang harus dikeluarkan ada 2 kategori, yaitu: untuk turis lokal Rp. 180.000 (Dewasa), Rp.125.000 (Anak-anak) dan Rp.480.000 (Family/2 dewasa & 2 anak), sedang untuk turis Internasional USD 20 (Dewasa) dan USD 14 (Anak-anak). Biaya tersebut untuk bermain selama 150 menit di 8 tingkatan sirkuit yang memiliki 88 tantangan dan 24 flying fox. Biaya sudah termasuk sewa peralatan keselamatan, air minerl, supporting instruktur profesional, serta asuransi.

19. Terminal Wisata Grafika Cikole

Alamat: JL. Tangkuban Perahu Km. 8, Desa Cikole
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 22.00 WIB
Telepon: (022) 82782441

Terminal Wisata Grafika Cikole (foto: piknikasik.com)

Kawasan Wisata Terpadu yang lebih dikenal dengan nama Terminal Wisata Grafika Cikole ini memadukan wisata kuliner yang ditunjang dengan fasilitas hotel serta menghadirkan keindahan alam karena lokasinya memang berada di kaki Gunung Lembang yang dikenal memiliki panorama alam yang eksotis.

Di area perbukitan yang memiliki ketinggian 1.400 meter dpl dengan luas 9 hektar membuat suhu udaraTerminal Wisata Grafika Cikole selalu sejuk. Terlebih di sekelilingnya berbalut pohon-pohon pinus. Keindahan alam di sekeliling tempat Wisata Terpadu ini juga sering dimanfaatkan  untuk pengambilan foto pre-wedding, sedang hotel Grafika Cikole yang ada di lokasi kerapkali disewa oleh pasangan yang sedang menikmati bulan madu.

20. Situ Lembang

Alamat: Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Situ Lembang (foto: tempatwisatadibandung.info)

Danau Buatan yang dibuat oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1912 ini berlokasi di 2 kaki pegunungan sekaligus yaitu Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Situ Lembang juga merupakan penampungan air terbesar di Bandung yang airnya dimanfaatkan sebagai bahan baku air bersih.

Banyak yang menyebut danau yang berada di ketinggian 1.570 meter dpl ini mirip dengan setting alam yang ada di film “Lord of The Ring”. Pendapat tersebut muncul karena kawasan hutannya yang masih alami dan terjaga keindahannya. Dengan suguhan panorama yang eksotis itulah membuat para wisatawan tidak pernah melewatkan untuk berburu spot menarik untuk dijadikan background foto.

21. Stone Garden Geo Park

Alamat: Desa Gunung Massigit, Kecamatan Cipatat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Stone Garden Geo Park (foto: petatempatwisata.com)

Kawasan gunung batu kapur yang berada pada ketinggian 709 meter dpl ini berada di puncak Gunung Pawon. Dengan luas sekitar 2 hektar tempat ini menyuguhkan keindahan alam sekitar saat dilihat dari ketinggian. Sedang untuk pemandangan yang ditawarkan di lokasi wisata, berupa batu-batu gamping yang berdiri secara alami dengan susunan tidak beraturan, sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis.

22. NuArt Sculpture Park

Alamat: JL. Setraduta Raya No.L6 Ciwaruga
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 09.00 – 21.00 WIB
Telepon: (022) 2017812, 2017816, 2020414

NuArt Sculpture Park (foto: id.pinterest.com)

NuArt Sculpture Park adalah tempat tinggal sekaligus gallery seni dan museum dari salah satu maestro pemahat kelas dunia asal Indonesia, I Nyoman Nuarta. Salah satu karya fenomenalnya yang sudah dinikmati jutaan orang adalah Patung Garuda Wisnu yang ada di Bali.

Berkunjung ke NuArt Sculpture Park dapat menjadi wisata budaya sekaligus wisata edukatif yang akan memperluas pengetahuan Anda tentang dunia seni rupa, sekaligus menikmati karya-karya seni pahat yang mengagumkan. Penataan dekorasi ruangan dan desain outdoor dari landmark ini juga bakal membuat Anda betah berlama-lama di sekitar lokasi.

Terdapat beberapa fasilitas yang melengkapi NuArt Sculpture Park, yaitu: “Sculpture Park” yang memajang hasil karya seni patung, “Gallery Nuart Building” yang menjadi ruang pameran, “Nesti” adalah nama cafe yang ada di sini, “Craft Boutique” tempat menjual miniatur karya Nyoman Nuarta dan karya seniman serta pengrajin lokal dan internasional, serta “Workshop” yang merupakan ruang kerja pemilik gallery dan hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja.

23. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Alamat: JL. Raya Maribaya No.105, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.35.000
Operasional: 08.00 – 20.00 WIB
Telepon: (022) 8278228, 2000190

Maribaya Natural Hot Spring Resort (foto: maribaya-resort.com)

Wisata air terjun dan pemandian air panas, suguhan itulah yang dapat ditemui para wisatawan saat berkunjung ke Maribaya. Kenikmatan berendam air panas tersebut menjadi semakin sempurna karena suasana sekelilingnya yang indah alami berhiaskan pohon-pohon besar dengan udara yang segar.

