40 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya Dekat Bandara Gowa Terkenal Yang Jarang Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di makassar dan sekitarnya dekat bandara gowa terkenal yang jarang dikunjungi sulawesi selatan sulsel terbaru wajib permandian obyek discovery park paket malam maros malino bone pusat kota takalar murah alam galesong bantimurung pulau baru foto tujuan air kebun pantai 2018 ujung pandang

Makassar adalah salah satu kota besar di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak pesona tersembunyi dan surganya dunia. Mulai dari pantai, taman laut, pulau, airt terjun, taman, hingga benteng dan peninggalan sejarah lainnya ada disini.

Maka dari itu, ada banyak sekali tempat wisata di Makassar yang bahkan sangat murah dan memiliki keindahan alam tidak terekspoitasi oleh manusia. Berikut rangkuman informasi destinasi tempat wisata di Makassar yang menarik dan patut untuk dikunjungi di tahun 2018 ini.

1. Fort Rotterdam

Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
Nomor telepon: +62 41 132 1701
HTM: Sukarela sebagai bantuan donasi

Fort Rotterdam (foto: asiaforvisitors.com)

Salah satu tempat wisata bersejarah yang menyimpan nuansa kolonial Belanda jaman dahulu di Makassar adalah Fort Rotterdam atau yang juga biasa disebut Benteng Ujung Pandang. Di dalam benteng ini sendiri terdapat museum bersejarah yang bisa dimasuki dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Bentuk keseluruhan dari benteng ini sangat unik karena terlihat seperti seekor penyu yang merangkak turun ke lautan. Pemandangan benteng ini juga sangat Indah karena berada di pinggir laut, dekat pantai sebelah barat Kota Makassar.

2. Trans Studio Makassar

Lokasi: Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate
Koordinat: Klik disini
Buka / Tutup:
Setiap hari pukul 10:00 – 21:00
Nomor Telp: +62 41 1811 7000
Harga Tiket Masuk: Rp. 100.000 (Senin – Jumat), Rp 150.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Trans Studio Makassar (foto: hargakini.com)

Siapa yang tak mengenal Trans Studio? Wahana taman bermain keluarga ini juga ada di Makassar dengan berbagai wahananya yang menarik. Layaknya Trans Studio di kota lain, tersedia 6 wahana utama yang menjadi andalan Trans Studio Makassar disini, yakni Bioskop 4D, Dunia Lain, Magic Thunder Coaster, Jelajah, Dragon’s Tower, dan Kid’s Studio.

Selain dari 6 wahana utama diatas, ada jjuga beberapa wahana lainnya dengan total 18 keseluruhan wahana seru dan menarik termasuk wahana utama.

3. Pantai Losari

Alamat: Jl. Pengibur, sebelah barat Kota Makassar.
Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Pantai Losari (foto: kidnesia.com)

Pantai Losari sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun mancanegara karena pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah. Pengunjung pun juga bisa menikmati keindahan matahari terbit saat di pagi hari.

Di Pantai Losari tidak memiliki banyak pasir yang berlimpah pada pantai umumnya, namun ada fasilitas internet disini yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Tersedia juga fasilitas untuk memancing di beberapa pinggiran pantai yang sudah dibeton ini. Warung makan yang menjual makanan khas Makassar pun bisa ditemukan di sekitarnya.

4. Bugis Waterpark

Alamat: Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No. 1, Makassar, Antang, Manggala.
Peta: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09:00 – 18:00
Telepon: +62 41 149 6444
HTM: Rp. 120.000 (Senin – Jumat), Rp. 180.000 (Sabtu dan Minggu)

Bugis Waterpark (foto: furzahra.wordpress.com)

Ingin mengunjungi tempat wisata air di Makassar dan sekitarnya? Wajib datang ke Bugis Waterpark, sebuah wahana permainan air terbesar di Indonesia Timur. Nuansa Bugis sangat kental disini dengan fasilitas pemandian, serta nuansa khas Bugis.

Bugis Waterpark memiliki total 3 zona dan 10 wahana air menarik di dalamnya. Meliputi zona Alabuang yang berbentuk pelabuhan,zona Goa Batu Kalibampa atau yang juga sering disebut sebagai Goa Kupu-Kupu, dan ada lagi zona Kampong Rilau yang memiliki nuansa kampung nelayan disini.

5. Museum La Galigo

Alamat: Jl. Ujung Pandang No.2, Bulo Gading
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin libur, Selasa – Minggu pukul 08:00 – 17:30
Nomor telepon: +62 41 1362 3571
HTM: Rp. 5.000 (dewasa), Rp. 3.000 (anak-anak), Rp. 10.000 (turis asing sebagai bentuk retribusi)

Museum La Galigo (foto: wisatasambilkerja.blogspot.com)

Museum La Galigo terletak di dalam Fort Rotterdam dengan gedung nomor 10. Jadi bila mengunjungi benteng peninggalan sejarah ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke dalam Museum La Galigo yang menyimpan banyak sejarah Kota Makassar pada jaman kolonial Belanda dulu.

Di dalam museum ini terdapat koleksi lebih dari 5.000 peninggalan sejarah Sulawesi Selatan, serta bentuk dari penjara yang dulu pernah menahan Pangeran Diponegoro. Terkadang di Museum La Galigo ini diadakan sejumlah pameran untuk menampilkan koleksi artefak sejarah yang mereka punya.

6. Taman Macan

Alamat: Jl. Sultan Hasanussin, Bulogading, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Macan (foto: online24jam.com)

Bagi pengunjung yang menginginkan tempat wisata murah meriah dan gratis, bisa menunjungi Taman Macan ini. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Segita dengan patung macan yang paling terkenal di taman tersebut, maka dari itu disebut sebagai Taman Macan.

Ternyata Taman Macan ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah kota Makassar, monument atau patung macan tersebut dibangun di tahun 1945 sebagai salah satu tanda perjuangan para pahlawan terdahulu. Bagi yang ingin berwisata sejarah di Kota Makassar dapat mengunjungi Taman Macan ini secara cuma-cuma.

7. Pelabuhan Paotere

Alamat: Jln. Sabutung Baru, Ujung Tanah
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pelabuhan Paotere (foto: beritatrans.com)

Selain menjadi tempat tujuan wisata yang menarik dan tempat dimana kapal berlabuh atau menepi, Pelabuhan Paotere juga memiliki sejarah sendiri untuk Kota Makassar. Di sekitar pelabuhan ini terdapat kapal khas Makassar bernama kapal Phinisi dengan bentuk yang unik dan berbeda dari kapal pada umumnya.

Di beberapa tempat tertentu tersedia warung makan yang banyak menyediakan hidangan khas Makassar. Salah satu masakan khasnya adalah ikan bakar dengan sambal cobe-cobe sebagai salah satu makanan tradisional orang Makassar.

8. Pulau Samalona

Alamat: Pulau Samalona, Mariso
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Samalona (foto: indonesiakaya.com)

Makassar sangat terkenal dengan pulau kecil yang membentang di perairannya dan dekat dengan pantai tertentu. Salah satunya adalah pulau Samalona yang bisa ditempuh dengan menggunakan perahu atau kapal motor selama 2 jam perjalanan. Pengunjung bisa memulai perjalanan dari Pantai Losari dan menyewa perahu khusus dengan biaya Rp. 5.000 saja untuk 1x perjalanan ke Pulau Samalona.

Di Pulau Samalona tersedia penginapan, tempat makan, hingga fasilitas untuk diving atau snorkeling di pantai sekitarnya. Pemandangannya pun juga tidak kalah indah, layaknya pemandangan berada di pulau terpencil yang masih asri.

9. Taman Maccini Sombala

Alamat: Jl. Nuri Baru, Maccini Sombala
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06:00 – 20:00
HTM: Gratis

Taman Maccini Sombala (foto: kompasiana.com)

Ini dia salah satu taman kebanggaan Kota Makassar dimana pengunjung dapat menikmati agrowisata gratis di taman ini. Fasilitas yang ada di taman ini diantaranya adalah bangku taman, gazebo atau beberapa saung untuk tempat istirahat, jalanan khusus untuk jogging, bersepeda, hingga pejalan kaki, dan sungai buatan dengan pemandangan yang indah.

Disini pengunjung bisa melihat kebun buah dan sayuran, serta kebun tanaman hias. Semuanya fasilitas ini sendiri gratis asalkan tidak memetik atau merusak tanaman sembarangan.

10. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Alamat: Jl. Korban 40,000 Jiwa, Wala-Walaya, Tallo, La’latang, Tallo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Monumen Korban 40.000 Jiwa (foto: pengenliburan.com)

Salah satu tempat wisata bersejarah ini dibuka untuk umum guna pengunjung mengetahui sejarah Kota Makassar. Seperti namanya, monumen ini dibangun sebagai upaya untuk menghormati sekitar 40.000 korban tidak berdosa dari tragedi pembantaian yang mengenaskan di jaman kolonial Belanda terdahulu.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Raya Makassar, Lokasi Alamat, Arsitektur Pembangunan + Keindahan Kesempurnan di Dalamnya?

Di salah satu monumen tersebut terdapat patung yang menggambarkan seorang korban yang selamat dengan salah satu kakinya yang buntung dengan salah satu lengan menggunakan penyangga. Patung tersebut berukuran 4 meter dan konon, di area patung tersebut merupakan tempat dimana mayat korban dikubur dalam satu liang.

11. Museum Kota Makassar

Alamat: Jl. Balaikota No.11, Baru
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin dan hari libur lainnya tutup, Selasa – Kamis pukul 08:00 – 14:00, Jumat pukul 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu pukul 09:00 – 14:00
Nomor telepon: +62 41 131 4077
HTM: Gratis

Museum Kota Makassar (foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Museum Kota Makassar menjadi salah satu tempat tujuan wisata sejarah yang murah meriah. Suasana di dalam museum ini sangat kental dengan aksen dan nuansa kolonial Belanda yang dilengkapi dengan beberapa peninggalan sejarah Makassar. Salah satu koleksi antik yang paling populer adalah meriam tua berusia 300 tahun lebih.

Terdapat lemari kaca yang berisi keramik antik yang masih utuh dari pelaut asal China dan Jepang pada masa Dinasti Ming sejak abad ke 14 hingga 17.

12. Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

Alamat: Jl. Sultan Abdullah Raya, Tallo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 852 4252 4985
HTM: Gratis

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo (foto: rifdakamila05.blogspot.com)

Mengunjungi Kompleks Makam Raja-Raja Tallo bukan berarti sedang berkunjung ke tempat semacam kuburan. Walaupun secara harfiah memang sebuah makam, tetapi makam disini berbentuk unik layaknya seperti candi. Disini pengunjung juga bisa berwisata sejarah untuk mempelajari kerajaan Gowa dan Tallo. Kini candi-candi yang merupakan makan ini terlihat sangat epik dan tertata rapi dilengkapi dengan beberapa taman.

Di sebelah timur kompleks bisa dijumpai benteng Tallo yang juga merupakan salah satu peninggalan bersejarah kerajaan Makassar pada masa pemerintahan kerajaan Tallo.

13. Tugu Adipura Anjungan

Alamat: Jalan Penghibur, Maloku, Ujung Pandang, Maloku
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tugu Adipura Anjungan (foto: beritakotamakassar.fajar.co.id)

Jika berkunjung ke Pantai Losari, tidak seru kalau tak mengunjungi Tugu Adipura Anjungan yang lumayan megah ini. Dua tugu piala Adipura ini menjadi ikon menarik di Anjungan Pantai Losari, tak heran bahwa tempat ini juga menjadi obyek wisata yang lumayan ramai di Pantai Losari. Selain karena desainnya yang unik, bentuk tugu kembar ini juga mempercantik pemandangan pantai dari jarak jauh.

Kedua tugu ini memiliki makna sebagai gerbang kota dunia dengan wujud kota bersih dan mencintai kebersihan. Keduanya dibangung di dekat Anjungan Toraja Mandar sebagai bentuk kebanggaan atas dua piala adipura yang didapatkan Kota Makassar.

14. Pulau Kayangan

Alamat: Pulau Kayangan, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Kayangan (foto: indonesiakaya.com)

Satu lagi pulau menarik yang indah dan masih belum terjamah oleh banyak manusia di sekitar pesisir Makassar. Pulau Kayangan pada dasarnya hanyalah pulau koral yang berbentuk bulat dan memiliki pasir putih yang jernih. Pulau ini masih menyimpan keindahan aslinya karena pulau ini tidak dihuni oleh manusia.

Pulau Kayangan merupakan pulau yang paling dekat dengan Kota Makassar dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit menggunakan kapal motor dari dermaga Khayangan. Untuk menyewa kapal motor, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 20.000 perorang menuju pulau eksotis ini.

15. Pantai Kuri Indah

Alamat: Jl. Pattene, Sudiang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Kuri Indah (foto: anekawisatanusantara.blogspot.com)

Pantai Kuri Indah atau yang juga sering disebut sebagai Pantai Kuri Marusu Maros memiliki pemandangan indah dengan hamparan pasir putih yang sangat jernih. Uniknya, disekitar pantai ini ada hutan mangrove yang berfungi mencegah air laut pasang terlalu tinggi ke permukiman warga. Untuk yang ingin diving atau snorkeling disarankan jangan sampai sore hari karena air laut di waktu tersebut sedang tinggi.

Justru pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit disini juga sangat indah, kelebihan utamanya adalah suasananya yang lebih kearah pedesaan dibandingkan Pantai Losari.

16. Masjid Terapung

Alamat: Jalan Penghibur No.289, Losari
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Masjid Terapung (foto: flickr.com)

Bagi pengunjung yang sudah puas mengelilingi Pantai Losari dapat melakukan ibadah di masjid terapung ini yang berada diatas laut. Masjid dengan nama Masjid Amirul Mukminin ini sangat indah dengan pemandangan laut yang dapat dilihat dari dalamnya. Tak jarang banyak pengunjung muslim yang menyempatkan diri untuk beribadah sekaligus melihat pemandangan laut dari sini.

Masjid Terapung ini memiliki total 3 lantai yang bisa pengunjung jelajahi asalkan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah disini. Pemandangan akan semakin indah saat dilihat dari lantai paling atas, karena keseluruhan Pantai Losari akan terlihat jelas disini.

17. Danau Mawang

Alamat: Danau Mawang, Somba Opu, Gowa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Danau Mawang (foto: kompasiana.com)

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam khas Makassar dengan keindahan yang masih asri dan hampir tidak tersentuh banyak orang, bisa langsung mengunjungi Danau Mawang. Danau ini terletak 15 KM ke arah tenggara dari Kota Makassar, memang cukup jauh tetapi sebanding dengan pemandangannya yang luar biasa alami.

Danau Mawang merupakan salah satu discovery untuk kategori danau yang paling indah dan menarik di Makassar. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dan matahari tenggelam disini.

18. Vihara Ibu Agung Bahari

Alamat: Jl. Sulawesi, Pattunuang, Wajo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Disesuaikan dengan jadwal ibadah
HTM: Gratis

Vihara Ibu Agung Bahari (foto: panoramio.com)

Di Makassar ternyata juga terdapat salah satu kota Pecinan dimana banyak masyarakat keturunan China hidup bersama-sama disini. Salah satunya adalah Vihara Ibu Agung Bahari atau yang dulunya dikenal dengan nama Klenteng Ma Tjo Po. Untuk pengunjung yang ingin berwisata sejarah disini dapat mengunjungi vihara ini untuk melihat bangunan bernuansa Dinasti Tang dan Dinasti Ming.

Vihara Ibu Agung Bahari ini bukan vihara biasa pada umumnya, ini adalah salah satu peninggalan sejarah dari beberapa orang Tiongkok yang datang ke pesisir selatan Makassar. Dari situlah perkampungan China atau Pecinan tercipta hingga sekarang.

19. Pantai Akkarena

Alamat: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Akkarena (foto: hellomakassar.com)

Selain Pantai Losari, salah satu pantai yang juga tidak kalah terkenal adalah Pantai Akkarena. Terdapat area rekreasi juga disini yang bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk tertentu, namun bagi yang ingin menikmati pemandangan pantainya saja secara cuma-cuma juga bisa. Pada dasarnya tempat ini adalah kawasan bisnis dan hunian Tanjung Bunga di Makassar.

Pantai ini berdekatan dengan Mall Trans Studio dan juga Mall GTC, sehingga bagi pengunjung yang sudah puas berbelanja di mall dapat langsung menikmati pemandangan Pantai Akkarena di dekatnya.

20. Pemandian Air Panas Lejja

Alamat: Bulue, Mario Riawa, Soppeng Regency
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 852 1512 2111
HTM: Rp. 10.000 (Senin – Jumat untuk orang dewasa), Rp. 12.500 (Sabtu dan Minggu untuk orang dewasa), Rp. 3.000 (Anak-anak)

Pemandian Air Panas Lejja (foto: tribunnews.com)

Pemandian Air Panas Lejja adalah salah satu tempat wisata yang bisa digunakan untuk berendam sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang indah. Sebab letaknya berdekatan dengan kawasan hutan lindung di Makassar dan kolam air panas disini mengandung 1,5 % belerang yang mampu meredakan reumatik, gatal di kulit, dan terapi menyehatkan lainnya.

Disini juga disediakan fasilitas penginapan, lapangan tenis, sauna, dan gazebo atau saung yang dapat disewa saat ada kegiatan bersama seharga Rp. 50.000 untuk penyewaan tiap unitnya.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Barrang Lompo Makassar, Lokasi Alamat, Keindahan Wisata, Luar Area + Akses Jalan Menuju ke Sana

21. Taman Nasional Bantimurung

Alamat: Bentenge, Mallawa, Maros
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08:00 – 16:00
Nomor telepon: +62 41 1388 0252
HTM: Rp. 20.000

Taman Nasional Bantimurung (foto: daradaeng.com)

Taman Nasiona Bantimurung merupakan surga terpencil sebagai salah satu objek wisata menarik di Makassar. Taman Nasional ini memiliki banyak koleksi kupu-kupu sebagai salah satu hal utama yang ditonjolkan disini. Tak hanya itu, pemandangan sekitar pun lumayan indah karena berdekatan dengan Pegunungan Karst dan Air Terjun Bantimurung.

Wisata disini tidak hanya berbentuk wisata alam dengan mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, tetapi juga wisata pengetahuan dengan adanya informasi mengenai jenis dan spesies koleksi kupu-kupu tersebut.

22. Pulau Kapoposang

Alamat: Kepulauan Spermonde
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Kapoposang (foto: makassarinfo.wordpress.com)

Walaupun memang namanya tidak sepopuler dan seterkenal pulau lain di pesisir Makassar, namun Pulau Kepoposang menyimpan keindahan alam yang masih asli. Terutama bagi beberapa turis dan pengunjung banyak yang melakukan wisata bahari disini. Wilayah kepulauan Kapoposang ini sendiri mempunyai 3 pulau berpenghuni dan 3 pulau yang tidak berpenghuni, jadi totalnya ada 6 pulau.

Perlu diketahui bahwa gaung di kepulauan Kapoposang ini sangat terkenal di kalangan turis mancanegara dan seluruh dunia. Pulau Kapoposang juga dijuluki sebagai tempat yang menjadi lokasi terindah untuk memancing, diving, maupun snorkeling.

23. Pulau Gusung

Alamat: Bontoharu, Kepulauan Selayar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Gusung (foto: indonesia-tourism.com)

Pulau Gusung adalah salah satu pulau indah yang berada di gugusan kepulauan pesisir Makassar. Pulau ini bisa dibilang dekat karena hanya memerlukan waktu 8 menit untuk menuju kesana dari Pelabuhan Makassar menggunakan kapal motor. Bila menggunakan kapal, penumpang dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk perjalanan pulang balik dari Pulau Gusung ini kembali ke Pelabuhan Makassar.

Pulau ini bisa dibilang tidak berpenghuni karena tidak memiliki fasilitas penginapan dan sebagainya. Namun jangan salah karena keindahannya masih asri dan alami, tidak kalah dengan pulau kecil lainnya yang ada di sekitar pesisir Makassar.

24. Air Terjun Bantimurung

Alamat: Bantimurung, Maros
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Air Terjun Bantimurung (foto: liburankeluarga.web.id)

Dari namanya sendiri, bisa diketahui bahwa Air Terjun Bantimurung ini berdekatan dengan Taman Nasional Bantimurung. Maka dari itu, pengunjung yang sudah mendatangi Taman Nasional dan ingin menyegarkan diri dapat mengunjungi Air Terjun Bantimurung tersebut. Disini wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

Perlu diperhatikan juga untuk berhati-hati dengan bebatuan air terjun yang ada disini serta arusnya, dikarenakan di sekitar air terjun ini tidak ada kru penyelamat atau staff Taman Nasional Bantimurung. Perjalanan dari Taman Nasional Bantimurung ini menuju air terjun akan dipenuhi dengan pemandangan kupu-kupu liar yang unik dan indah.

25. Pulau Lae-Lae

Alamat: Lae-Lae, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Lae-Lae (foto: hellomakassar.com)

Pulau Lae-Lae adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terletak tidak terlalu jauh dari Kota Makassar itu sendiri. Berjarak 1,5 KM saja dari Makassar membuat wisatawan dapat melihat pulau ini sekilas dari Pantai Losari. Pulau ini juga hanya perlu waktu 15 menit untuk menempuhnya dari dermaga Bangkoa atau dari pantai depan Benteng Fort Rotterdam.

Uniknya, di dalam Pulau Lae-Lae ini memiliki terowongan bawah tanah yang sangat panjang hingga dibawah laut. Terowongan ini berujung ke Benteng Fort Rotterdam sebagai bentuk pertahanan di masa perang kolonial Belanda dulu. Sayangnya terowongan tersebut sudah tertimbun, sehingga pengunjung dilarang memasuki area bawah terowongan.

26. Tanjung Bira

Alamat: Jl. Tj. Bira, Sambung Jawa, Mamajang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tanjung Bira (foto: pegipegi.com)

Tanjung Bira berjarrak 200 KM dari Kota Makassar dan termasuk salah satu tujuan wisata bahari yang paling unggul bagi para penyelam. Pantai di Tanjung Bira ini sendiri memiliki pasir putih yang super halus layaknya tepung, serta kekayaan alam di lautnya sangat indah.

Pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam disini pun sangat menakjubkan, terdapat beberapa fasilitas penginapan dan hotel di daerah sini. Tingkat kedalaman laut di Tanjung Bira menyebabkan pengunjung dapat melihat 3 warna air laut karena saking jernihnya.

27. Taman Laut Takabonerate

Alamat: Kepulauan Selayar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Laut Takabonerate (foto: blog.ivacanza.co)

Walaupun berjarak lumayan jauh dari Kota Makassar, Taman Laut Takabonerate ini wajib dikunjungi karena keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Taman laut yang menjadi salah satu situs warisan dunia (UNESCO) secara tentatif ini merupakan ikon wisata bahari yang paling terkenal di Sulawesi Selatan.

Taman Laut Takabonerate ini juga mendapatkan peringkat ketiga sebagai karang atoll terbesar di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvavida di Kepulauan Maldives. Sebagai orang Indonesia patut berbangga dan jangan lupa mengunjungi taman laut nan indah ini bila berwisata ke Makassar.

28. Air Terjun Takapala

Alamat: Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 852 4228 4161
HTM: Rp. 2.000

Air Terjun Takapala (foto: hellomakassar.com)

Air Terjun Takapala atau yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Malino ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dengan debit air yang turun lumayan besar. Keindahan alamnya juga tiddak diragukan lagi, pengunjung bisa menikmati segarnya air pegunungan ini langsung. Di sekitar air terjun terdapat warung warga yang menyediakan teh atau kopi hangat dan pisang goreng hangat untuk dinikmati selepas bermain air di air terjun ini.

Corak bebatuan vulkanik pada tebing air terjun ini cukup unik dengan goa kecil yang bisa dimasuki pengunjung di balik air terjun.

29. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Alamat: Maccini Baji, Lau, Bontonlempangan, Bontoa, Kabupaten Maros
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pegunungan Karst Rammang-Rammang (foto: dzargon.com)

Pegunungan Karst dekat dengan lokasi Taman Nasional Bantimurung dan juga Air Terjun Bantimurung. Pegunungan yang juga dikenal dengan nama Rammang-Rammang ini merupakan pegunungan batu terindah kedua di dunia setelah pegunungan di Yunnan, China.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang sendiri tebentuk dari batuan gamping dengan tebing cadas dari sejak beberapa ribu tahun lalu. Disini pengunjung juga dapat menemui beberapa gua di sekitar pegunungan, ada juga gua jaman prasejarah tempat manusia purba bermukim yang juga dilindungi. Sebagai tips, pengunjung sebaiknya membawa makanan sendiri dari luar dikarenakan daerah sekitar tempat ini tidak ada tempat atau warung makan.

30. Desa Wisata Lakkang

Alamat: Pulau Lakkang, Tallo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Desa Wisata Lakkang (foto: kampung-pintar.blogspot.com)

Desa Wisata Lakkang terletak di tengah sungai Tallo dan sungai Pampang, sehingga untuk menuju kesana perlu menggunakan perahu selama 15 menit saja dengan biaya berkisar Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000 untuk kapal motornya. Suasana di sekitar perjalanan menuju desa ini menggunakan perahu sangat menakjubkan, pohon bakau dan nipah tertata rapi seolah pengunjung akan dibawa ke pulau indah lainnya.

Wisatawan dapat berwisata sejarah disini karena dahulu terdapat bunker peninggalan jaman Jepang, sayangnya terowongan di dalam bunker sudah tertutup tanah, sehingga tidak dapat dimasuki.

31. Danau Tempe

Alamat: Tempe, Belawa, Wajo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

BacaJuga:  10 Gambar Lembah Hijau Rumbia Jeneponto Samarinda + Lokasi Alamat Permandian Kampung Bambu Wisata Air Terjun
Danau Tempe (foto: makassar.tribunnews.com)

Wisata pemancingan di Makassar terdapat di Danau Tempe dimana masyarakat maupun pengunjung dapat mengunjungi tempat wisata alam ini. Di Danau Tempe sendiri tersedia ikan air tawar yang segar dan melimpah sehingga menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Karena ada beberapa spesies ikan air tawar ini yang tidak ada di belahan dunia lain, sehingga kepopuleran Danau Tempe ini juga mulai mendunia.

Disini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam yang tidak kalah indah dengan tempat lain di Kota Makassar.

32. Dataran Tinggi Malino

Alamat: Malino, Tinggimoncong, Gowa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Dataran Tinggi Malino (foto: gocelebes.com)

Dataran tinggi ini layaknya perkampungan dan surga yang tersembunyi di Makassar, terdapat pemandangan indah dari bendungan Bilibili yang mengalirkan air segar ke sawah dan kebun perkampungan warga. Ada juga beberapa hutan pinus, kebun sayuran, buah, dan yang paling terkenal adalah Air Terjun Takapala yang juga merupakan salah satu tujuan tempat wisata.

Dataran Malino ini sudah modern dengan adanya fasilitas hotel, penginapan, tempat makan, restoran, dan lain sebagainya untuk para wisatawan. Pengunjung diperbolehkan juga mengunjungi hutan wisata dimana tempat ini terdapat beberapa hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi.

33. Museum Balla Lompoa

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 39, Gowa, Sungguminasa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin – Kamis pukul 08:00 – 16:00, Jumat 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu libur
Nomor telepon: +62 41 186 7775
HTM: Gratis

Museum Balla Lompoa (foto: indonesia-tourism.com)

Memang jarang menemukan museum yang libur justru di weekend, tetapi berhubung Museum Balla Lompoa ini mengratiskan setiap pengunjung yang masuk, maka wajib dicoba untuk berkunjung kesini. Uniknya, museum ini tidak berbentuk layaknya gedung pada umumnya namun berbentuk rumah adat Makassar.

Museum Balla Lompoa menyimpan benda peninggalan sejarah pada jaman Kerajaan Gowa jaman dulu. Ada juga koleksi benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan tertentu, karena pada awalnya museum ini dulu adalah istana Raja Gowa XXXI.

34. Desa Wisata Ke’Te Kesu

Alamat: Kampung Bonoran, Desa Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalang, Toraja Utara.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp. 10.000

Desa Wisata Ke’Te Kesu (foto: harianpost.co.id)

Walaupun letaknya tidak terlalu jauh dari Makassar, tempat ini termasuk banyak diminati dan dikunjungi oleh para wisatawan. Di Desa Wisata Ke’Te Kesu ini, wisatawan data menemukan banyak kebudayaan Toraja khas Sulawesi Selatan. Termasuk rumah adat, cendramata, beberapa makam yang unik namun memiliki nilai mistis.

Beberapa makam bahkan ada yang dipajang di atas gunung, di dalam lemari kaca, ada juga beberapa makam yang dijeruji supaya tidak dicuri, itu karena pemilik makam yang sudah meninggal di dalamnya menyimpan harta benda berharga mereka disana.

35. Kawasan Adat Ammatoa

Alamat: Ammatoa, Kajang, Bulukumba
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Kawasan Adat Ammatoa (foto: rachmatalamsyah.com)

Desa ini sebenarnya adalah kumpulan masyarakat dari suku Kajang yang tinggal bersama, namun tempat ini juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan Adat Ammatoa ini sendiri memiliki total 8 desa besar dan 6 dusun kecil, untuk suku Kajang sendiri terbagi dua menjadi suku Kajang dalam dan suku Kajang luar.

Suku Kajang dalam sama sekali tidak memperbolehkan masyarakatnya menggunakan teknologi dari luar, bahkan wisatawan dilarang memakai sandal saat memasuki kawasan dalam. Sedangkan Suku Kajang luar sudah bisa menerima teknologi seperti layaknya listrik, televisi, radio, dan lain sebagainya.

36. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Alamat: Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi (foto: travel.detik.com)

Daerah Tana Beru memang sangat terkenal dengan pusat kerjainan perahu Phinisi khas orang Makassar. Kapal Phinisi sendiri addalah perahu khas Sulawesi Selatan, disini para pekerja membuat kapal secara manual dengan keterampilan dan kesabaran luar biasa. Tempat pembuatan perahu ini terletak di pesisir pantai, sehingga bila pengunjung telah menikmati pemandangan pantai Tana Beru ini bisa melihat sekilas mengenai pembuatan kapal Phinisi secara langsung.

Pengetahuan para pekerja dalam membuat kapal didapatkan dari nenek moyang mereka dulu, bahkan tanpa bantuan sketsa atau ilustrasi apapun, hasil kapalnya tetap bagus dan kokoh.

37. Benteng Somba Opu

Alamat: Jl. Daeng Tata, Barombong, Gowa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08:00 – 19:00
HTM: Rp. 2.000

Benteng Somba Opu (foto: objekwisatapopuler.com)

Benteng Somba Opu terletak tidak jauh dari Gowa Discovery Park, dimana benteng ini merupakan peninggalan sejarah jaman kolonial Belanda. Di dalam benteng ini juga terdapat rumah adat tradisional seluruh Sulawesi Selatan, sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin berwisata sejarah dan budaya.

Untuk Gowa Discovery Park sendiri adalah wahana bermain air yang juga merupakan tempat tujuan wisata. Tiket masuk ke Gowa Discovery Park ini sebesar Rp. 85.000 pada hari Senin – Jumat, dan Rp 100.000 setiap Sabtu dan Minggu.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

38. Pulau Dutungan

Alamat: Cilellang, Mallusetasi, Barru Regency
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Dutungan (foto: anekawisatanusantara.blogspot.com)

Pulau Dutungan adalah salah satu obyek wisata pulau yang memiliki pasir putih dengan hamparan pantai indah. Untuk menyewa perahu ke Pulau Dutunga ini dikenakan kisaran biaya Rp 50.000, jarak tempuh menggunakan kapal motor pun hanya 30 menit. Di pulau ini, wisatawan bisa memancing, melihat hutan pohon jati, dan pohon bakau, tersedia juga penginapan dan tempat makan.

Banyak mitos mengatakan bahwa pulau ini sedikit angker walaupun hanya kata beberapa para masyarakat saja. Namun keindahan pulau ini wajib sekali dikunjungi karena pantainya yang juga unik dan masih terkesan alami.

39. Pulau Bulupoloe

Alamat: Luwu Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Bulupoloe (foto: hellomakassar.com)

Pulau Bulupoloe memiliki keindahan yang masih asli, alami, dan tidak tersentuh oleh tangan manusia sama sekali karena pulau ini tidak berpenghuni. Saking indahnya kekayaan bawah laut di pulau ini, banyak wisatawan dan turis yang melakukan snorkeling dan diving di area pesisir pantai.

Uniknya, karena pulau ini tidak berpenghuni, di dalamnya terdapat sumber mata air tawar walaupun pulau kecil ini dikelilingi lautan air asin. Sayangnya fasilitas pendukung seperti penginapan atau tempat makan memang tidak tersedia di pulau ini, tetapi pemandangannya cukup luar biasa indah dan menarik.

40. Pulau Kodingareng Keke

Alamat: Ujung Tanah, P. Kondingareng, Ujung Tanah
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Kodingareng Keke (foto: panduanwisata.id)

Satu lagi pulau tidak berpenghuni yang menjadi salah satu destinasi wisata para turis dan wisatawan yang terkenal akan wisata baharinya dan alam bawah laut yang belum terekspoitasi sama sekali. Pulau ini hanya sebuah hamparan pasir putih yang sangat halus, disertai beberapa rumput dan pepohonan yang tumbuh.

Banyak kapal motor dan perahu yang menawarkan pengunjung untuk menuju Pulau Kodingareng Keke ini. Bisa ditempuh dari Pantai Losari, pantai yang dekat dengan Fort Rotterdam, atau demaga kayu Bangkoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *