40 Tempat Wisata di Medan Sumut Terbaru Yang Bagus Daerah Kota Marelan Johor Berastagi

Posted on

Tempat wisata di medan sumut terbaru yang bagus daerah kota marelan johor berastagi dalam bahasa inggris sumatera utara siantar belawan binjai dan sekitarnya murah romantis pusat alam daftar objek gambar malam rekreasi terkenal harus wajib dikunjungi keren indah belum terjamah menarik angker ada pemandian pantai malam danau toba info langkat air terjun

Kebudayaan dan kesenian di Indonesia bisa dikatakan unik, karena salah satunya adalah faktor keanekaragaman budaya, tradisi, dan etnik. Salah satu kebudayaan Indonesia yang beragam dapat ditemukan di Pulau Sumatera, contohnya adalah Kota Medan.

Menilik kebudayaan di Kota Medan bisa dikaitkan dengan kesenian, kuliner, bahasa, hingga pariwisatanya yang unik dan menarik. Membicarakan mengenai pariwisata, Kota Medan menyimpan banyak objek wisata dengan variasi yang berbeda dan tentunya tidak membosankan, mulai dari wisata air, wisata alam, rekreasi keluarga, wisata sejarah, wisata edukasi dan lain sebagainya.

Dibawah ini terangkum 40 tempat wisata di Kota Medan dengan kekayaan alam dan budayanya yang tinggi dan sangat patut untuk dikunjungi.

1. Danau Siombak

Alamat: Paya Pasir, Marelan, Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 06.00
HTM:
Rp. 2.000 perorang

Danau Siombak (foto: tribunnews.com)

Danau Siombak adalah tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi terutama bagi yang ingin menikmati pemandangan alam indah, bagus, dan murah meriah. Danau Siombak sebenarnya adalah danau buatan namun menyajikan pemandangan menarik dengan kesunyian yang nyaman.

Selain itu, terdapat pula tempat rekreasi keluarga dan anak-anak untuk dapat bermain di area danau, seperti perahu kecil, sepeda air, bebek-bebekan yang dapat disewa. Danau ini sendiri juga merupakan muara dari dua sungai yang berbeda, yakni Sungai Deli dan Sungai Terjun.

2. Kolam Renang Tirta Marelan

Lokasi: Jl. Marelan VI, Rengas Pulau, Marelan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.30
No telp:
+62 822 7211 3671
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 perorang

Kolam Renang Tirta Marelan (foto: wisatatempat.com)

Kolam Renang Tirta Marelan termasuk salah satu objek wisata air yang cukup terkenal di Kota Medan dan sekitarnya, ada beragam fasilitas kolam yang disesuaikan dengan target usia yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah kolam renang khusus dewasa, remaja, dan juga anak-anak, terutama bagi mereka yang ingin bermain air sepuasnya.

Kolam renang ini juga dibangun bukan untuk tujuan bisnis dan wisata semata, tetapi mampu membantu banyak siswa sekolah dalam mempelajari olahraga berenang. Karena itulah banyak siswa pelajar yang juga mendatangi tempat ini guna melatih pelajaran olahraga tersebut.

3. Taman Cadika Pramuka

Alamat: Jl. Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Johor
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 05.00 – 19.00
Tarif:
Gratis

Taman Cadika Pramuka (foto: dimedan.co)

Satu lagi objek wisata yang murah meriah dan gratis berupa taman kota, Taman Cadika Pramuka cukup populer di kalangan masyarakat Meda, Sumatera Utara karena dilengkapi dengan bumi perkemahan. Info mengenai taman ini sendiri juga memiliki sebuah area pelatihan outbound, flying fox, dan lain sebagainya.

Bumi Perkemahan Cadika juga terletak di daerah yang dekat dengan pusat kota namun memiliki nuansa alam yang keren. Karena terdapat danau buatan dimana letak perkemahan juga di area sekitar danau tersebut.

4. Taman Alam Lumbini

Alamat: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kabanjahe, Kabupaten Karo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
HTM:
Gratis

Taman Alam Lumbini (foto: tekooo.com)

Taman Alam Lumbini atau yang dalam bahasa inggrisnya dinamakan Lumbini Natural Park sebenarnya adalah sebuah pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Shwedagon ini merupakan pagoda tiruan dari pagoda yang asli di Myanmar, tentunya tempat wisata ini memberikan spot terbaik untuk pengambilan gambar atau foto bagi para wisatawan.

Untuk menuju lokasi pagoda, terdapat sebuah jembatan gantung yang dihiasi oleh berbagai macam lentera, hal ini semakin menambah ketertarikan pengunjung. Sedangkan di bawah jembatan itu sendiri terdapat taman dengan jejeran tanaman dan bunga yang indah.

5. Pemandian Air Panas Lau Debuk Debuk

Lokasi: Daulu, Berastagi, Kabupaten Karo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
No telp:
+62 823 4679 7958
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 perorang

Pemandian Air Panas Lau Debuk Debuk (foto: sedangliburan.com)

Pemandian Air Panas Lau Debuk Debuk merupakan arena wisata air pemandian dengan air panas yang bersumber langsung dari mata air perut bumi. Warna air panas yang jernih kebiruan menambah daya tarik tempat ini sendiri bagi para wisatawan, tempat pemandian ini sendiri dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Layaknya pemandian air panas pada umumnya, air disini memiliki kandungan mineral yang kaya akan belerang dan tentunya baik untuk kesehatan. Di dalam kolam air panas ini sendiri menciptakan gelembung yang datang langsung dari perut bumi secara alami.

6. Air Terjun Sikulikap

Alamat: Desa Doulu, Berastagi, Martelu, Sibolangit, Kabupaten Karo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Air Terjun Sikulikap (foto: perempuannovember.com)

Air Terjun Sikulikap merupakan air terjun tercantik di daerah Sumut dan sekitarnya yang menjadi daftar pertama wisata alam air terjun yang harus dikunjungi. Tempat wisata alam ini dapat dikatakan belum terjamah dan karena itulah suasananya masih sangat sejuk, teduh, dan asri.

Pengunjung harus menelusuri hutan yang cukup rimbun dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, selanjutnya ada undakan berbatu yang menurun seperti halnya sebuah tangga yang akan membawa wisatawan ke area air terjun tersebut.

7. Bukit Gundaling Berastagi

Alamat: Jl. Veteran, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Bukit Gundaling Berastagi (foto: triptrus.com)

Berastagi terkenal dekat jaraknya dari Kota Medan itu sendiri dan terdapat Gunung Sibayak yang dapat dilihat keindahannya dari Bukit Gundaling ini. Terdapat jejeran pohon pinus yang membentuk sebuah hutan rimbun dan memberikan kesan asri, alami, dan sejuk di tempat ini.

Terdapat patung manusia yang menggunakan pakaian adat suku Batak Karo di dalam perjalanan menuju Bukit Gundaling. Sesampainya di bukit, pengunjung dapat menyewa saung atau gazebo untuk duduk-duduk dan beristirahat sambil menikmati pemandangan indah di area ini.

8. Kebun Binatang Pematang Siantar

Lokasi: Jl. Gunung Simanuk-Manuk P. Siantar, Teladan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk:
Rp. 15.000 perorang

Kebun Binatang Pematang Siantar (foto: wikimedia.org)

Kebun Binatang Pematang Siantar merupakan sebuah tempat penangkaran satwa yang paling terkenal di Sumatera Utara, bahkan lebih terkenal dari Kebun Binatang Medan itu sendiri. Kebun binatang ini menjadi konservasi tempat hewan langka terutama Harimau Sumatera dan Harimau Putih.

Terdapat fasilitas lainnya yang terdapat di dalam Kebun Binatang Pematang Siantar ini seperti arena taman bermain anak, wahana outbound, flying fox, wisata air, dan lain sebagainya. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Sumatera Selatan, silahkan mengunjungi tempat makan dan cafe yang tersedia disini dengan lengkap.

9. Wisata Pemandian Karang Anyar

Alamat: Martoba, Siantar Utara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Tarif:
Rp. 2.500 perorang, Rp. 3.000 (Parkir motor), Rp. 10.000 (Parkir mobil)

Wisata Pemandian Karang Anyar (foto: fastsiantar.org)

Pemandian Air Panas Karang Anyar cukup terkenal di daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara, jernihnya air panas disini berwarna hijau kebiruan dan sangat alami. Sumber air panasnya sendiri juga berasal dari perut bumi sehingga meengandung kaya akan mineral bermanfaat seperti belerang.

Tersedia tempat makan tradisional yang menyajikan makanan khas Sumatera Utara, akan lebih nikmat bila memakannya di saung pinggir kolam yang telah disediakan. Desa Karang Anyar sendiri yang letaknya dekat dengan tempat wisata ini menjadi lokasi desa wisata juga.

10. Museum Simalungun

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman P. Siantar, Proklamasi.
Koordinat:
 Klik disini
Jam operasional: Senin – Sabtu pukul 10.00 – 16.00, Minggu tutup
HTM:
Rp. 4.000 (Dewasa), Rp. 2.000 (Anak-anak)

Museum Simalungun (foto: pariwisatasumut.net)

Museum Simalungun bisa dibilang sebagai sumber objek wisata sejarah dan budaya, terutama nama Simalungun ini sendiri diambil dari nama suku asli di Sumatera Selatan. Tujuan dibangunnya museum ini memang untuk memperkenalkan kebudayaan suku Simalungun ke wisatawan lainnya.

Ada sekitar 866 koleksi benda arkeologi dan entografi yang dipamerkan, berbagai benda peninggalan sejarah suku Simalungun tersimpan rapi disini. Bahkan beberapa kerajinan khas suku Simalungun juga terpampang dengan jelas dan dapat dipelajari sendiri pembuatannya.

11. Pasar Wisata Belawan

Lokasi: Jl. Ps. Belawan Belawan II, Belawan, Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 18.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Pasar Wisata Belawan (foto: masibas.my.id)

Pasar Belawan termasuk salah satu pilihan alternatif tempat wisata belanja dan kuliner di Medan, karena pasar tradisional ini cukup terkenal dengan harganya yang miring. Bukan berarti kualitas barangnya juga jelek, disini terdapat jajanan kuliner khas Medan dan Sumatera Utara yang menggiurkan dan wajib dicicipi.

Tidak hanya itu, tersedia pilihan souvenir dan oleh-oleh khas Kota Medan dan Sumatera Utara ini dengan harga murah meriah. Wisatawan pun bisa memborong berbagai macam belanjaan mulai daru kebutuhan sehari-hari, kebutuhan pokok, oleh-oleh, dan lain sebagainya.

12. Pantai Olo

Alamat: Bagan Deli, Belawan, Kota Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 10.000 (Motor), Rp. 20.000 (Mobil)

Pantai Olo (foto: tribuntravel.com)

Medan pun memiliki tempat wisata pantai yang romantis, Pantai Olo terletak di dekat Pelabuhan Belawan yang membuatnya menjadi objek wisata bahari yang cukup menarik. Pantai ini cukup landai dan luas, namun posisi air laut sendiri diberikan beton sehingga menciptakan nuansa layaknya kolam air laut yang terpisah.

Pengunjung diperbolehkan berenang karena arus air laut sendiri cukup aman dan tenang, ada juga beberapa bangku dan meja yang disediakan di pinggir pantai untuk digunakan sebagai tempat duduk-duduk dan beristirahat.

13. Pantai Cermin Waterpark and Resort

Alamat: Dusun 1, Desa Pantai Cermin Kanam, Kabupaten Serdang Bedagai.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Nomer telepon: +62 6179 0277
HTM:
Rp. 50.000 perorang

Pantai Cermin Waterpark and Resort (foto: sewavilla.info)

Pantai Cermin Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata air dan wisata keluarga yang juga memiliki tema taman bermain anak-anak. Tak hanya itu, disini juga disediakan penginapan setara resort atau hotel modern bagi wisatawan yang ingin menginap.

Menariknya, pihak waterpark menyediakan makan siang gratis dan minuman soft drink untuk pengunjung dan sudah termasuk harga tiket yang dibayarkan. Bermain di kolam renang Pantai Cermin Waterpark ini, pengunjung dapat mencoba berbagai macam wahana menarik seperti kolam arus, seluncuran, air tumpah, dan lain sebagainya.

14. Hairos Waterpark

Lokasi: Jl. Let. Jend. Jamin Ginting Km. 14.5, Namo Simpur, Pancur Batu
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 10.00 – 18.00
No telp:
+62 61 836 4999
Harga tiket masuk:
Rp. 40.000 (Senin – Jumat), Rp. 60.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Hairos Waterpark (foto: ihsanwisata.blogspot.com)

Hairos Waterpark merupakan wisata air dan taman bermain anak yang tidak kalah menarik dari waterboom lainnya, beberapa wahana unik dan seru tersedia disini untuk para pengunjung. Ada kolam renang menari dimana air disini berarus dan meliuk-liuk dengan berbagai macam semprotan dan aliran air lainnya, ada juga kolam air terjun tumpah buatan.

Bagi anak-anak sendiri, terutama yang masih kecil dapat mencoba Kiddy Pool atau kolam renang khusus anak-anak. Sedangkan bagi orang dewasa dan remaja bisa mencicipi rasanya ombak buatan di kolam ombak dan seluncuran panjang yang juga tersedia disini.

15. Danau Toba

Alamat: Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Danau Toba (foto: id.wikipedia.org)

Danau Toba merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang mengaggumkan dimana di tengahnya terdapat Pulau Samosir yang juga dapat dikunjungi. Berwisata ke danau ini tidak akan terlalu jauh dari Kota Medan, selain itu disini juga terdapat penginapan yang bervariasi, seperti guest house, homestay, atau resort.

Objek wisata tidak hanya tersedia di sekitar Danau Toba, tetapi juga di tengah Pulau Samosir tersebut, bahkan wisatawan dapat berbelanja oleh-oleh khas Sumatera disini seperti kain ulos yang paling terkenal.

16. Istana Maimun

Alamat: Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, A U R, Maimun
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Istana Maimun (foto: jalanjalanyuk.com)

Istana Maimun termasuk salah satu tempat wisata sejarah dimana wisatawan dapat menikmati juga keindahan arsitekturnya yang luar biasa menawan. Tidak heran istana ini dinobatkan menjadi istana terindah di Indonesia, karena arsitekturnya sendiri merupakan perpaduan antara gaya melayu, Islam, Timur Tengah, Spanyol, Italia, dan India.

Warnanya yang kuning keemasan melambangkan warna khas Melayu dan merupakan warna lambang kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara dahulu. Menelusuri bangunan ini akan sangat luas bila berjalan kaki karena terdapat tiga bagian utama gedung dari keseluruhan istana.

17. Tjong A Fie Mansion

Lokasi: 105 Jl. Jend. A. Yani, Kesawan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
No telp:
+62 813 6120 3998
Harga tiket masuk:
Rp. 35.000 perorang

Tjong A Fie Mansion (foto: ketahui.com)

Tjong A Fie sendiri adalah seorang tokoh penting di Medan yang berasal dari Tionghoa, beliau sangat dermawan dimana mansion tempatnya tinggal kini dijadikan tempat wisata bersejarah layaknya museum. Bangunan bergaya Eropa ini terkesan angker namun sebenarnya adalah tempat wisata yang menarik, pelancong juga bisa berfoto dan menikmati keindahan arsitekturnya.

Tidak perlu khawatir akan tersesat di dalam mansion yang sangat luas dan megah layaknya istana ini karena disediakan tour guide berpengalaman yang akan menemani rombongan pengunjung dan menceritakan sejarah kehidupan dari Tjong A Fie itu sendiri.

18. Graha Maria Annai Velangkanni

Alamat: Jl. Sakura III No. 7, Tuntungan, Tanjung Selamat
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Disesuaikan jadwal ibadah umat Kristen
Telpon:
+62 61 820 1943
Tarif:
Gratis

Graha Maria Annai Velangkanni (foto: lihat.co.id)

Tempat wisata bersejarah yang satu ini merupakan sebuaj gereja yang memiliki nuansa layaknya pura atau kuil, Gereja Graha Annai Velangkanni bertemakan Indo-Mogul. Bangunan ini memiliki dua lantai dasar sebagai aula, dua lantai diatasnya sebagai tempat ibadah, dan tujuh lantai diatasnya lagi layaknya sebuah menara bertingkat.

Di dalam gereja ini sendiri sangat kuat kebudayaan India Tamil, hal itu juga dapat terlihat dari corak bangunan dan arsitekturnya. Maka dari itu, gaya banguna gereja ini sendiri menyerupai sebuah pura bertingkat atau kuil, di luar dan dalam gereja terhias dengan ornamen dan lukisan.

19. Vihara Gunung Timur

Alamat: Jl. Hang Tuah, Hamdan, Madras Hulu, Polonia
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Sesuai jadwal ibadah
HTM:
Gratis

Vihara Gunung Timur (foto: buddha.id)

Vihara Gunung Timur atau yang juga dinamakan Klenteng Heng Hua Bio terkenal sebagai salah satu tempat ibadah umat Hindu terbesar di Kota Medan. Klenteng ini dibangun menghadap Sungai Babura, tempatnya juga dekat dengan sebuah kuil khas India Tamil yang bernama Kuil Shri Mariamman.

Di atas atap klenteng terdapat patung dua naga yang berdiri kokoh seakan menjaga bangunan ini, dibelakangnya ada lagi patung ikan berkepala naga. Di tengahnya terdapat mustika matahari yang dijaga oleh keempat patung ini, bangunan klenteng ini sendiri memiliki dua tingkat.

20. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Lokasi: Jl. Letjend S. Parman No. 309, Petisah Hulu
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
No telp:
+62 61 456 9964
Harga tiket masuk:
Rp. 25.000 perorang (Tambahan Rp. 10.000 untuk night safari dan Rp. 20.000 untuk berfoto-foto)

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery (foto: wikimedia.org)

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery menyimpan banyak hewan dan binatang langka, liar, dan buas yang diawetkan dari seluruh penjuru dunia. Sekitar 2.000 spesies satwa yang diawetkan ini dimasukan ke dalam kotak pendingin, pengunjung dapat melihatnya langsung.

Wisatawan dapat melihat koleksi awetan hewan dalam klasifikasi yang berbeda, seperti unggas yang ditata dalam bentuk yang sangat artistik. Ada juga pengawetan hewan-hewan dari Afrika yang tidak ada di Indonesia.

21. Taman Ahmad Yani

Alamat: Jl. Imam Bonjol, Maimun, Jati
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Taman Ahmad Yani (foto: lapakmedan.com)

Taman Ahmad Yani merupakan salah satu tempat tata ruang hijau terbuka dimana taman ini dapat dikunjungi oleh warga sekitar dan wisatawan dengan gratis. Taman Ahmad Yani juga disediakan untuk pengunjung yang ingin berwisata keluarga dan wisata rekreasi gratis di Kota Medan, di taman ini pun terdapat banyak pepohonan besar yang ternyata sudah tua.

Di taman ini pun terdapat taman bermain anak-anak yang juga merangkap beberapa alat olahraga yang dapat digunakan untuk umum. Walaupun alat olahraga tersebut tidak selengkap alat di gym namun terbukti bahwa fasilitas disini sangat lengkap.

22. Wonders Water World

Alamat: Jl. Golf Komplek CBD Polonia Blok EE No. 1, Suka Damai, Polonia
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 10.00 – 18.30
Nomer telepon:
+62 61 8050 6099
HTM:
Rp. 120.000 perorang

Wonders Water World (fotoL twitter.com)

Wonders Water World memiliki wahana taman air dan waterbook berskala internasional yang sangat lengkap, tidak heran mengapa harga tiket masuknya termasuk mahal. Berbagai wahana permainan tersedia lengkap disini seperti permainan berseluncur dari ketinggian yang terdapat lima jenis seluncuran yang berbeda.

Untuk jenis kolam renangnya pun bermacam-macam, terdapat kolam arus, kolam dengan ombak buatan, kolam dengan air tumpah, dan lain sebagainya. Fasilitas lain seperti tempat makan, meja dan kursi untuk tempat berteduh dan beristirahat juga disediakan lengkap.

23. Taman Sri Deli

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Sri Deli (foto: onenews.id)

Taman Sri deli merupakan salah satu wisata taman kota dan juga wisata tempat bersejarah karena objek yang satu ini menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Deli di Medan. Untuk menambah pemandangan yang asri, selain adanya pepohonan yang teduh dan tanaman yang rimbun, terdapat juga kolam ikan di tengah taman ini.

Wisatawan pun dapat mengambil gambar atau foto dengan latar taman bersejarah ini, bagi yang ingin berwisata kuliner, di area luar terdapat tempat-tempat makan yang khas dengan jajanan Kota Medan.

24. Tirtanadi Water Tower

Alamat: Jl. Sisingamangaraja XII No. 12, Ps. Baru
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Sabtu pukul 10.00 – 18.00
Tarif:
Gratis

Tirtanadi Water Tower (foto: cushtravel.com)

Dibangun di tahun 1896, Tirtanadi Water Tower dijuluki sebagai ‘Menara Eiffle’nya Kota Medan, berdiri di tengah kota membuat menara ini cukup terkenal dan familiar bagi masyarakat sekitar. Tempat ini pun menjadi ikon Kota Medan yang unik, tak hanya itu, tempat ini juga menyimpan sejarah perkembangan Medan sejak dibangun pada jaman penjajahan Belanda.

Menara yang memiliki ketinggian sekitar 42 meter ini memiliki arsitektur bentuk bangunan yang unik, terutama pada malam hari. Akan ada lampu-lampu berwarna warni di waktu malam yang semakin mempercantik menara ikon Kota Medan ini.

25. Museum Perjuangan TNI

Alamat: Jl. Kh. Zainul Arifin, Polonia, Petisah Tengah
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
HTM:
Gratis

Museum Perjuangan TNI (foto: wikimedia.org)

Satu lagi tempat bersejarah di Kota Medan, yakni Museum Perjuangan TNI yang menyimpan banyak benda peninggalan sejarah dalam perjuangan TNI jama dulu. Dokumentasi kisah heroik beberapa pejuang tanah air perlu diapresiasikan dengan mengunjungi Museum Perjuangan TNI, tidak hanya ilmu sejarah saja yang akan didapatkan, tetapi juga pengetahuan.

Salah satu koleksi yang dipajang adalah 555 jenis senjata yang dahulu digunakan oleh TNI, senjata lainnya kebanyakan adalah senjata rampasan tangan penjajah. Mulai dari koleksi laras meriam, basoka, peluru, tembakan, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

26. Galeri Tjong Yong Hian

Lokasi: Jl. Kejaksaan, Petisah Tengah, Medan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Galeri Tjong Yong Hian (foto: analisadaily.com)

Galeri Tjong Yong Hian sebenarnya adalah taman bunga yang merupakan makam dari salah satu tokoh Tionghoa yang paling berpengaruh di Medan ini. Uniknya, selain galeri yang menampilkan berbagai benda peninggalan sejarah Tjong Yong Hian, ada juga taman bunga yang indah dan ditata sedemikian rupa, taman ini bahkan boleh dikunjungi oleh para pelancong.

Tjong Yong Hian sendiri merupakan kakak kandung dari Tjong A Fie dimana mansionnya kini menjadi museum dan pusat wisata sejarah juga. Tak jauh berbeda dengan sang adik, mansion Tjong Yong Hian kini menjadi galeri peninggalan sejarah di Kota Medan.

27. Taman Nasional Gunung Leuser

Alamat: Jl. Selamat, No. 137, Siti Rejo III Amplas
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Telpon:
+62 61 787 2919
Tarif:
Gratis

Taman Nasional Gunung Leuser (foto: ilmuhutan.com)

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan cagar alam yang paling luas di Pulau Sumatera, hal ini meliputi wilayah Sumatera Utara yang berdekatan dengan Medan hingga Nangroe Aceh Darussalam. Status taman nasional ini sendiri dijadikan sebagai cagar biosfer dan warisan peninggalan dunia yang harus dilindungi oleh UNESCO sendiri.

Tak hanya bisa dijadikan alternatif wisata alam saja, tempat ini juga menjadi laboratorium alam dimana keanekaragaman flora dan fauna diteliti disini. Selain itu, taman nasional ini juga menjadi habitat perlindungan Gajah Sumatera yang hampir terancam punah.

28. Arung Jeram Sungai Bingei

Alamat: Jl. Setia Budi, Tj. Sari, Selayang
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 812 640 6331
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Arung Jeram Sungai Bingei (foto: tigerbear.wordpress.com)

Masih di Taman Nasional Gunung Leuser, Sungai Bingai dengan arus kuat namun tidak terlalu membahayakan ini menjadi tempat wisata air menarik yakni rafting. Di Sungai Bingai sendiri menyediakan paket arung jeram atau rafting yang beragam, mulai dari jarak 8 hingga 10 kilometer mengarungi keindahan alam Sumatera Utara disepanjang Sungai Bingai.

Yang lebih uniknya lagi, wisatawan dapat menikmati makan siang di pinggiran sungai dengan pemandangan menarik. Pengunjung juga nantinya akan diajak berkunjung ke pemandian air panas yang berada di sekitar area sungai.

29. Taman Mora Indah

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Bangun Mulia, Amplas
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
No telp:
+62 813 7700 2763
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 – Rp. 20.000 perorang

Taman Mora Indah (foto: panduanwisata.id)

Taman Mora Indah merupakan salah satu sarana rekreasi air berupa waterpark atau waterboom yang ada di Kota Medan. Selain wahana air, terdapat juga taman bermain anak dan keluarga yang lengkap, terdapat fasilitas taman bermain seperti outbound, flying fox, seluncuram setinggi 20 meter di kolam renang orang dewasa, dan lain sebagainya.

Bagi pengunjung anak-anak, tersedia banyak arena kolam bermain yang memiliki tinggi sekitar satu meteran saja, sehingga aman digunakan. Fasilitas lainnya juga sangat lengkap berupa tempat makan, beberapa meja dan kursi yang dipayungi untuk para pengunjung beristirahat.

30. Kolam Renang Seksama Indah (Krensi)

Alamat: Jl. Seksama No. 125, Sitirejo III, Amplas
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
Telpon:
+62 61 787 2860
Tarif:
Rp. 10.000 perorang

Kolam Renang Seksama Indah (Krensi) (foto: dimedan.co)

Satu lagi fasilitas bermain air di kolam renang yang ada di Kota Medan, Kolam Renang Seksama Indah atau yang sering disingkat sebagai Kreksi. Banyak dari pengunjung kolam renang ini yang merupakan anak-anak sekolah dan sedang dalam pelatihan olahraga renang.

Tak hanya kolam renang untuk olahraga saja yang disediakan, terdapat pula arena wahana air seperti seluncuran yang cukup menarik. Bahkan kolam renang untuk balita disediakan khusus dengan pengamanan yang terjamin.

31. Gedung BKS PPS

Alamat: Jl. Pemuda No. 10 A, A U R, Maimun
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM:
Gratis

Gedung BKS PPS (foto: asiaexplorers.com)

Gedung BKS PPS yang merupakan gedung peninggalan sejarah ini menjadi tempat wisata sejarah dengan arsitektur Belanda yang khas. Sebelumnya gedung ini bernama Gedung AVROS, namun diubah menjadi Gedung BKS PPS yang berarti Badan Kerja Sama Perusahaan Perkebunan Sumatera.

Gedung ini memiliki total empat lantai yang dapat dijelajahi dan pilar-pilar bergaya jaman rasionalisme art deco pada abad ke 20. Jendela kaca yang besar beserta lingkaran kubahnya menyajikan pemandangan bangunan ala jaman penjajahan Belanda tempo dulu dan masih ada hingga sekarang ini.

32. Taman Benteng Lions Club

Lokasi: Jl. Pengadilan, Petisah Tengah, Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Benteng Lions Club (foto: jadagram.com)

Layaknya sebuah taman kota pada umumnya, Taman Benteng Lions Club dinobatkan sebagai taman terluas di Indonesia dengan kerjasama antara Kodam I/BB, Pemko Medan dan Lions Club Distrik 307A2 Indonesia. Taman ini pun tidak hanya menjadi kawasan yang sering dikunjungi warga sekitar, namun juga wisatawan.

Taman Benteng Lions Club dipenuhi dengan tanaman yang rimbun dan juga pepohonan yang membuat suasana sekitar semakin sejuk. Beberapa bunga yang menjadi hiasan taman pun mempercantik area beserta jalur untuk berolahraga lari atau jogging.

33. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Alamat: Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Selayang
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Tarif:
Rp. 6.000 perorang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang (foto: astalavistainfo.blogspot.com)

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang sangat populer di Kota Medan dan selalu diminati oleh pengunjung dari berbagai macam area. Di tempat ini terdapat 3.000 lebih buaya di dalam penangkaran dari mulai telur, bayi buaya, hingga yang sudah dewasa.

Kebanyakan jenis buaya yang dikoleksi disini adalah tipe buaya muara yang cukup jinak, selain itu ada juga beberapa hewan lainnya yang dipajang di kebun binatang mini di dalam penangkaran ini. Kebanyakan hewan yang juga terdapat dalam penangkaran adalah reptil seperti ular python, cobra, namun juga ada penyu, kura-kura, dan monyet.

34. Taman Penangkaran Rusa Kampus USU

Alamat: Padang Bulan, Kota Medan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 19.00
Nomer telepon:
+62 813 2830 5899
HTM:
Gratis

Taman Penangkaran Rusa Kampus USU (foto: tkj-medan.blogspot.com)

Walaupun tidak terlalu luas, Taman Penangkaran Rusa yang berada di Kampus USU (Universitas Sumatera Utara) ini dapat menjadi tempat destinasi wisata pengetahuan. Tempat rekreasi dan edukasi ini memang disediakan oleh pihak kampus karena memang rusa-rusa ini digunakan sebagai percobaan kampus di fakultas tertentu.

Wisatawan dapat dengan sesuka hati memberi makan rusa, berfoto dengannya, hingga berkontakan langsung dengan hewan ini juga bisa.

35. Museum Perkebunan Indonesia

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Sukaraja, Maimun
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Selasa – Minggu pukul 08.30 – 15.30
Harga tiket masuk:
Rp. 8.000 perorang

Museum Perkebunan Indonesia (foto: detak.co)

Museum Perkebunan Indonesia menjadi museum pertama yang bertemakan perkebunan, museum ini juga menyimpan informasi sejarah perkebunan di Indonesia sejak jaman dahulu. Ada juga rincian informasi komoditas apa yang dihasilkan dari perkebunan di Indonesia ini, kebanyakan adalah kelapa sawit, kopi, teh, karet, kakao, tebu, tembakau, dan lain sebagainya.

Wisata di Museum Perkebunan Indonesia menjadi objek wisata edukasi yang menarik, karena koleksi yang dipajang pun juga menjadi daya tarik yang cukup untik bagi para pengunjung.

36. Air Terjun Sibolangit

Alamat: Jl. Sun Yat Sen No. 130, Sei Rengas I
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 25.000 perorang

Air Terjun Sibolangit (foto: tongkrongin.com)

Air Terjun Sibolangit terkenal dengan julukan air terjun dua warna yang merupakan air terjun asli dari aliran mata air Gunung Sibayak. Berhubung terdapat sumber mata air panas alami dari Gunung Sibayak ini, air terjun memiliki dua gradasi warna yang sangat cantik, yakni warna biru di bagian paling atas dan warna akan berubah abu-abu bening pada bagian paling bawah air terjun.

Menjelajahi wilayah wisata Air Terjun Sibolangit masih ada dua air terjun lainnya, karena air terjun ini memiliki tiga aliran. Bagi wisatawan yang ingin menjelajah hutan di sekitar air terjun juga diperbolehkan, untuk penyewaan tour guide juga disediakan disini.

37. Danau Linting

Alamat: Rumah Rih, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang.
Koordinat:
 Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Danau Linting (foto: medan.panduanwisata.id)

Wilayah Sumatera Utara seperti Binjai dan Langkat masih menyimpan wisata alam yang menarik, begitu pula dengan Danau Linting di Deli Serdang. Keunikan dari danau ini sendiri adalah warna airnya yang terkadang dapat berubah menjadi hijau kebiruan maupun biru muda.

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan danau dapat menyewa tikar yang dipasang langsung di bawah pohon. Fasilitas lain seperti penjual makanan pun tersedia dengan harga yang lumayan terjangkau, berbagai jajanan khas Sumatera Utara terdapat di beberapa pinggiran area danau.

38. Gunung Sibayak

Lokasi: Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 2.000 perorang

Gunung Sibayak (foto: penang-traveltips.com)

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang mengeluarkan aktifitas vulkanik namun tidak membahayakan bagi masyarakat dan makhluk hidup di sekitarnya. Gunung ini sendiri banyak digunakan oleh pelancong untuk kegiatan mendaki atau sekedar berkunjung ke air terjun yang memiliki sumber air panas sekaligus.

Kondisi medan pendakian dari Gunung Sibayak ini bisa dikatakan tidak beraturan dan sedikit berbatu, beberapa wisatawan banyak juga yang mengadakan piknik atau camping di area sekitar gunung.

39. Kampung Keling

Alamat: Madras Hulu, Polonia, Medan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Kampung Keling (foto: otonomi.co.id)

Kampung Keling atau Kampung Madras di Kota Medan sering disebut sebagai The Little India karena banyaknya kebudayaan India, terutama India Tamil masuk ke perkampungan ini. Tak hanya itu, beberapa orang India asli pun terlihat menempati wilayah ini sehingga kampung ini sendiri menjadi salah satu destinasi wisata buday yang menarik di Sumatera Utara.

Wisatawan akan disuguhkan bangunan-bangunan tua bersejarah yang memiliki nuansa India Tamil cukup kental, tak hanya itu, bahkan kuliner khas India dapat ditemukan disini.

40. Eco Wisata Tangkahan

Alamat: Tangkahan, Labuhan
Koordinat:
 Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Eco Wisata Tangkahan (foto: flickr.com)

Tangkahan adalah salah satu wilayah di Kota Medan yang sangat asri dan menjadi lokasi tempat wisata alam paling menarik. Daerah ini sendiri masih masuk ke Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser sehingga keindahan alamnya masih terjaga.

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis satwa langka seperti Gajah Sumatera disini yang dilindungi, sedangkan untuk floranya masih sangat lebat terdiri dari hutan, ada juga area air terjun, sumber mata air panas, lembah, dan lain sebagainya.

2 thoughts on “40 Tempat Wisata di Medan Sumut Terbaru Yang Bagus Daerah Kota Marelan Johor Berastagi

  1. Tempat wisata di medan yang belum semua saya kunjungi,suatu saat saya akan berkeliling di wisata daerah medan.
    Backlink nya ya min.
    bloggeraktual.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *