10 Foto Tlogo Plantation Salatiga, Lokasi Alamat Wisata + Harga Tarif Hotel Villa Spa

Posted on

Alamat: Jalan Raya Tuntang-Beringin Km 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah, Kode Pos: 50773
Peta/Maps Online: Klik DiSini
Harga Kamar: Mulai dari Rp300.000
Jam Buka-Tutup Operasional: 24 jam

foto by teluklove.com

Kali ini, kawan, kita akan membicarakan tentang salah satu penginapan, hotel, villa, spa ataupun resort menarik yang berada di sekitar destinasi wisata. Tentu keberadaan penginapan ini sangat vital bukan ketika kita berlibur?

Terlebih lagi bila rekan-rekan datang dari luar wilayah dan berminat untuk berlibur beberapa hari di lokasi wisata. Yuk, simak sedikit ulasan mengenai spot kita kali ini.

Lokasi

Destinasi yang akan kita bahas adalah sebuah resort di kawasan Salatiga. Tepatnya adalah di Jalan Raya Tuntang-Beringin Km 2, Ngelerak, Delik, Salatiga, Jateng. Bila rekan-rekan sedang berada di kawasan Salatiga, Ungaran, atau Semarang, silakan menuju tempat ini.

Rute Akses Perjalanan

foto by instagram.com/oppa_mustopa/

Rekan-rekan bisa menuju ke resort dengan beragam cara, salah satunya tentu dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tlogo Plantation berada di tepi jalur utama Jalan Solo-Semarang sehingga tentu tidak begitu sulit mencari lokasi ini.

Bila rekan-rekan berkendara dari arah Solo, sebelum terdapat Jembatan, maka beloklah ke kanan menuju ke Stasiun Tuntang. Jalanan ini hanya muat untuk kira-kira dua mobil saja. Kemudian, kalian akan sampai di lapangan pendopo Tlogo Plantation Resort.

Daya Tarik Wisata

foto by instagram.com/hidayanti_efendi567/

Tlogo Plantation dibuat dengan arsitektur bangunan khas Belanda. Kalian akan disambut dengan gaya khas klasik masa kolonial beberapa ratus tahun yang lalu. Bangunannya masih berdiri dengan kokoh dan menawan siapapun yang melihat.

Sebagai suatu resort yang berada di kawasan pegunungan, tentu Tlogo Plantation dikelilingi oleh udara yang sangat sejuk dan asri. Apalagi letaknya dekat dengan Kopeng dan Ambarawa. Penginapan high class ini pun terbagi dalam beberapa bangunan.

BacaJuga:  Ketupat Jembut, Tradisi Unik Saat Lebaran di Semarang

Bangunan pendopo misalnya, biasanya digunakan serta disewakan untuk beragam kegiatan seperti dinner party, ataupun juga untuk wedding. Seperti khas pendopo pada umumnya, di dalam ruangan terdapat beberapa meja serta kursi kayu, juga lampu gantung.

foto by instagram.com/dellswa/

Uniknya lagi, di bawah tanah dari pendopo ini ternyata adalah sebuah makam loh. Ketika menginap di Tlogo Plantation, di tempat ini terdapat suatu perkebunan yang dibangun di tanah dengan luas 414 ha.

Awalnya, penggagas serta pembangun perkebunan ini adalah NV Cultuur Marschappy, suatu perusahaan Belanda. Pada tahun awal dibangun, yaitu 1838, perkebunan ini lebih banyak menanam cokelat.

Mandor yang mengurusi perkebunan ini tinggal bersama dengan keluarga di pendopo. Namun, pada tahun 1872, Gunung Merapi meletus dan menyebabkan beberapa sisi bangunan Pendopo Tlogo Plantation rusak.

foto by instagram.com/ziziafauzi/

Akibatnya, Van Baasgeul kembali membangun Pendopo dari Tlogo Plantation pada tahun 1901. Hingga akhirnya pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan pada tahun 1954. Saat ini, pemerintah Jawa Tengahlah yang bertugas untuk mengelola perkebunan tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah membangun penginapan serta resort untuk mendukung wisata bagi perkebunan coklat mereka. Pemerintah juga menambahkan komoditas lain untuk ditanam seperti cengkeh, kopi, karet, kayu manis serta pala.

foto by instagram.com/bernikedian/

Ditanam juga pohon randhu yang tiap tahunnya bisa menghasilkan sekitar 25 hingga 30 ton kapuk. Wah, banyak sekali ya kawan hasil dari perkebunan ini. Lalu apakah kita bisa berkeliling di tempat ini?

Tentu bisa. Tlogo Plantation juga menyediakan fasilitas tour wisata dengan dipandu oleh seorang staff atau karyawan resort. Melalui tour ini, rekan-rekan akan mendapatkan beragam wawasan pengetahuan tentang perkebunan karet serta kopi.

Kalian akan diajak untuk menilik bagaimana proses penyadapan getah karet, proses untuk membudidayakan pohon, serta hal-hal lain yang perlu diketahui untuk bisa menyadap pohon karet. Hal ini tidak sembarangan kawan.

BacaJuga:  22 - 30 Tempat Hits di Solo - Obyek Wisata Kota Surakarta Jawa Tengah
foto by instagram.com/hidayanti_efendi567/

Biasanya pohon karet mulai bisa dipanen ketika sudah berusia sekitar 6 tahun. Setelah usia pohon cukup tua, karet harus ditebang. Pohon karet yang sudah tidak produktif biasanya disadap dalam satu lingkaran penuh batang karet.

Di tempat ini, kalian juga akan dikenalkan tentang proses untuk melakukan produksi karet. Mulai dari penyadapan getah dari pohonnya, hingga sampai pada pembuatan lembaran lateks karet yang siap untuk diproduksi.

foto by instagram.com/dan_ram12/

Produksi karet ini juga bukan hanya digunakan secara lokal saja, karet dari perkebunan Tlogo Plantation bahkan bisa diekspor hingga ke luar negeri. Mereka memberikan pengolahan khusus terhadap lateksnya sehingga tidak berbau dan memiliki kualitas prima.

Fasilitas

Secara keseluruhan, Tlogo Plantation Resort memiliki total 15 kamar superior dengan 22 cottage. Tarif masing-masing kamar tidak begitu mahal. Diantara masing-masing cottage terhubung dengan jalan setapak yang dibangun dari batu merah berundak.

foto by tripadvisor.co.za

Hampir seluruh jalan yang ada di Tlogo Plantation dibangun dengan menggunakan batu sungai ataupun dengan paving block. Ditambah dengan gradasi dari desain tata letak ruangan serta juga arsitektur bangunan, akan menambah kesan klasik.

Masing-masing cottage dilengkapi dengan taman sehingga menambah kesan asri dan nyaman. Di depan cottage juga tersedia teras dengan kursi bambu yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan yang ada di pegunungan serta perkebunan.

Selain itu, rekan-rekan yang datang dengan membawa keluarga juga bisa menikmati beragam kegiatan menarik selain bersantai dan menginap. Di tempat ini disediakan flying fox untuk melatih adrenalin kita.

foto by myimage.id

Sobat juga bisa mencoba untuk bersantai di sekitar kolam, mengambil beberapa foto ataupun gambar untuk disimpan sebagai kenang-kenangan. Bisa juga menyewa jeep untuk naik, atau juga melakukan trekking ke Gunung Gong/ Gua Rong.

BacaJuga:  Acara Malam Tahun Baru di Dieng Wonosobo, Suasana Tempat Perayaan Event Festival + Paket Liburan 2018

Kalian juga bisa mencari menggunakan keyword seperti jadwal bioskop the park, travel banaran, view taman kota, rental mobil, nama kuda poni, atlantic dreamland, bunga satiga, coffee java, yogyakarta, agro serta juga logo.

Bagaimana kawan? Banyak sekali bukan kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menikmati liburan di Tlogo Plantation ini? Tunggu apa lagi? Segera jadwalkan liburan kalian ke tempat ini dan rasakan kenyamanan nuansa pegunungan.

Selamat berlibur!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.