20 Tempat Wisata di Gorontalo Utara Yang Bagus Wajib Dikunjungi: Pulau Cinta, Pantai Terkenal

Diposting pada

Tempat wisata di gorontalo utara yang bagus wajib dikunjungi pulau cinta terkenal provinsi kota objek peta diyonumo bukit layang daftar gambar kabupaten marisa sulawesi menarik terindah pantai alam foto nama lokasi hotel taman budaya malam religi bahari

Membicarakan tentang wisata alam di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, salah satunya adalah tempat wisata di Provinsi Gorontalo, Sulawesi. Banyak sekali objek-objek bagus, menarik, terindah dan terkenal yang wajib dikunjungi berupa destinasi wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata religi, hingga wisata kulinernya.

Untuk melengkapinya, berikut adalah 20 daftar nama tempat wisata menarik yang patut dikunjungi beserta gambar foto dan lokasi alamat lengkapnya pada peta Google Maps.

1. Pulau Cinta

Alamat: Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon:
+62 858 8821 1121
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Pulau Cinta (foto: tukangjalan.com)

Pulau Cinta sebenarnya adalah sebuah pulau alami dengan jembatan buatan yang dibentuk seperti hati dan merupakan tempat penginapan setara hotel atau resort. Pemandangan dipulau ini sangat cantik terutama di malam hari, karena pengunjung dapat berjalan-jalan diatas jembatan kayu sambil menyaksikan indahnya air laut yang dangkal berwarna biru kehijauan.

Tersedia 15 cottage yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menginap, tempat ini juga sangat cocok digunakan untuk foto pre-wedding atau bahkan honey moon. Wisatawan bisa mengunjungi pulau-pulau lain yang terletak dekat dengan Teluk Tomini ini untuk sekedar snorkeling dan diving.

2. Pulau Diyonumo

Lokasi: Deme II, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara.
Map:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pulau Diyonumo (foto: indonesiakaya.com)

Pulau Diyonumo adalah sebuah pulau cantik tak berpenghuni yang menyimpan keindahan alam menakjubkan layaknya surga dunia yang belum terungkap. Maka dari itu belum ada fasilitas wisata yang ada di Pulau Diyonumo, wisatawan sendiri dapat berkemah sambil menikmati kecantikan alami pulau yang masih perawan ini.

Pengunjung dapat berenang di sekitar pantai Pulau Diyonumo, snorkeling, diving, surfing, atau juga memancing bisa dilakukan. Jika ingin berkeliling pulau, pemandangan dari atas bukit sangat direkomendasikan karena keindahannya akan memanjakan mata pengunjung.

3. Bukit Layang

Alamat: Siendeng, Hulonthalangi, Gorontalo.
Peta:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Bukit Layang (foto: claracreaweal.wordpress.com)

Satu lagi tempat wisata alam yang menyajikan lukisan pemandangan alami untuk memanjakan mata, Bukit Layang menyediakan pemandangan Kota Gorontalo hampir secara keseluruhan. Wisatawan dapat mendirikan tenda untuk berkemah disini dan menyaksikan fenomena cantiknya matahari terbenam dan matahari terbit secara bersamaan.

Tidak hanya itu, karena suasana disekitar bukit yang masih terbilang alami, rimbunnya pepohonan dan tanaman dapat dijadikan alternatif latar untuk berfoto dan berselfie.

4. Pantai Pohon Cinta

Alamat: Pohuwato Timur, Marisa, Kabupaten Pohuwato
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Pohon Cinta (foto: hargo.co.id)

Gorontalo memiliki objek wisata pantai unggulan yang dinamakan Pantai Pohon Cinta, disini juga terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan masakan khas Gorontalo untuk wisata kuliner. Disepanjang pantai pun terdapat banyak pohon bakau yang menambah keteduhan dan keasrian pantai ini, ada juga taman bermain khusus untuk anak-anak yang sengaja dibangun.

Berkunjung ke Pantai Pohon Cinta, wisatawan bisa bermain air di sekitar pantai atau sekaligus snorkeling dan diving. Berfoto disini sangat cocok dilakukan karena latar pemandangannya yang indah, tak lupa untuk membeli souvenir dan oleh-oleh yang dijual di pertokoan sekitarnya.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Gorontalo Lepas Kunci Harga Murah

5. Taman Kota Gorontalo

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Limba U Dua, Kota Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
No telp:
+62 823 3549 3573
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Kota Gorontalo (foto: kompas.com)

Gorontalo pun memiliki taman kota yang berfungsi sebagai tempat tata ruang hijau sekaligus fasilitas rekreasi yang murah meriah. Wisatawan dapat berkunjung kesini, suasana taman sangat teduh dan sejuk, didukung dengan penataan pohon dan tanaman yang rimbun.

Tersedia jaringan wifi gratis di taman ini untuk fasilitas tambahan, bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner pun bisa mengunjungi beberapa tempat makan yang buka di sekitar taman. Terdapat juga taman bermain khusus untuk anak-anak dengan beberapa fasilitas seperti ayunan, perosotan, bangku taman untuk duduk-duduk, dan lain sebagainya.

6. Pantai dan Taman Laut Olele

Alamat: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Kabupaten Bone Bolango
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Telpon:
+62 852 5639 2457
Tarif:
Gratis

Pantai dan Taman Laut Olele (foto: bolehtanya.com)

Wisata bahari di Gorontalo sangat mungkin dilakukan di Pantai Olele, disini terkenal dengan lokasi snorkeling atau diving yang bernama Taman Laut Olele. Seperti namanya, dibawah Pantai Olele tersimpan keindahan terumbu karang dan ekosistem laut yang cantik dan indah, dinamakan Taman Laut Olele memiliki bunga karang raksasa hingga goa laut yang sangat menakjubkan.

Berbagai jenis spesies hewan laut pun dapat ditemukan dengan mudah di tempat ini, mulai dari ikan lumba-lumba yang ramah hingga ubur-ubur mini yang harus diwaspadai oleh pengunjung.

7. Otahana Fortress

Alamat: Jl. Usman Isa, Dembe 1, Kecamatan Kota Barat
Koordinat:
Klik disini
Buka Tutup:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
HTM:
Gratis

Otahana Fortress (foto: gorontalofamily.org)

Benteng Otahana atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Otahana Fortress adalah salah satu kawasan tempat wisata sejarah dan pengetahuan. Menurut cerita penduduk, benteng ini dulunya dibangun oleh bangsa Portugis dari bahan dasar telur Burung Maleo, pasir, batu, dan kapur.

Perjalanan menuju Benteng Otahana ini, pengunjung wajib mendaki sebuah bukit menggunakan anak tangga. Memang melelahkan, namun saat sampai di atas benteng tersebut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan luar biasa dari landscape hampir keseluruhan Kota Gorontalo.

8. Pantai dan Taman Lahilote

Lokasi: Jl. Drs. Achmad Nadjamuddin No.35, Limba U Dua, Kota Selatan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai dan Taman Lahilote (foto: sportourism.id)

Pantai Lahilote memiliki sebuah taman yang cukup indah untuk dinikmati dengan latar pemandangan laut yang airnya berwarna biru kehijauan. Pantai ini sendiri bila dinikmati dari kejauhan memiliki lengkungan garis pantai melandai yang menyerupai teluk karena bentuknya cekung.

Sedangkan untuk latar belakang pantai ini sendiri terdapat perbukitan yang dihiasi pepohonan hijau dan rimbun, menambah suasana asri dan cantik dari tempat wisata alam ini. Di pantai ini terdapat sebuah batu menyerupai telapak kaki dan dinamakan Botu Liyodu Lei Lahilote, konon ini adalah batu milik seorang dengan nama Lahilote.

9. Desa Wisata Bubohu

Alamat: Bongo, Pantai Batudaa, Kota Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Desa Wisata Bubohu (foto: matakameraku.wordpress.com)

Desa Bubohu dapat dijadikan salah satu alternatif wisata alam sekaligus wisata religi, sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan indah dari Teluk Tomini. Sesampainya di Desa Bubohu ini wisatawan akan disambut deretan pohon mahoni yang sangat indah dan teduh.

Wisata religi di perkampungan ini akan memperdalam agama Islam, karena terdapat pesantren alam yang digunakan sebagai sarana pendidikan agama di kampung ini. Uniknya, di desa wisata ini terdapat sekolah pariwisata yang gratis untuk siswanya, hal ini bertujuan agar masyarakat kelak akan mengelola Desa Wisata Bubohu menjadi destinasi wisata menarik.

10. Pantai Botutonuo

Alamat: Jl. Trans Sulawesi, Botutonuo, Kabila Bone
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
HTM:
Gratis

BacaJuga:  10 Oleh-Oleh Khas Gorontalo Yang Paling Populer dan Tidak Bisa Dilewatkan
Pantai Botutonuo (foto: wikimedia.org)

Pantai Botutonuo merupakan objek wisata alam pantai yang sangat indah, namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui lokasi pantai ini karena daerah pesisir pantai memiliki pohon kelapa yang menjulang tinggi dan rimbun. Hal ini membuat pantai menjadi tertutupi, tetapi disinilah letak keunikannya, dimana pantai ini sangat tenang, tidak terlalu ramai, dan rimbun dengan adanya pohon-pohon kelapa ini.

Tersedia gazebo, saung, atau gubuk menyerupai cottage yang dapat digunakan untuk bersantai oleh para wisatawan sambil menikmati keindahan pemandangan laut.

11. Benteng Orange

Lokasi: Dambalo, Kwandang
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Benteng Orange (foto: pegipegi.com)

Berwisata sejarah dan budaya dapat dilakukan di Benteng Orange yang merupakan sebuah peninggalan sejarah pada masa penjajahan bangsa Portugis. Benteng ini sendiri terletak di atas sebuah bukit yang agak tersembunyi, Benteng Orange kini menjadi cagar budaya peninggalan sejarah.

Memasuki areal benteng, wisatawan akan disambut oleh suasana sejuk dan teduh dari pohon ketapang yang tumbuh rimbun di sekitar benteng. Di sebelah kiri terdapat benteng besar yang kokoh untuk sebuah pertahanan, sedangkan di sebelah kanan ada pos pengintaian dimana pengunjung dapat melihat pemandangan laut yang sangat indah.

12. Monumen Nani Wartabone

Alamat: Heledulaa, Kota Barat
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Monumen Nani Wartabone (foto: youtube.com)

Satu lagi tempat wisata sejarah yang perlu diapresiasi dan dikunjungi adalah Monumen Patung Nani Wartabone, letaknya tepat di depan rumah dinas Gubernur Gorontalo saat ini. H. Nani Wartabone sendiri adalah seorang tokoh pergerakan nasional yang turut berjuang melawan penjajah pada masa kolonial Belanda tempo dulu.

Karena jasanya pada jaman dahulu, Gorontalo menjadi kota pertama di Indonesia yang lepas dari cengkraman penjajahan Belanda dan Jepang pada tahun 1942. Maka dari itu, monumen ini dibangun untuk mengenang jasa H. Nani Wartabone dan perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan.

13. Pulau Saronde

Alamat: Moluo, Kwandang, Gorontalo Utara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pulau Saronde (foto: sarondeislands.com)

Tepat di seberang Teluk Kwandang terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi salah satu destinasi wisata alam dan wisata bahari di Gorontalo, yakni adalah Pulau Saronde. Pulau ini merupakan satu dari sekian banyak pulau tak berpenghuni di lautan Sulawesi, keindahan alam di tempat ini masih sangat terjaga dan alami.

Banyak pengunjung yang melakukan snorkeling, diving, surfing, hingga memancing disini karena memang di dalamnya terdapat kekayaan biota laut yang luar biasa indah dan cantik. Luas pulau mungil ini sendiri hanya berjarak satu kilometer jika dijelajahi dengan berjalan kaki.

14. Pantai Libuo

Lokasi: Libuo, Paguat, Pohuwato
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai Libuo (foto: travelistaindo.blogspot.com)

Pantai Libuo merupakan salah satu tujuan tempat wisata yang berada dalam Cagar Alam Panua, pantai ini memiliki tipe pantai melandai dengan pasir yang putih dan halus. Pemandangan lautnya begitu indah dan cantik dengan air yang sangat bening, jernih, biru kehijauan layaknya permata murni.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan luarnya saja, keindahan alam bawah lautnya juga patut dinikmati dengan aktivitas diving, snorkeling, ataupun memancing di sekitarnya.

15. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Alamat: Desa Didingga, Biawu, Gorontalo Utara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Air Terjun Hiyaliyo Da’a (foto: tempatwisatadiindonesia.info)

Sulawesi, terutama Gorontalo memiliki objek wisata alam berupa air terjun juga, salah satunya adalah Air Terjun Hiyaliyo Da’a atau juga dinamakan Air Terjun Didingga yang memiliki keindahan alam istimewa disini. Air terjun ini masih sangat alami dan jarang dikunjungi oleh beberapa wisatawan karena memang kalah populer dengan objek wisata di Gorontalo lainnya.

BacaJuga:  10 Makanan Khas Gorontalo Yang Siap Menggetarkan Lidahmu

Keunikan dari air terjun ini adalah zona hutan lindung yang dilewati saat menuju air terjun tersebut, wisatawan disarankan untuk menyewa pemandu karena hutan disini cukup lebat dan terjal.

16. Pantai Dunu

Alamat: Desa Monano
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Dunu (foto: bolehtanya.com)

Gorontalo memang kaya akan wisata bahari berupa pantai-pantai indah dan cantik, salah satunya yakni Pantai Dunu yang berada di sebelah utara Gorontalo. Pantai ini tidak terlalu terkenal dibandingkan pantai populer lainnya di Gorontalo, tetapi keindahan alam yang ditawarkan sangat menawan dan memanjakan mata.

Wisatawan dapat menikmati wisata bawah laut dengan snorkeling, surfing, atau diving, beberapa biota laut dan batu karang unik dapat ditemukan disini. Beberapa ikan cantik, unik, dan langka juga hidup di sekitar perairan dekat pantai.

17. Air Terjun Taludaa

Lokasi: Taludaa, Bone
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Air Terjun Taludaa (foto: kakigatalgtlo.blogspot.com)

Beralih ke wisata di alam perhutanan Kota Gorontalo terdapat wisata air terjun yang bernama Air Terjun Taludaa, terdapat juga bendungan buatan warga yang menambah keindahan wisata air terjun ini. Perjalanan menuju Air Terjun Taludaa ini lumayan sulit dengan jalur yang terjal, tidak rata, bahkan menanjak dan menurun.

Pemandangan alam di sekitar air terjun didominasi oleh pepohonan hijau dan hutan yang cukup rimbun. Sesampainya di area air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan cantik dari si Air Terjun Taludaa yang memiliki tinggi sekitar 40 meter.

18. Danau Limboto

Alamat: Limboto, Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Danau Limboto (foto: menyelamatkandanaulimboto.wordpress.com)

Tak hanya wisata air terjun dan pantai saja, Gorontalo memiliki tempat wisata air lainnya yakni berupa danau air tawar, namanya adalah Danau Limboto. Danau ini sangat luas dengan pemandangan menakjubkan dari air danau yang jernih, bening, terkadang berwarna alami biru kehijauan.

Danau ini merupakan sebuah muara dari lima sungai besar di Gorontalo, tidak heran mengapa danau ini sangat luas bahkan untuk dijelajahi menggunakan perahu. Pinggiran danau memang terlihat agak berlumpur layaknya rawa, namun bila menaiki perahu untuk mencapai bagian tengahnya, pemandangan bawah air danau akan terlihat cukup jelas.

19. Pantai Tenilo

Alamat: Boalemo, Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Tenilo (foto: bolehtanya.com)

Pantai Tenilo dapat dikatakan sebagai salah satu tujuan wisata pantai yang tidak terlalu populer, namun kecantikan alam di sekitarnya maupun di bawah lautnya sendiri sangat memukau. Layaknya pantai-pantai umum yang terletak di pesisir Gorontalo, air lautnya sangat bening dan jernih, berpadu dengan warna pasirnya yang putih keemasan.

Selain menaiki perahu yang disewakan untuk berkeliling sekitar laut dekat pantai, wisatawan dapat juga berenang, diving, atau snorkeling disini. Pemandangan biota bawah lautnya cukup indah dan cantik, beberapa batu karang disini tertata dengan alami.

20. Air Terjun Tenilo

Alamat: Boalemo, Gorontalo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Air Terjun Tenilo (foto: tumblr.com)

Selain Pantai Tenilo terdapat juga air terjun dengan nama yang sama dan menyimpan keindahan alam yang cantik dan alami. Air terjun ini lumayan terpencil dengan medan jalanan terjal dan tidak rata, namun disepanjang perjalanan akan disuguhkan beberapa perkebunan warga, persawahan, hingga pepohonan hutan yang rimbun.

Desa Tenilo tempat Air Terjun Tenilo dan Pantai Tenilo ini berada juga sangat indah, letaknya dekat pesisir pantai sehingga menyajikan pemandangan alam pantai, hutan, dan air terjun yang luar biasa.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “20 Tempat Wisata di Gorontalo Utara Yang Bagus Wajib Dikunjungi: Pulau Cinta, Pantai Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.