Berbagai fasilitas yang dapat dinikmati para wisatawan saaat berkunjung ke Maribaya diantaranya adalah: kolam rendam air panas alam, kolam rendam kaki air panas, area bermain anak, kolam pancing, kolam tangkap ikan, area barbeque, amphitheater, Yoga Hill, Food Courd, toilet, mushiollah, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

24. Pine Forest Camp

Alamat: JL. Maribaya Timur, Kampung Cibeunying Kaler, Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Harga Paket Camping mulai Rp.150.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (022) 5204292, 0811-2237-065, 0812-2329-685

Pine Forest Camp (foto: poppylatifah.com)

Bermalam di alam bebas dengan fasilitas exclusive camping di area camping ground yang berpagar pohon-pohon pinus tentu bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sensasi itulah yang ditawarkan Pine Forest Camp. Selain itu berbagai fasilitas juga telah disiapkan oleh pihak pengelola, seperti area api unggun, jalur tracking, kolam aktifitas, air bersih, gazebo, kamar mandi umum, aula terbuka, mushollah, serta yang lain. Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati keindahan alam sekitar namun tidak berniat untuk bermalam di bawah tenda, tersedia 2 unit villa indoor yang dapat disewa.

Dengan fasilitas yang lengkap, berbagai aktifitas dapat digelar di tempat ini, seperti Paintball War Simulations Games, High Rope Course & Flying fox, Outdoor Party and Games, Team Building/Outbond Training, serta Family Gathering/Company Gathering.

25. Curug Tilu Leuwi Opat

Alamat: JL. Kp. Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0812-2224-6821

Curug Tilu Leuwi Opat (foto: wisatalova.com)

Dinamakan Curug Tilu (Tiga), karena air terjun ini memiliki 3 tingkatan. Curug pertama adalah Curug Tilu Leuwi Opat dengan ketinggian sekitar 3 meter dan menjadi suguhan utama wisata ini karena di dekatnya terdapat Camping Ground Ciwangun Indah Camp.

Sesuatu yang unik dan menarik untuk dilihat dari air terjun ini adalah adanya asap yang unik yang berasal dari cipratan air terjun. Sayang sekali kolam di dasar air terjun cukup berisiko jika digunakan untuk aktifitas berenang karena kedalamannya sekitar 15 meter.

Curug kedua dinamakan Curug Kecapi yang tidak terlalu tinggi dan debit airnya juga kecil namun sangat jernih. Sedang curug ketiga dikenal dengan nama Curug Sawer.

26. Gua Pawon

Alamat: Gunung Masigit, Desa Cipatat, Kecamatan Padalarang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Gua Pawon (foto: padmagz.com)

Gua Pawon cukup menarik sebagai objek wisata sejarah karena tempat ini merupakan situs purbakala yang menjadi cikal bakal masyarakat Sunda. Lokasi goa seluas 300 meter2 ini berada di puncak Bukit Pawon dengan ketinggian 601 meter dpl, dan Bukit Pawon sendiri merupakan tempat penambangan batu kapur.

Panjang Goa Pawon sekitar 38 meter, lebar 16 meter dengan ketinggian yang masih belum dapat dipastikan karena atap goa dalam keadaan runtuh. Di dalam goa terdapat beberapa rongga yang menyerupai sebuah yang dilkengkapi dengan jendela alami berukuran besar. Di tempat inilah untuk pertama kalinya ditemukan kerangka manusia purba yang dipercaya menjadi cikal bakal masyarakat Sunda.

27. Taman Begonia

Alamat: JL. Raya Maribaya No.120A, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.30 WIB
Telepon: (022) 2788527, 0812-220-0202

Taman Begonia (foto: wisatajabar.com)

Taman Begonia Glory yang lebih populer dengan sebutan Taman Begonia merupakan taman bunga yang sengaja didirikan untuk memperkaya khasanah Florikultura Indonesia. Dinamakan Taman Begonia karena komoditas utama dari taman ini adalah Bunga Balinea yang juga disebut Bunga Begonia. Meski begitu di tempat ini juga dapat ditemui berbagai macam jenis bunga dengan bentuk dan warna yang indah, seperti Bunga Salvia, Melampodium, Bunga Celosia, Bunga Geranium, dan masih banyak lagi.

Selain menyuguhkan Taman Bunga, destinasi wisata ini juga memiliki Taman Sayuran yang ditanami berbagai macam jenis buah dan sayuran. Menariknya, pengunjung yang datang kesini tidak hanya dapat melihat-lihat keanekaragaman tanaman, tapi juga bisa memetik dan memakan langsung di tempat, atau memasaknya di tempat yang telah disediakan oleh pengelola.

28. Taman Bunga Cihideung

Alamat: JL. Kolonel Masturi No.223, Desa Cihideung, Kecamatan Parongrong
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 278 5154, 082 128 575 785, 0852-1886-1522

Taman Bunga Cihideung (foto: outboundbandungjavawisata.wordpress.com)

Ruang terbuka yang dipenuhi berbagai jenis bunga dengan bentuk dan warna yang indah, bakal menghipnotis siapapun yang datang ke Taman Bunga Cihideung. Meski disebut Taman Bunga, destinasi ini sebenarnya bukan merupakan taman bunga dalam arti yang sebenarnya, melainkan sebuah perkampungan tepatnya sebuah Desa yang bernama Cihideung, dimana hampir semua masyarakatnya membudidayakan berbagai jenis bunga dan tanaman hias untuk dijual kepada para wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut atau dikirim ke daerah lain.

Karena budidaya bunga dan tanaman hias tersebut dilakukan oleh hampir semua warga yang mendiami area seluas 50 hektar, maka begitu memasuki kawasan ini, yang Anda saksikan adalah hamparan taman bunga yang indah dan menawan.

29. Curug Malela

Alamat: Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gunung Halu
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam

Curug Malela (foto: flora-pasaribu.blogspot.co.id)

Besar dan mempesona, gambaran itulah yang pantas untuk melukiskan Curug Malela pada saat debit air sedang besar dan aliran air yang melintasi air terjun ini sedang deras. Karena Curug Malela yang memiliki 5 jalur air terjun ini memang berketinggian 60 meter dengan lebar sekitar 70 meter. Kemegahan dan keindahan air terjun ini, bila dilihat dari kejauhan menyerupai benang-benang sutra yang halus dan berkilauan.

30. Gunung Artapela

Alamat: Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0812-2380-3013

Gunung Artapela (foto: crazytravelmate.com)

Eksotisme pemandangan alam dengan hamparan hijau rerumputan dan pepohonan yang berselimut kabut menjadi daya tarik utama bagi para pendaki yang berpetualang di gunung yang sudah tidak aktif ini. Terlebih pada saat matahari sedang terbit atau akan tenggelam, sunrise dan sunset yang disuguhkan keindahannya sulit untuk  dilukiskan dengan kata-kata.

Di puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.194 meter dpl ini juga dapat dijumpai padang rumput dan ilalang seluas 40 hektar yang menyajikan pemandangan khas dan tidak dijumpai di tempat lain. Tidak hanya itu, tepat di bawah puncak Artapela Pengalengan, pendaki juga dapat menjumpai danau alam yang menawan yang dikenal dengan nama Danau  Aul.

31. Gunung Nini

Alamat: Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

Gunung Nini (foto: sportourism.id)

Keindahan sunrise dan sunset hanya salah satu dari pesona yang disuguhkan oleh Gunung Nini atau Bukit Nini yang memiliki ketinggian 1.600 meter dpl dan berada di kawasan Bandung Selatan ini. Keindahan lainnya akan dijumpai saat sudah sampai di atas bukit. Karena di tempat ini terdapat sebuah saung yang fungsinya sama dengan Gardu Pandang, yakni untuk menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian.

Dengan dikelilingi perkebunan teh seluas 2.022 hektar, membuat pendaki yang sudah mencapai saung di atas bukit akan dapat merasakan sensasi tersendiri saat melihat hamparan hijau yang mengelilingi bukit.

32. Babakan Siliwangi

Alamat: JL. Siliwangi No.7, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: (022) 2501394

Babakan Siliwangi (foto: rizkooblogsite.blogspot.co.id)

Ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru kota Bandung ini boleh jadi merupakan tempat wisata tertua di Bandung karena area seluas 3,8 hektar ini sejak jaman kolonialisme Belanda telah menjadi kawasan Sabuk Hijau kota Bandung yang memiliki nama Lebak Gede. Bahkan pada tahun 1920, Babakan Siliwangi yang populer dengan sebutan Baksil telah ditata sedemikian rupa untuk dijadikan kawasan hutan kota sekaligus menjadi perkebunan terbuka untuk masyarakat.

Saat ini Baksil menjadi tempat favorit bagi masyarakat Bandung yang ingin menikmati wisata murah meria, karena tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi, mereka sudah dapat menikmati suasana yang nyaman dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk dan segar.

Selain itu, berbagai aktifitas wisata juga digelar secara rutin di Baksil, seperti Jogging Ria, adu kreatifitas membuat sangkar burung, berbagai lomba, festival dan pertunjukan seni, serta kegiatan yang lain. Buat para pecinta fotografi atau mereka yang ingin menghiasi akun instagram dengan gambar-gambar pemandangan alam yang indah, di tempat ini juga banyak terdapat spot-spot menarik untuk pengambilan foto.

33. Bukit Teletubies

Alamat: JL. Siliwangi No.7, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Bukit Teletubies (foto: pegipegi.com)

Dinamakan Bukit Teletubbies, karena gundukan-gundukan bukit yang ada di kawasan ini mengingatkan kita pada serial film kartun yang populer di tahun 1990-an yakni film Teletubies. Hanya saja, karena lokasi ini masih belum dikelola secara profesional, membuat fasilitas yang representatif bagi para wisatawanpun masih belum tersedia.

Namun demikian hamparan bebukitan yang lapang dengan pemandangan alam yang indah dan masih alami, membuat Bukit Teletubies kerap dijadikan sebagai lokasi perkemahan serta tempat camping anak-anak muda, meski camping ground yang ada masih sebatas area camping alami.

34. Saung Angklung Mang Udjo

Alamat: JL. Padasuka No.116, Desa Pasirlayung,  Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota  Bandung
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin- Jumat Rp.60.000, Sabtu – Minggu Rp.75.000
Operasional: 09.00 – 15.30 WIB
Telepon: (022) 7271714

Saung Angklung Mang Udjo (foto: reportaseharga.com)

Saung Angklung Mang Udjo selain menjadi destinasi wisata budaya dan edukasi juga merupakan satu-satunya Pusat Kesenian Tradidional Angklung. Dengan membayar tiket yang relatif murah, pengunjung sudah dapat menikmati suasana padepokan kesenian angklung yang asri dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat, sekaligus mendapatkan Welcome Drink dan menikmati pertunjukan kesenian angklung selama 2 jam.

Pertunjukan yang dimainkan oleh anak-anak bahkan sebagian besar berumur kurang dari 10 tahun tersebut meliputi permainan musik angklung, Arumba yakni tarian tradisional Sunda yang diiringi musik angklung, wayang golek, tari Jaipong dan Helaran yakni ritual syukuran yang menjadi tradisi masyarakat Sunda.

Di lokasi Saung Angklung Mang Udjo juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan tangan dalam bentuk wayang golek, gantungan kunci, sandal, tas dan berbagai macam souvenir lainnya, termasuk alat-alat musik angklung. Jika ingin menikmati lebih lama suasana wisata budaya yang ada di tempat ini, tersedia pula Guest House yang dapat disewa dengan harga Rp.300.000 – Rp.900.000 permalam.

35. Situ Cisanti

Alamat: Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Situ Cisanti (foto: jengkaljengkalcerita.blogspot.co.id)

Danau dengan air yang jernih menjadi suguhan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain itu, keindahan panorama alam di area seluas hampir 10 hektar tersebut juga bakal memanjakan mata siapapun. Karena lokasi wisata yang dipenuhi pepohonan ini dikelilingi dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi, yaitu  Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Rakutak, Gunung Kendang dan Gunung Bedil. Perpaduan hijaunya pepohonan dengan latar belakang pegunungan itulah yang menciptakan pemandangan alam yang sangat indah.

36. Kawah Rengganis

Alamat: Desa Patengan,  Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Kawah Rengganis (foto: dwilestariyuniawati.wordpress.com)

Selain Kawah Putih yang mempesona, sekitar kawasan Ciwidey juga memiliki objek wisata Kawah Rengganis yang juga tidak kalah keindahannya. Bahkan ada beberapa kelebihan dari Kawah Rengganis yang tidak terdapat pada Kawah Putih. Dibandingkan dengan Kawah Putih, kawasan Kawah Rengganis lebih rindang dan asri oleh pepohonan serta bebatuan. Bau belerang yang tercium juga tidak seberapa menyengat, dan formasi bebatuan yang mengeluarkan asap juga dapat dijadikan latar belakang foto yang instagramable.

Kelebihan lain dari Kawah Rengganis, kawah yang ada di sini bercampur dengan aliran air sungai yang sangat jernih sehingga dapat digunakan untuk mandi dan menyembuhkan beberapa macam penyakit, seperti encok, rematik, penyakit kulit dan melancarkan aliran darah. Bahkan dengan adanya geyser kecil atau mata air panas yang menyembur ke atas dan menciptakan uap panas, membuat Kawah Rengganis dapat dimanfaatkan untuk spa dan sauna alami.

37. Bukit Jamur

Alamat: Desa Rancabolang,  Kecamatan Ciwidey
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Bukit Jamur (foto: infobdg.com)

Disebut Bukit Jamur karena di tempat ini banyak tumbuh pohon-pohon cemara, bahkan sebagian diantaranya tertata dengan rapi, namun pohon-pohon cemara tersebut pertumbuhannya tidak normal atau kecil/kerdil sehingga menyerupai bentuk jamur payung. Didukung lingkungan sekeliling yang hijau alami, membuat keberadaan cemara-cemara kerdil tersebut tidak saja unik dan menarik, tapi juga menawan untuk dilihat. Tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Selain menikmati keindahan dan keunikan cemara-cemara berbentuk jamur payung, para pengunjung yang datang ke sini juga dapat melihat rumah-rumah kuna dengan arsitektur bergaya Belanda yang menjadi bagian dari PTP Nusantara VIII. Lokasi rumah-rumah peninggalan jaman kolonial Belanda tersebut tidak begitu jauh dari Bukit Jamur.

38. Kampung Batu Malakasari

Alamat: JL. Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Paket Wisata Pelajar Rp.90.000/Orang, Paket Wisata Smart & Creatif Rp.110.000/Orang, Paket Wisata Goyang Leutak Rp.85.000/Orang, Paket Wisata Lembur Kuring Rp.95.000/Orang
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (022) 72591042, 5947823

Kampung Batu Malakasari (foto: buahatiku.com)

Kampung Batu Malakasari merupakan kawasan wisata alam yang berada di atas lahan seluas 50.000 meter2. Mengusung konsep Geo Wisata dan Eko Wisata, berbagai fasilitas disediakan untuk memanjakan para pengunjung dan wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini. Begitu juga dengan anjungan dan wahana yang tersedia, dari waktu ke waktu terus ditambah.

Dengan berbagai wahana dan fasilitas yang tersedia tersebut berbagai aktifitas wisata dapat dilakukan oleh para wisatawan, diantaranya melakukan wisata alam dengan mengunjungi wahana persawahan, perkebunan serta wahana danau dan bukit batu. Berwisata edukasi dengan mengunjungi wahana rumah adat Sunda, Beternak unggas dan wahana seni budaya Sunda. Untuk yang berwisata Outbond, tersedia tersedia rumah pohon dan mini flying fox, jaring laba-laba, jembatan Loop Bridge dan Burma Bridge, jembatan goyang, panjat dinding, Kukuyuan, dan Flying fox sepanjang 120 meter. Terdapat pula wisata Fun Games yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga seperti Kereta mini, Trampolin, Pancingan Anak, Tangkap kerlinci, Tangkap Belut serta yang lain.

Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan kolam renang yang dinamakan Tektona Waterpark yang memiliki berbagai jenis kolam yaitu kolam Olimpyc, Kolam Ombak, Kolam Arus, Toots Pool dan Kids Pool. Fasilitas lainnya adalah Gedung Teatrikal Serba Guna yang dipakai untuk menggelar pertunjukan dan aktifitas yang lain, serta fasilitas Food Court yang menyediakan berbagai macam masakan khas Sunda.

39. Ranca Upas

Alamat: JL. Raya Ciwidey – Patengan Km.11, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0812-2345-6911

Ranca Upas (foto: katalogwisata.com)

Ranca Upas adalah kawasan hutan lindung seluas 215 hektar yang menjadi tempat konservasi beberapa jenis flora langka seperti Hamirug, Kihujan, Jamuju dan Huru serta beberapa jenis fauna langka seperti Rusa dan beberapa jenis burung. Sebagai kawasan wisata alam terpadu,  Ranca Upas menyediakan sejumlah fasilitas bagi para wisatawan, diantaranya adalah: camping area, penangkaran rusa, waterboom, kolam pemandian air panas, fun adventure, serta fun games.

40. Gunung Puntang

Alamat: Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.4.000
Operasional: 24 Jam

Gunung Puntang (foto: liburmulu.com)

Wana Wisata Gunung Puntang merupakan salah satu tempat terbaik bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin melakukan aktifitas perkemahan dan camping, karena itu destinasi wisata yang satu ini dikenal pula dengan sebutan Bumi Perkemahan Gunung Puntang.

Bagi penggemar hiking, Gunung Puntang juga menjadi tempat yang menarik dan menantang untuk ditaklukkan. Karena kisah-kisah misteri yang menyelimuti gunung ini ditambah kondisi alam yang masih alami dengan rimbun pepohonan yang tinggi serta suhu udara yang dingin membuat pendaki harus memiliki cukup nyali serta fisik yang kuat. Namun, begitu sampai di puncaknya jerih payah yang yang sudah dilakukan, akan tertebus dengan pesona alamnya yang eksotis.

Satu lagi yang menjadi daya tarik dari gunung Puntang adalah adanya jejak sejarah zaman kolonialisme Belanda dalam bentuk Goa Belanda yang dulu merupakan stasiun pemancar radio terbesar se-Asia Tenggara dan difungsikan untuk menyebarluaskan informasi ke seluruh dunia, termasuk menyampaikan informasi ke Negeri Belanda.

41. Bukit Bintang

Alamat: Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.2000, Hari Libur Rp.3.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0819-1005-4134

Bukit Bintang (foto: tempatwisatatop.blogspot.co.id)

Pada siang hari kawasan yang berada di Wilayah Bandung sebelah utara ini memang terlihat biasa-biasa saja, namun begitu menjelang sore dan malam hari, daerah perbukitan tersebut berubah 360 derajat menjadi sebuah lokasi yang sangat mempesona.

Berada di Bukit Bintang pada malam hari seolah berada di negeri atas awan dengan kerlap-kerlip lampu kota Bandung yang berkilauan layaknya bintang-bintang yang gemerlapan. Dengan dinginnya udara malam yang menyelimuti kawasan tersebut, membuat pemandangan yang eksotis tersebut berpadu dengan suasana yang romantis.

42. Taman Lembah Dewata

Alamat: JL. Tangkuban Perahu Km.37, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0812-2253-6000

Taman Lembah Dewata (foto: pakansie.com)

Kawasan wisata Bandung Utara yang memiliki kontur geografis area perbukitan ini nilai jualnya ada pada keindahan alam yang berlatarbelakang danau tadah hujan yang dinamakan Danau Taman Lembah Dewata. Para wisatawan yang datang ke sini dapat menyusuri kawasan perairan dengan menyewa perahu seharga Rp.30.000 atau mengitari kawasan danau menggunakan kuda dengan tarif Rp.30.000 untuk rute pendek, Rp. 50.000 untuk rute keliling danau dan Rp. 100.000 untuk rute keliling danau dan bukit.

Jangan lupa untuk mengabadikan panorama sekeliling dengan kamera, karena banyak spot-spot menawan yang dapat dijumpai di Taman Lembah Dewata. Itu sebabnya tempat wisata ini kerap dijadikan objek pemotretan foto pre-wedding dan menghiasi banyak akun instagram.

43. Desa Wisata Kampung Pasir Angling

Alamat: Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0852-1886-1522

Desa Wisata Kampung Pasir Angling (foto: liputan6.com)

Seperti halnya desa-desa wisata yang lain, daya tarik yang melekat pada Desa Wisata Kampung Pasir Angling terdapat pada kehidupan masyarakatnya yang masih kental memegang adat istiadat dan mempertahankan budaya tradisional. Sehingga berbagai macam pertunjukan kesenian tradisional seringkali digelar di tempat ini, seperti musik kecapi.

Meski begitu, bukan berarti masyarakat desa anti terhadap kesenian modern, terbukti rumah-rumah yang ada di sini dihiasi dengan berbagai bentuk lukisan mural yang menghiasi dinding-dinding rumah. Lukisan-lukisan mural itulah yang menjadi objek menarik untuk berfoto selfie bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Nilai jual lain yang dimiliki Desa Wisata Kampung Pasir Angling adalah lokasinya yang berada di tepi hutan, sehingga udaranya sejuk dan segar dengan panorama indah membalut di sekelilingnya. Beberapa spot wisata juga melengkapi keindahan desa ini, seperti Batu Ngampar, Bukit Tunggul dan Curug Bellarosa.

44. Curug Bellarosa

Alamat: JL. Maribaya Timur, Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000
Operasional: 24 Jam

Curug Bellarosa (foto: holidayvillalembang.com)

Membicarakan Desa Wisata Kampung Pasir Angling rasanya kurang lengkap tanpa menyinggung Curug Bellarosa yang juga dikenal dengan nama Curug Keraton Suntenjaya Cibodas, karena lokasi Air Terjun Keraton ini berada di wilayah Desa Wisata tersebut.

Untuk mencapai lokasi Curug Bellarosa, pengunjung harus terlebih dahulu membelah kawasan hutan pinus dengan panorama alamnya yang indah dalam waktu sekitar 30 menit dari desa Sinten Jaya. Selanjutnya akan Anda temui air terjun yang belum banyak terjamah manusia sehingga terkesan sangat alami. Di sekitar area Curug juga dapat Anda temui gazebo dalam bentuk saung-saung tradisional yang bersih dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat sambil melihat keindahan Curtug bellarosa dan pemandangan di sekitarnya.

Satu lagi spot menarik yang ada di lokasi air terjun ini adalah simbol pemersatu cinta yang berupa batu besar berbentuk hati dan dikenal dengan nama Batu Cinta Bellarosa. Batu Cinta itu tempatnya di area yang kerap digunakan sebagai tempat api unggun oleh mereka yang melakukan perkemahan di sini.

45. Bukit Gantole Cililin

Alamat: Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Bukit Gantole Cililin (foto: wisatajabodetabek.wordpress.com)

Dinamakan Bukit Gantole karena di bukit yang memiliki ketinggian 392 meter dpl ini dulu pernah dipakai sebagai venue cabang olah raga Gantole pada penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan sekitar 5 km dari desa Tanjungjaya dengan jalan menanjak yang memiliki kemiringan hingga 45 derajat. Sehingga bagi mereka yang memiliki hobby tracking menyusuri medan-medan berat dan menembus rimbun pepohonan, perjalanan menuju Bukit Gantole bakal menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.

Meski fasilitas yang ada di puncak bukit sangat minim, namun pengunjung akan terpuaskan dengan keindahan pemandangan di sebelah utara bukit berupa tempat-tempat wisata yang ada di Cimahi, di kawasan Lembang dan tempat wisata yang ada di Dago saat dilihat dari ketinggian. Termasuk juga hamparan persawahan, perkampungan penduduk, hamparan air waduk Saguling serta Gunung Malabar yang tampak eksotis saat dilihat dari kejauhan.

46. Balitsa Lembang

Alamat: JL. Tangkuban Perahu No.517, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 22786025

Balitsa Lembang (foto: bandung.pojoksatu.id)

Balitsa adalah kependekan dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran yang merupakan tempat penelitian berbagai macam tanaman sayuran dan tempat pengembangan tanaman hortikultura terbesar di Indonesia. Dengan fungsi yang melekat tersebut membuat Balitsa kerap dijadikan sebagai objek study tour bagi para pelajar dan mahasiswa, tidak hanya yang berasal dari wilayah di sekitar Bandung tapi juga dari berbagai daerah di seluruh penjuru tanah air.

Sudah barang tentu suguhan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah wisata edukasi untuk mempelajari tentang bagaimana proses dan tahapan penelitian berbagai jenis tanaman termasuk tanaman hortikultura. Para pengujung juga dapat melihat-lihat keindahan kebun-kebun sayuran yang ada di Balitsa, seperti kebun tomat, terong, wortel, mentimun, bayam, kacang panjang, Kubis, sawi, bawang putih, bawang merah, kentang, serta yang lain.

Selain wisata edukasi, Balitsa juga menyuguhkan wisata alam lewat indahnya panorama sekeliling, utamanya jajaran pohon pinus yang artistis dan eksotis, sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan per-wedding dan banyak menghiasi akun sosial media.

47. Bukit Tunggul Cibodas

Alamat: Desa Cibodas, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

Bukit Tunggul Cibodas (fototempatwisatadibandung.info)

Bukit Tunggul merupakan puncak tertinggi dari gugusan pegunungan yang ada di Bandung utara dengan ketinggian 2.209 meter dpl. Kawasan Bukit Tunggul sebagian besat ditanami dengan tanaman Kina yang dikelola secara resmi oleh PTP Nusantara VII.

Selain indahnya hamparan pohon Kina dan sejuknya udara, wisatawan yang datang ke sini juga akan disuguhi wisata air berupa danau yang dikenal dengan nama Situ Sangkuriang Bukit Tunggul. Di sekitar lokasi juga tersedia camping ground, outbond area, wahana permainan anak seperti Flying Fox,  High Rope, Spider Web serta yang lain, dan juga fasilitas penginapan buat para wisatawan yang ingin bermalam di Bukit Tunggul.

48. Curug Cimahi 

Alamat: JL. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15000
Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Curug Cimahi (foto: buruan.co)

Air terjun yang berada di ketinggian 1.050 meter dpl ini berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya yang ada di Indonesia, karena pihak Perhutani KPH Bandung Utara selaku pengelola tempat wisata ini telah memasukkan unsur pencahayaan dengan mengadopsi salah satu wisata air terjun yang ada di Amerika tepatnya di negara bagian Colorado.

Dengan memasukkan unsur pencahayaan yakni memasang lampu berwarna-warni di bagian belakang air terjun, membuat air yang jatuh dari ketinggian 71 meter, sebelum sampai di dasar air terjun menebarkan kilauan warna-warni menyerupai pelangi, sehingga tampak semakin indah.

Kawasan Curug Cimahi yang juga menjadi habitat kera ini benar-benar dikelola secara profesional, sehingga tidak sulit bagi para wisatawan memperoleh spot yang cantik untuk dibidik dengan lensa kamera. Selain itu beberapa fasailitas juga telah disiapkan, seperti pagar pengaman, bangku-bangku untuk beristirahat, Pusat Informasi dan Pos Jaga, Shelter, Mushollah, Piknik Site, lahan parkir dan berbagai fasilitas untuk membuat para wisatawan merasa aman dan nyaman.

49. De Ranch

Alamat: JL. RayaMaribaya No.17, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000
Operasional: Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari Libur 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (022) 2785865

De Ranch (foto: deranchlembang.com)

Sejak dibuka pada tahun 2007 tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena memang menyajikan tempat wisata yang berbeda dari yang lain. Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ini menawarkan konsep kehidupan ala Cowboy, sehingga segala sesuatu yang ada di sini semua mengusung identitas cowboy mulai dari property, baju, topi, sepatu sampai dengan sarana transportasi yang mengandalkan kuda.

Berbagai macam wahana permainan yang juga bernuansa cowboy dihadirkan di sini, dan bagi mereka yang ingin mencoba wahana tersebut dikenakan biaya tersendiri diluar biaya tiket masuk. Wahana permainan tersebut diantaranya adalah Kuda Tunggang, Delman, Kuda Poni, PoniKidz, Panahan, dan sebagainya. Sedang untuk fasilitas yang tersedia diantaranya adalah: Kursus Menunggang Kuda, Kursus Kusir, Kursus Merawat Kuda, Kursus Memerah Susu Sapi, Kursus Memasak Kue Ala De ranch,  Pasar Tanaman Hias, Restoran, Factory Outlet, Toko Souvenir, Track untuk Kursi Roda, Mushollah, Kamar Mandi, dan Tempat Parkir.

50. Sendang Geulis Kahuripan

Alamat: Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0852-9544-7036

Sendang Geulis Kahuripan (foto: wisataterindah.net)

Sendang Geulis Kahuripan adalah sumber mata air alami yang sangat jernih sehingga bebatuan, pasir, lumut-lumut dan apapun yang ada di dasar sendang akan dapat terlihat dengan jelas dari atas permukaan air. Dengan jernihnya air itu pula membuat Sendang Geulis Kahuripan sangat menarik untuk digunakan aktifitas snorkeling serta pengambilan foto di dalam air yang tentunya bakal menarik perhatian saat dipajang di instagram.

Mendi, berenang, berendam dan menyelam di Sendang Geulis Kahuripan menjadi makin mengasyikkan karena sumber mata air ini dikelilingi perbukitan dan persawahan yang hijau dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

51. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug (foto: ashadinatha.wordpress.com)

Alamat: JL. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500
Operasional: 09.00 – 16.00 WIB

Dinamakan Curug Bugbrug karena menurut masyarakat setempat jatuhnya air pada air terjun ini bertumpuk-tumpuk dengan suara hempasan air brug…brug…brug. Air terjun yang berada pada ketinggian 1.050 meter dpl ini memiliki tinggi curahan air sekitar 50 meter dengan lebar 2 meter dan kedalaman kolam di bawah air terjun sekitar 3 – 4 meter. Meski tidak terlalu dalam, para pengunjung yang datang ke sini disarankan untuk tidak mandi di bawahnya karena pada kolam air terjun tersebut terdapat pusaran air sehingga membahayakan mereka yang mandi.

52. Sanghyang Poek

Alamat: JL. PLTA Saguling, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini

Sanghyang Poek (foto: wisatabdg.com)

Sanghyang Poek adalah goa purbakala yang memiliki batu-batu raksasa berwarna putih dengan bentuk yang unik sehingga sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Jika masih belum cukup dengan keindahan bebatuan yang ada di luar goa, dapat menyusuri ke bagian dalam goa untuk melihat stalaktit dan stalagmit yang menawan dengan bentuk menyerupai karang di lautan.

Di dekat Goa Sanghyang Poek ini terdapat sungai dengan arus yang tidak seberapa deras dan di sungai tersebut bertebaran batu-batu besar berwarna putih yang juga sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

53. Upside Down World

Alamat: JL. H. Wasid No.31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Anak-anak Rp.50.000, Dewasa Rp.100.000
Operasional: 10.00 – 20.00 WIB
Telepon: (022) 20454234

Upside Down World (foto: indy-vacation.com)

Setelah sukses di Bali, Upside Down World melebarkan sayapnya ke Bandung dengan masih mengusung destinasi berkonsep sama yaitu rumah beserta berbagai macam perabotannya yang  ditata dengan serba terbalik. Ruangan-ruangan yang mengisi rumah tersebut diantaranya living room, kids room, master bed room, dining room, dapur, bathroom, ruang musik dan mural.

Perabotan dan furniture yang menghiasi ruang-ruang tersebut semuanya asli dan ditata sedemikian rupa layaknya perabotan yang ada di rumah-rumah pada umumnya namun dengan posisi yang terbalik, sehingga saat berfoto di dalam rumah tersebut posisi Anda pun seolah terbalik.

54. Amazing Art World

Alamat: JL. Setiabudi No.293, Desa Isola, Kecamatan Sukasari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Anak-anak Rp.80.000, Pelajar Rp.100.000, Umum Rp.150.000
Operasional: 09.00 – 21.00 WIB
Telepon: (022) 2018280

Amazing Art World Bandung (foto: wisatabdg.com)

Maraknya penggunaan media sosial dan semakin banyaknya orang-orang yang ingin bernarsis ria membuat objek wisata yang menjual spot menarik untuk pengambilan foto semakin bertebaran. Selain Upside Down World, satu lagi lokasi unik dan menarik untuk objek foto yang ada di Bandung adalah Amazing Art World.

Di tempat ini Anda akan mendapati sejumlah lukisan 3D yang dapat menipu mata sehingga saat berfoto dengan latar belakang lukisan tersebut, Anda seolah-olah menjadi bagian dari lukisan atau lukisan tersebut seolah-olah menjadi bagian dari kehidupan nyata.

Menempati area seluas 15.500 meter2, Amazing Art World merupakan museum 3D terbesar di Indonesia.  Adapun tema-tema lukisan yang ada di sini terbagi atas 11 tema, yaitu: History Zone, Media Zone, Artistic Zone, Dinosaurus Zone, Aqua Zone, Winter Zone, Main Hall, Fantasy Zone, Living Zone, Animal Zone dan Love Zone.

55. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Alamat: JL. Raya Barutunggul Km.17, Desa Alamenda, Kecamatan Rancabali
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.40.000
Operasional: 24 Jam
Telepon: 0813-9438-0069

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort (foto: bandungnewsphoto.com)

Destinasi wisata yang memiliki luas 2 hektar ini memadukan unsur tradisional dan modern yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana seperti Swimming Pool, Resort, Camping Ground serta Resto. Terdapat 20 kamar cottage standard dan 3 kamar family cottage yang disediakan bagi para wisatawan yang ingin menginap di sini. Sedang untuk wisatawan yang ingin menginap di alam terbuka tersedia 6 kamar standard camping ground ditambah 4 kamar family camping ground.

Fasilitas lain yang disediakan bagi para pengunjung diantaranya adalah Wahana Taman Bermain Anak yang berisi ruang labirin,silinder, ayunan, dan balon air, kebun strawberry, sangkar burung raksasa dengan desain yang unik, camping ground ala Indian, serta ruang meeting yang memiliki kapasitas 50 orang lengkap dengan sound system, big screen, dan tentunya view pemandangan alam.

56. Museum Geologi

Alamat: JL. Diponegoro No.57, Desa Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Pelajara Rp.2000, Wisatawan Lokal Rp.3000, Wisatawan Asing Rp.10.000
Operasional: Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu  08.00 – 14.00 WIB
Telepon: (022) 7213822

Museum Geologi (foto: museum.geology.esdm.go.id)

Museum berlantai dua yang dibangun pada 16 Mei 1028 ini menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan bebatuan, fosir serta mineral. Selain menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang menyukai wisata edukasi, tempat ini juga kerap dikunjungi para pelajar yang mengikuti study tour karena di tempat ini pengunjung dapat mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi, cara mengolah energi, bencana alam dan pemanfaatan sumber daya alam yang benar.

57. Kebun Binatang Bandung

Alamat: JL. Kebun Binatang No.06, Desa Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Anak-anak Rp.15.000, Dewasa Rp.20.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (022) 2502770

Kebun Binatang Bandung (foto: merdeka.com)

Menempati area seluas 14 hektar, Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi satwa sebanyak 213 jenis dan sebanyak 79 jenis diantaranya merupakan satwa langka yang dilindungi. Selain koleksi satwa, berbagai fasilitas juga disiapkan bagi para pengunjung, seperti Taman Bermain, Flying fox, perahu dan perahu bebek, serta fasilitas yang lain.

Kebun Binatang yang didirikan Bandung Zoological Park pada tahun 1930 ini masih menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang difavoritkan masyarakat Bandung karena lokasinya yang berada di pusat kota dan lingkungan sekitarnya yang dipenuhi pohon-pohon besar sehingga suasana sekeliling yang rindang terasa sejuk dan segar.

58. Kebun Teh Sukawana

Alamat: Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Tiket Rp.5.000, Camping Rp.10.000 perorang
Operasional: 24 Jam

Kebun Teh Sukawana (foto: emutkalembang.blogspot.co.id)

Hamparan kebun teh yang hijau dengan jalan-jalan kecil di sela-sela kebun bakal menghadirkan pemandangan yang menyejukkan mata. Sehari penuh berada di tempat ini tidak akan membuat Anda merasa jenuh, terlebih kalau Anda tidak hanya melihat keindahan pemandangan alam, tapi juga melihat proses pengolahan teh yang dikelola PTP Nusantara VIII.

Jika masih belum puas, Anda bisa mendirikan tenda di tempat tersebut, karena meski tidak ada area khusus untuk melakukan camping, namun di beberapa sudut kebun teh terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Tidak perlu khawatir soal makan, mandi ataupun ibadah, karena di sekitar kebun teh banyak dijumpai warung-warung penjual makanan dan juga terdapat masjid untuk tempat beribadah sekaligus mandi, karena di area kebun memang tidak disediakan kamar mandi umum.

59. Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda

Alamat: Kompleks Tahura Ir.H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Wisatawan Domestik Rp.11.000, Wisatawan Manca Rp.76.000
Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
Telepon: (022) 2515895

Taman Hutan Raya Ir.H Juanda (foto: desnantara-tamasya.blogspot.co.id)

Pohon-pohon besar berumur ratusan tahun menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke kawasan konservasi alam yang memiliki luas 590 hektar ini. Tidak hanya wana wisata saja yang menjadi suguhan dari Tahura Ir. H. Djuanda, tapi juga wisata sejarah berupa Goa Jepang yang dibangun pada tahun 1942 dan Goa Belanda yang dibangun pada tahun 1918.

Di sini juga terdapat Curug Omas yang memiliki ketinggian 30 meter, Curug Lalay, Curug Koleang, Batu Batik, Tebing Keraton yang menyuguhkan pemandangan indah dari atas ketinggian, serta tempat Penangkaran Rusa Tutul.

60. Trans Studio Bandung

Alamat: JL. Jenderal Gatot Subroto No.289, Desa Cibangkong, Kecamatan Batununggal
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Jumat Rp.150.000, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp.250.000
Operasional: Senin – Jumat 10.00 – 19.00 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari Libur 09.00 – 21.00 WIB
Telepon: (022) 86012555 087821054789, 081394034008

Trans Studio Bandung (foto: thethemeparkguy.com)

Berdiri di atas area seluas 4,2 hektar, Trans Studio Bandung menjadi kawasan hiburan terlengkap dan terluas di Bandung. Dengan berbagai macam wahana yang dimilikinya, kawasan hiburan ini bahkan tidak hanya mentargetkan wisatawan domestik saja yang menjadi pengunjung, tapi juga wisatawan asing.

Beberapa wahana yang dimiliki Trans Studio Bandung diantaranya adalah Marvel Super Heroes The Rides 4D, Special Effects Action, Pulau Liliput, Negeri Raksasa, Science Center, Captain Blackheart’s Pirate Ship, Giant Swing, Si Bolang Adventure, Kong Climb, Sky Pirates, Trans Broadcast Museum, Amphitheater, Trans Car Racing, dan masih banyak lagi wahana yang lain.

Selain memiliki wahana terlengkap dan termegah, Trans Studio Bandung juga menempati lokasi yang strategis karena tidak jauh dari pusat kota dan dekat dengan stasiun kereta api Kiaracondong dengan jarak sekitar 1 km. Sehingga bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, begitu turun dari stasiun kereta api bisa langsung naik angkutan kota atau taxi menuju Trans Studio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *