Melipir Ke Umbul Nilo Sepulang Kerja, Bisa Jadi Stress Healing Paling Manjur

Diposting pada

 

Foto by instagram.com/kherry18/

Alamat: Daleman, Tulung, Klaten, Jawa Tengah 57482
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:
WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 6.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Foto by instagram.com/ivan_vertical/

Sepertinya status Klaten yang disebut-sebut sebagai Kota seribu umbul memang benar adanya. Sebab jika berkunjung ke Klaten kamu bakal disuguhkan oleh puluhan umbul yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Umbul atau mata air yang ada di Klaten sangat terkenal sekali dengan kejernihan dan kesegarannya. Bahkan beberapa diantaranya bisa dinikmati kapan saja alias bebas jam waktu kunjungannya salah satunya yaitu Umbul Nilo.

Para pengunjung bebas memasuki objek wisata Umbul Nilo karena tempat ini selalu buka 24 jam. Pergi ke Umbul Nilo untuk berendam selepas pulang kantor sepertinya bisa jadi pilihan menarik.

Tidak perlu mengkhawatirkan soal tiket masuknya, sebab kamu bisa menikmati kesegaran air di Umbul Nilo ini hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar 6ribu saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus membayar tiket parkir yang biayanya 3ribu untuk mobil dan 5 ribu mobil.

Dengan tarif yang murah dan terjangkau tersebut, tentu bukanlah sebuah alasan untuk kamu tidak menjadikan Umbul Nilo sebagai tempat untuk melunturkan semua stress dan penatmu, bukan?

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/umbulnilo/

Umbul Nilo memiliki lokasi yang berdekatan dengan Umbul Ponggok. Oleh sebab itu, untuk bisa menjangkau objek wisata ini tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk bisa tiba di objek wisata ini.

Jarak lokasi Umbul Nilo dari Umbul Ponggok cukuplah dekat yaitu sekitar 4 kilometer saja yang mana bisa ditempuh dengan perjalanan selama 11 menitan saja. Bagaimana caranya? Pertama, dari arah Umbul Ponggok arahkanlah kendaraanmu menuju Jl. Delanggu-Polanharjo.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Klaten Harga Murah 2019

Kemudian tetaplah berasa di Jl. Delanggu-Polanharjo namun belok ke kanan sekitar 1,7 kilometer lalu kemudian beloklah ke kiri menuju Jl. Cokro-Tulung. Dari Jl. Cokro-Tulung belok ke arah kanan menuju Jl. Tegalgondo-Janti.

Dari persimpangan Janti beloklah sedikit ke arah kiri sekitar 650 meter, kemudian ambil kiri lagi sejauh 300 meter, setelah itu beloklah ke kiri sekitar 400 meter dan tibalah kamu di kawasan objek wisata Umbul Nilo. Lokasi daripada Umbul Nilo ini berada di kiri jalan, plangnya terlihat cukup jelas.

Fasilitas

Foto by instagram.com/aguzprasetiya/

Bicara soal fasilitas yang dimiliki oleh Umbul Nilo, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, objek wisata ini sudah didukung dengan beberapa fasilitas penunjang yang nantinya bisa membuat para pewisata lebih krasan saat berkunjung ke Umbul Nilo.

Fasilitas yang dimiliki oleh Umbul Nilo tidak berbeda jauh dengan umbu-umbul pada umumnya. Dimana objek wisata ini dilengkapi oleh area parkir yang lumayan luas. Bukan hanya bisa menampung kendaraan roda dua dan empat saja, tetapi Bus Pariwisiata juga.

Salah satu alasan mengapa area parkir Umbul Nilo ini dibuat lebih luas karena, pengunjung di setiap akhir pekan selalu membludak. Sehingga supaya bisa meminimalisir masalah kehabisan tempat parkir, areanya dibikin lebih luas.

Foto by instagram.com/robbyalmukholis/Tak hanya luas, namun area parkir Umbul Nilo juga dijaga oleh beberapa petugas. Sehingga barang-barang yang ditinggalkan dikendaraanmu pun akan tetap aman.

Selain area parkir, fasilitas yang tak kalah membuat para pengunjung merasa nyaman ialah dengan adanya ruangan untuk bilas, mandi dan ganti baju. Ruangannya cukup layak dan jumlahnya juga memadai.

Selain itu, disini juga terdapat warung makanan yang menjajakan aneka kuliner lezat. Biasanya kalau habis berenang pasti laper kan tuh, nah kamu bisa manfaatkan fasilitas warung makan ini untuk menyantap aneka kudapan makanan dan minuman.

Fasilitas berikutnya yang nggak boleh ketinggalan ialah adanya sebuah mushola untuk tempat beribadah para pewisata muslim. Mushola yang disuguhkan pun cukup layak, nyaman dan bersih. Untuk detail fasilitas lainnya bisa kamu temukan langsung saat berkunjung ke Umbul Nilo.

BacaJuga:  Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten

Spot Foto Instagramable

Foto by instagram.com/danarsibolang/

Sebagai pecinta umbul, pasti kamu sering sekali mendengar Umbul Ponggok sebagai salah satu objek wisata primadona di Klaten. Kepopulerannya itu berasal bukan hanya dari suasana sejuk dan kebersihan umbulnya saja, namun disana ada spot foto underwater yang cukup instaworthy.

Menariknya di Umbul Nilo pun kamu bisa menemukan area spot foto yang instagramable disana. Semua bagaimana pinter-pinternya kamu saja dalam mengatur angel foto.

Salah satu spot paling favorit dan kece untuk berswafoto adalah sisi pinggir kolam yang menghadap ke area persawahan.

Mengapa tempat ini cukup favorit untuk berfoto? Sebab selain terlihat lebih alami, atmosfer disini juga lebih sejuk dan teduh. Sehingga kamu bisa lebih menikmati sensasi kalamiannya.

Foto by instagram.com/greenjomblo/

Selain itu, di sisi lain juga ada spot yang nggak kalah keren, yaitu jejeran batu-batu besar dan kecil berserakan kolam dimana viewnya langsung menghadap ke hamparan persawahan juga. Foto underwaternya juga nggak kalah keren, lho. Sepertinya kamu harus menjajalnya satu persatu deh.

Pesona Umbul Nilo

Foto by instagram.com/moto.graphi/

Selain Jogja, Solo dan Magelang, Klaten pun tak luput dari perhatian para wisatawan lokal maupun luar kota. Pesona wisata alam yang ditawarkan Kabupaten Klaten memang seakan tidak ada duanya. Keindahan alam yang ditawarkan mampu membuat hati adem dan mata terpukau.

Bukan sebuah rahasia lagi kalau Klaten terkenal sekali dengan umbulnya, salah satu yang cukup terkenal adalah Umbul Nilo. Objek wisata ini memang banyak digandrungi oleh anak-anak muda yang gemar berenang dengan atmosfer lebih alami.

Foto by instagram.com/uderagil/

Umbul Nilo merupakan salah satu dari sederetan umbul di Klaten yang menyuguhkan pesona keindahan. Lokasi Umbul Nilo ini berada di pedesaan, sehingga suasanan cukup sunyi karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

BacaJuga:  Penuh Spot Foto Warna – Warni, 8 Potret Keindahan Bukit Cinta Bayat Klaten

Objek wisata ini tentu cocok sekali untuk kamu yang sedang dilanda penat dan stress, lalu mebutuhkan tempat untuk refreshing. Konon, setelah berenang di Umbul Nilo ini tubuh dan pikiranmu akan lebih fresh.

Kualitas air yang dimiliki oleh Umbul Nilo juga bersih dan jernih. Saking jernihnya, kamu pun sampai bisa melihat dengan jelas bagian lantai umbul yang dibiarkan masih alami berpasir dan berbatu.

Salah satu daya tarik dari Umbul Nilo adalah objek wisata ini buka 24 jam, sehingga kamu bebas menghabiskan waktu untuk bermain air disini sesuka hati. Bahkan, banyak pengunjung yang menikmati waktu senja mereka dengan berendam di Umbul Nilo ini.

Sunset time di Umbul Nilo ini memang cantik sekali, dimana siapa saja yang melihatnya akan merasa ingin menghentikan waktu hanya untuk sekejap momen. Pesona inilah yang menjadi salah satu keistimewan dari Umbul Nilo.

Foto by instagram.com/restusatrio11/

Setiap momen yang terlewat di Umbul Nilo ini mungkin akan membawamu kembali mengingat masa kecilmu ketika dulu masih sering mandi atau bermain air di sungai. Pohon besar yang rindang dan ikan-ikan di dasar kolam seakan menjadi pelengkap kesempurnaan Umbul Nilo.

Itulah beberapa potret keindahan yang bisa kamu lihat dari Umbul Nilo. Jika kamu ingin bernostalgia bermain air di sungai ketika masih kecil dahulu, cobalah untuk plesiran ke Umbul Nilo. Nikmatilah setiap detik momenmu dan jangan lupa untuk mengabadikannya melalui kamera smartphonemu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.